29 April 2011

Anyang-anyangen

Gara-gara begadang dan kayaknya kebanyakan ngopi semalem, pagi-pagi di kantor kena anyang-anyangen. Sakitnya minta ampun di perut bagian bawah dan bolak-balik ke kamar mandi tapi keluar pipisnya cuma dikit.

Selama ini, yang ada dalam benakku tentang sakit ini adalah minum air yang kurang matang atau direbus ga sampe mendidih. Atau minum air panas campur air dingin. Ini memang sering aku lakukan karena dispenser yang ada di mess tidak ada dingin normal. Adanya dingin es dan panas, jadi kalo mau minum segera suka aku campur. Pengobatan tradisional ala Jawa sih biasanya cukup dengan mengikat jempol kaki dengan ijuk. Aku cari-cari sapu ijuk disini ga nemu. Nanya ke orang sini resep tradisionalnya malah bingung menjelaskan arti kata anyang-anyangen.

Cari refrensi medis di google malah nemunya sedikit mengerikan. Mengutip dari sini, sebagai berikut :

Secara medis anyang-anyangen adalah radang kandung kemih dan saluran kencing. Radang ini disebabkan oleh kuman (infeksi) yang menyerang lapisan lendir pada permukaan dalam kandung kemih dan saluran kencing tersebut. Apabila tidak segera diobati dengan tepat akan menjadi infeksi kronis (menahun) yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi.

Komplikasi tersebut, diantaranya:
1. Dapat merangsang timbulnya batu pada kandung kemih.
2. Saluran kencing dapat tersumbat yang penanganannya memerlukan operasi.
3. Kuman dapat menjalar ke atas dan menyerang ginjal.
4. Pada laki-laki dapat menyebabkan sumbatan saluran sperma yang dapat menyebabkan kemandulan.

Dari milis kesehatan mengatakan begini :

Saran sih cek dulu ke lab, yg diperiksa:
-urine lengkap
-preparat gram bakteri n jamur
-darah lengkap, gula darah sewaktu, n ureum creatinin.

Min point 1 n 2 wajib kalau mau tau sebabnya

Kaget juga bila memang segawat itu. Baru ngerti bila pengobatannya harus pakai antibiotik segala. Tapi mau ke rumah sakit sekarang rada males oleh jaraknya ke kota. Pertolongan pertama aku pakai cara kampung aja deh. Perbanyak minum air putih. Semoga bisa menolong.

Ada sumbang saran atau pendapat..?
Yang penting jangan nyuruh pulang kampung cepet-cepet ya...

4 comments:

  1. kalo denger saran yang macem-macem itu malah jatuhnya stress. mending dengar kata leluhur saja. sebagai laki-laki saya kalo anyang-anyangen sering membayangkan wanita, mereka kalo anyang-anyangen gimana ya?

    BalasHapus
  2. Gak bisa sumbang saran nih... Soalnya lom pernah ngalamin.. :)
    Lagian kita beda alam... :D

    BalasHapus
  3. katanya kalo nggak jempol kaki dikareti, udele di remason. biar sakitnya pindah, dan otot polos tititnya kembali normal. hahaha..

    BalasHapus
  4. sabar yang utama mas, ndak usah ngresula, ndak anyang anyangen nya puluhan tahun, eh anyang anyangen paling semalem, orang sedunia pada tahu. Wakakakaka. Ini ndak protes lho ya. Hihi

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena