04 Mei 2011

Jurnal 1000

Saat membuka posting terakhir di Multiply, saat itu aku melihat no urut di url jurnal sudah berada pada angka 999. Yang artinya posting kali ini merupakan jurnal ke 1000. Tidak ada yang istimewa dengan jumlah jurnal tersebut, mengingat post temen-temen banyak yang sudah jauh diatas itu. Apalagi apa yang tertulis di jurnal-jurnal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan dan tak lebih dari celoteh ngawur seorang rawin tentang hari-harinya.

Sejarah panjang tentang keakrabanku dengan dunia blog, dimulai ketika aku masih jadi teknisi komputer dulu. Banyak sekali aku temukan trik-trik yang tidak pernah ada teorinya. Semua itu aku tuliskan dalam catatan-catatan kecil di sebuah buku tulis. Sampai akhirnya buku tersebut menjadi tiada arti karena coretan tintanya terhapus saat tempat service yang aku kelola kebanjiran.

Sejak itu aku mulai menyimpan catatan-catatan tersebut secara online ke dalam email. Saat aku mengenal Blogspot, tempat semuanya aku pindahkan kesana. Namun tetap saja tidak ada tempat yang aman dari musibah. Melihat blogku berisi banyak catatan tentang komputer, ada seorang teman yang tak aku kenal menganggap aku seorang hacker yang perlu dijajal kesaktiannya. Dalam hitungan detik seluruh catatanku lenyap tanpa bekas dan hanya menyisakan kedukaan yang lumayan dalam.

Sejak kenal Blogspot, aku juga sudah mengenal Multiply. Tapi pada awalnya, tidak ada secuilpun tulisan disana karena Multiply hanya aku gunakan untuk mencari donlotan musik. Jangankan menulis, headshot pun tak pernah aku pedulikan dan dengan damai keluyuran di gudang musik itu dengan gambar kepala plontos.

Saat Blogspotku babakbelur, aku menemukan fasiltas crossposting di Multiply. Dengan fitur itu, dengan sekali klik, secara otomatis tulisan akan terposting di Blogspot dan Multiply. Aku pikir ini bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi bila kejadian yang sama terulang kembali. Bila yang satu kembali dirusak orang, minimal aku masih punya satu cadangan.

Semenjak saat itulah aku mulai hidup di dua dunia dengan mempost satu tulisan yang sama di dua tempat. Cuma sayangnya, tak ada lagi tulisan bermutu tentang komputer dan tutorialnya. Rasa sakit hati yang membekas terlalu dalam membuatku hanya bisa misuh di blog. Ocehan-ocehan ga jelas, tulisan ngawur dan unek-unek memenuhi otak aku salurkan apa adanya. Makanya tak heran bila dalam satu jurnal, seringkali awal dan akhirnya ga nyambung blash.

Tak terasa 4 tahun sudah aku jadi penghuni Multiply, terhitung sejak saat aku mulai belajar mengisi jurnalnya. Bukan sejak pertama kali aku sign up setahun sebelumnya. Contact pertamaku ber ID ndrasen dan contact generasi pertama yang masih aktif sampai saat ini adalah bambangpriantono, srisariningdyah, aki2005, kiswasono dan ada kali yang lain yang ga kesebut.

Begitu sejarahnya kenapa aku mempublish satu tulisan yang sama di dua blog. Tak enak jurnal ke 1000 diisi misuh-misuh seperti biasanya, aku isi saja dengan catatan sejarah awal aku mengenal Blogspot dan Multiply. Semoga carut marut di Multiply saat ini tak membuat aku harus ngungsi mencari blog lain sebagai tempat menyimpan tulisan cadangan.


  

11 comments:

  1. assalamualaikum..
    jadi lebih aman ya mas?,
    salam

    BalasHapus
  2. wuisyeeeh.. wis 1000 dab!. manteeb, itu angka yang keramat loh bisa post sebanyak itu.. kalo nggak konsisten nggak bakalan bisa. saya aja masih 200 seneng banget, jalan menuju 1000 masih panjaaang

    BalasHapus
  3. Kalo multiply aku ada, cuma ya gitu hanya untuk post pendek saja kek blog eysa mas..
    Multiply yang pertama saat blog pertama muncul akhir 2008nan udah keremove sendiri..

    BalasHapus
  4. hmmm, jadi alesan nggak buat tutor lagi takut kebobolan lagi ya?

    BalasHapus
  5. Waduw...punya saya belum sampao 1000 mas, masih ratusan :D
    Hebat ya, konsisten banget menulis sampai bisa mencapai 1000 postingan gini.
    Selamat ya mas :)

    BalasHapus
  6. Aku baru ingat akun Multiply-ku. Xixixi.... ntar coba kuingat pasword & id-nya ah. Pengen kenal sama mas Rawin lebih dekat.
    Trims ya sudah mampir ke blogku.
    Juga selamat atas posting ke 1000-nya. Ini posting yang akan jadi sangat spesial bagiku karena jumlah tulianku belum tembus angka 100. :D

    BalasHapus
  7. saya juga sudah pake multiply lebih dari tiga tahun, tapi postingannya baru tiga atau empat. mblangkrak...

    BalasHapus
  8. 1000? saya aja baru 400.. hebat!

    BalasHapus
  9. Berarti, saya cuman kalah satu angka dari Mas Rawin. :)
    Selama 2,5 tahun ngeblog, postinganku jumlahnya udaaaaahhhh 99 postingaaann..!! Horeee..!! Kurang satu angka 9 aja kan? Nggak banyak kok selisihnya... :D

    BalasHapus
  10. beh...sdh 1000 .... selamat ya... :D


    sy jg punya MP... :D sering juga pakai crossposting :D

    lebih hemat tenaga :D

    BalasHapus
  11. waw... multiply ku udah lupa paswordnya ^_^

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena