13 Desember 2010

Recaptcha

Sudah beberapa hari, ereksi otak tak mau dibawa ejakulasi di blog. Pelampiasannya lari ke Yahoo Answers dan Kaskus. Lumayan asyik kembali ke habitat lama di Y!A mencoba berbagi dengan teman-teman walau sudah tak bisa lagi menjawab pertanyaan sedetail dulu. Kalo di kaskus selama ini aku lebih suka baca-baca doang, sehingga walau terbaca aktif sejak 2008 tapi status masih nubitol. Ketika lagi kepengen aktif di kaskus, malah nemu masalah menyebalkan yang bernama capcay.

Saat ini, hampir semua situs yang berinteraksi dengan user, meminta kita untuk memasukkan kata atau nomor untuk memastikan bahwa semua input benar-benar dilakukan oleh manusia dan bukan oleh bots. Bots ini adalah semacam program kecil yang secara otomatis melakukan tugas tertentu. Salah satunya mengisi form di website yang biasanya dipergunakan untuk keperluan nyepam atau scam.

Uji tantangan tanggapan atau challange-response test itulah yang dinamakan captcha. Proses kerjanya adalah, sistem server captcha memproduksi satu atau dua nilai yang akan dimintakan kepada user untuk ditanggapi. Karena captcha tidak mungkin ditebak oleh komputer atau mesin, maka jawaban yang benar akan dianggap berasal dari manusia. Jawaban yang diberikan sebagai tanggapan akan dinilai lagi oleh sistem captcha untuk kemudian diputuskan apakah benar atau salah.

Penemunya adalah Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J Hooper (Carneige Mellon University) dan John Langford (IBM) pada tahun 2000. Sistem itu kemudian marak digunakan di berbagai situs untuk mencegah penyalahgunaan dari bots alias program otomatis yang biasanya dibuat untuk menghasilkan spam. CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart atau uji turing terotomatisasi penuh untuk membedakan komputer dan manusia. Eh turing tuh apaan sih..? Masa ngatur piring..?

Nah, perasaan dulu kaskus pakai captcha sederhana yang cuma terdiri dari 3 angka doang. Soalnya aku tuh paling sebel kalo nemu yang ginian. Seperti di belokcepot, aslinya aku muales banget kalo nemu blog yang pakai capcay. Buat aku ada yang mau nyepam sampe mensret di blog ga pernah aku pikirin. Nyatanya sampai sekarang aman amin saja dan yang nyepam kebanyakan pedagang onlen yang jelas-jelas manusia nawarin lapaknya di tempat komen. Cuma demi temen yang ga enak kalo ga kasih komeng jadinya ya harus ikhlas bersusah payah.

Yang bikin sebel tuh, kaskus sekarang pakainya reCaptcha dari google yang njelimet. Cuman setelah baca sana-sini, recaptcha ternyata mulia juga tujuannya. Recaptcha bertujuan untuk mendigitalkan buku-buku sejarah atau karya lama semacam Shakespeare. Buku buku itu discan lalu digunakan program OCR untuk merubah gambar hasil scan tadi menjadi tulisan dalam format MS Word misalnya. Namun terkadang OCR tidak bisa menebak tulisan secara akurat dan masih membutuhkan bantuan manusia, apalagi dalam buku lama yang cetakannya sudah terdistrosi. Dengan recaptcha ini secara tidak langsung kita telah menjadi relawan untuk membaca hasil scan itu dan merubahnya kedalam bentuk teks. Fungsinya untuk meminimalisir salah tafsir oleh OCR. Jadinya bukan sekedar tebak-tebakan doang. Sambil nebak kita ikut beramal dalam proyek ini.

Recaptcha menggunakan cara unik untuk menentukan benar tidaknya jawaban user. Tiap kata hasil scan yang terdistorsi dan sudah dalam bentuk gambar diberikan ke user bersamaan dengan kata lain yang sudah diketahui. Kata yang sudah diketahui ini disebut kata kontrol. Jika user dapat menjawab kata kontrolnya dengan benar, diasumsikan dia menebak kata yang satunya lagi dengan benar pula. Itulah sebabnya recaptcha memberikan dua kata untuk kita tebak.

Dari penjelasan ini, aku bisa simpulkan bila kita menjawab satu kata saja dengan tepat, jawaban kita sudah dianggap benar. Ini berarti recaptcha bisa kita curangi agar tidak terlalu ribet menebak-nebak sampai mata juling. Triknya adalah, Recaptcha tidak membedakan antara huruf besar dan kecil atau spasi. Jadi ketik lempeng aja ga masalah. Lalu dari kedua kata yang disodorkan, kita tak perlu jawab semuanya. Asal kata kontrol kita ketik dengan benar, kita sudah dianggap manusia. Nah kata kontrol ini biasanya menggunakan kata yang lebih panjang. Jadi ketik saja kata yang itu sudah cukup.

Yang sebel dengan verifikasi kata recaptcha, silakan coba cara ini. Hanya saja, dengan cara curang ini berarti kita tidak ikut berpartisipasi dalam proyek digitalisasi buku-buku kuno. Jadi kesimpulan finalnya, terserah temen-temen deh...

Bahan bacaannya dari google dan kaskus.

15 comments:

  1. Wah kalau ane jrang mmpir di kaskus UM...tapi memang rada bt juga kalau ada bog ataupun web yg memasang captca kaya gitu...!!!

    BalasHapus
  2. aku inget selalu tipsmu kawan. saatnya mencurangi dagang capcay!

    BalasHapus
  3. okelah, kesimpulannya terserah teman teman yang mau komen di sini. thanks infonya...

    BalasHapus
  4. males deeh kalo ketemu capcay gitu2..apalagi kalo pas jaringannya lemot sulemot.

    tapi saya baru ngerti ternyata gak harus semua kata diketikin.

    BalasHapus
  5. bisa jebol ga kalo pake decaptcher

    BalasHapus
  6. uda baca mpe 3x,, tetep aja gak ngerti...
    maksudnya captcha ntu kaya verifikasi tulisan yang kaya di komen-komen gtu iia??

    BalasHapus
  7. Sejujurnya aku paling gak suka sama ReChapta yg ini Sob.. gak tau knp paling ribet aja dari yg lain hhe.... tapi ya mau diapain lagi hhe....

    untuk yg buku digital trus royaltinya gimana tuh sob klo udah jadi Digital Book? bahaya tuh klo setelah ada yg beli di share Free hhe...

    Semangat N happy blogging :p

    BalasHapus
  8. terkadang aku paling males dengan yang seperti itu,
    tapi ternyata hao itu banyak manfaatnya ya.
    makasih ifonya, saya baru tau kalo seperti itu
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  9. Wah..sy juga baru tau tuh, memang bener...kalo ada capcaynya bikin ribet...hehe

    Salam hangat & sukses slalu.
    Maaf baru sempet mampir lgi....

    BalasHapus
  10. agak males sih kalo ada code ginian he he

    BalasHapus
  11. nyonge beLom pernah kesana Lik. hehehehe....
    tapi apapun itu kaLo pake fasiLitas itu emang jadi terasa Lebih ribet sih, kayak harus meLakukan pemeriksaan di pos hansip duLu.

    BalasHapus
  12. Aku suka banget capcay
    selain menyehatkan, lezat juga banyak vitamin dalam sayurnya
    kalo ditempatku harga capcay 1 porsi dijual rp 9000 an..
    piring di jual terpisah..

    Ini capcay apa to?

    BalasHapus
  13. pesen capcay atu dong pak...^^

    BalasHapus
  14. yup, bikin ribet. eh, itu beneran kentut little?

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena