05 September 2010

Biskuit Khong Guan

Bukan lagi ngiklan. Tapi lagi cerita lebaran jaman dulu di kampungku. Kampung yang berada di lembah sempit dikepung hutan karet dari segala penjuru. Akibat sempitnya areal pertanian bidang pekerjaan lain selain jadi penyadap karet, sebagian besar tenaga produktif merantau ke kota. Karena hampir semuanya merantau ke Jakarta, sampai-sampai semua orang yang pergi dari kampung akan disebut Jakartaan. Setiap ada mobil berplat luar kota, atau melihat tumpukan koper atau kardus di pinggir jalan, orang akan selalu berkata, "wah ada Jakartaan pulang..."

Selain koper dan kardus, salah satu ciri khas Jakartaan adalah Khong Guan. Sejak aku kecil dulu, setiap perantau yang pulang kampung, hampir pasti selalu membawa oleh-oleh biskuit Khong Guan. Karena para perantau jarang pulang selain waktu lebaran, biskuit kaleng itupun hanya ada di saat lebaran. Akibatnya, beberapa tahun kemudian, biskuit itu dianggap sebagai salah satu khas lebaran. Tak cuma perantau yang membelinya, tapi hampir semua orang. Bahkan orang yang kerja di kampung atau PNS akan mendapat Khong Guan juga saat pembagian THR. Asumsi masyarakat pun berubah, dari biskuit Jakartaan menjadi biskuit lebaran.

Bertahun-tahun tradisi itu masih bertahan. Namun dalam beberapa tahun belakangan ini, eksistensinya mulai digoyang. Padahal pabriknya sudah pasang klaim biskuit Khong Guan biskuit lebaran dalam iklannya di tipi. Ortuku yang dulu selalu dapat kiriman Khong Guan, sekarang lebih sering dikirim kue-kue kering macam nastar. Apalagi aku yang di kota. Selama di Jogja belum pernah ada yang kasih Khong Guan. Selalu dapatnya parsel yang isinya macam-macam dan tetap tanpa Khong Guan.

Tapi itu dulu...
Sekarang kan pengangguran, siapa yang akan kasih parsel ya..? Lagian aku ga pengen dikirimin bingkisan kok, kalo ada yang berniat ngasih, diuangkan saja deh biar praktis...

Terima kasih sebelumnya..

14 comments:

  1. Kalo mertuaku bilang, "tuh temenmu lewat" kalo liat plat B di jalanan semarang...pdhal boro-boro kenal..

    Biskuit Kong yg aku makan cuma wafernya ajah..

    BalasHapus
  2. inget duLu waktu keciL, saat Lebaran yg kami serbu duLuan adaLah biskuit Khong Guan. bukan mau makan biskuitnya tapi mau ngambiL wafernya, tidak jarang susunan pertama beLum seLesai kami sudah mengobrak-abrik susunan kedua dan kaLo ortu sampe tau kami kena omeL karena isi biskuit jadi berantakan.
    kaLo tidak saLah, waLaupun biskuit Khong Guan masih tenar tapi pengapLikasiannya sudah muLai meredup di sekitar tahun 2000an (khususnya di perkotaan), karena banyaknya bermuncuLan biskuit kompetitor.
    hmmm..., masa yg indah untuk di kenang saat masih sering berkumpuL dgn keLuarga Lengkap bersama sang biskuit Khong Guan sebagai teman ngemiL.

    BalasHapus
  3. hahahha, tetep aja suka mentahan,

    khong guan, mendingan makan tape aku haha, doi kota makan roti2 dah buowsend, [liat doank] haha

    BalasHapus
  4. Saya kayak tradisi dikeluargaku. Meskipun desa saya tidak ndeso banget, tapi kong guan tetap mendapat tempat spesial sebagai biskuit lebaran. Kalau beli kong guan pas di luar hari raya rasanya jadi beda. Meskipun aku yakin itu hanya perasaanku saja..

    BalasHapus
  5. Wahh...jadi laper, hehehhe...
    Kalo disini jarang banget lebaran makan Khong Guan.
    Biasanya yang ada kue2 kering buatan sendiri :D
    Trus minumnya soft drink :D

    BalasHapus
  6. wah,,,biskuit ini kesenagenku sob keluarga selalu beli kalau mau lebaran

    BalasHapus
  7. apa wis puasa kang deneng ada Bada?

    BalasHapus
  8. wow..kalo lebaran biskuit yang satu ini memang selalu ramah memanjakan lidah kita semu hmm...mantap
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  9. aku ska yang kue kotak rasa coklatnya aja, kalo lgi lbran ska diplh-plih

    BalasHapus
  10. ak sering dapat Khong Guan
    tp setiap dapet di oper lagi ke orang hehehe soalnya dirumah ga ada yg mau makan :p

    asik bntr lg lebaran tp kue lebaran udah hampir habis sama ak :p

    BalasHapus
  11. "Diuangkan saja" berarti minta mentahnya dong, hehe..,,he,,..he.
    Saya juga sempat teringat dulu biskuit Khong Guan selalu jadi primadona di saat lebaran tiba, tapi kini kalah pamor dengan roti-roti kering dan produk baru. Walaupun masih ada penggemar setianya tapi tidak sebanyak dibanding dengan yang dulu. Saya juga suka biskuit Khong Guan, disamping jenis biskuitnya macem-macem rasanya khas tersendiri.

    BalasHapus
  12. sekarang masih ada kok yg berbagi biskuit ini pas hari raya, meski udah mulai langka..:)

    BalasHapus
  13. hihihi9
    iya mas
    dulu tuh kalo lebaran pasti kudu harus wajib ada khong guan deh, hehe
    kayaknya lebaran tanpa khong guan itu kurang gimanaaa gitu
    nah ini aku udah dapet sih khong guannya
    cuma si mas rawins kayaknya maunya yang mentahan kan yak, lah mentahannya belum diguntingin, mas :p
    heheheu...

    yuhuuu, met pagi, mas rawins
    met hari selasa
    semoga hari ini menyenangkan :D

    BalasHapus
  14. njalok adahe wae kang lumayan didol kilon

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena