11 Mei 2011

Bakso AKAP

Makanan yang selama ini jarang banget pengen, sejak hidup di pedalaman gini, kadang jadi ngangenin banget. Salah satunya adalah bakso. Selama hidup di Jawa, aku jarang banget berinisiatif sengaja beli. Kalopun jajan bakso, lebih sering karena nemenin ibue Citra. Kan ga sopan kalo istri harus makan sendirian sementara aku cuman jadi tukang ojek yang nunggu penumpang.

Sejak beberapa bulan lalu, rasanya kepengen banget makan daging bulat itu. Karena jarang bisa turun gunung, terpaksa aku harus nungguin penjual yang lewat. Memang suka ada yang menjajakan. Tapi jangan anggap seperti tukang bakso di kota yang pakai dorongan dan selalu iseng mukulin mangkok pake sendok. Tukang bakso keliling disini sudah pakai sepeda motor. Sehingga kalo keliatan nongol di ujung jalan, aku selalu telat untuk menyuruhnya mampir. Selalu sudah bablas ngebut meninggalkan debu beterbangan.

Baru malam ini aku bisa menemukan makanan impian. Itupun karena ada tetangga yang beli dan aku bisa nimbrung. Ketika aku tanya, kenapa kalo lewat suka ngebut. Kata beliau, kalo mau nyetop memang harus tahu jamnya agar bisa stenbe di pinggir jalan. Karena trayeknya memang tidak pernah berubah agar pelanggan setianya tidak kecewa seperti aku. Saat aku tanya jualannya kemana saja, sempat kaget ketika beliau bilang dari Tanjung yang masuk ke wilayah Kalsel. Jarak tempuhnya menjajakan bakso, sehari bisa sampai 80 kiloan. Baru kali ini aku nemu tukang bakso ala bis patas. Antar kota antar propinsi...

Dia ngakunya orang Jombang dan mengatakan lebih betah jualan disini daripada di Jawa. Soal jarak tempuh yang begitu jauh, kayaknya tak terpikirkan lagi karena aku yakin hasilnya lumayan. Walau dia tak mau ngaku soal pendapatannya, tapi aku pernah ngobrol dengan tukang martabak yang datang dari Jawa juga. Dari sebuah angkringan kecil, dalam waktu 5 tahun dia sudah punya 5 lapak. Dan dengan bangganya beliau cerita sudah bisa bangun rumah di Jawa. Sempat keceplosan juga mengatakan lebaran tahun lalu bisa pulang membawa uang sampai 60 juta. Asik juga yah, kalo ga mikir persiapan mental dan keuletannya...

Soal pendapatan lumayan, aku bisa ngerti mengingat harga makanan disini cukup mahal untuk ukuran di Jawa. Padahal soal rasa, lidah kan gabisa bohong. Suer ga enak blas. Jauh banget kalo dibandingin bakso telkom depan balai kota Jogja. Cuma sayangnya, perut gampang dibohongin. Biar kata lidah bilang ga enak, nyatanya semangkok bakso begitu cepat ludes buat pakan cacing.

Jangankan makanan yang aneh. Mie rebus saja disini harganya edun. Seperti pas kelaparan di pelabuhan kemaren. Mie rebus pake telor 2 mangkok dan es teh 2 gelas, aku harus merogoh kocek 24 ribu perak. Sempat kelabakan ngutang temen juga, mengingat di kantong cuman ada duit 20 ribu. Mau ke ATM mana ada di tengah hutan begini. Dan payahnya, warung mie rebus itu ga mau terima kartu kredit.

Memang harganya segitu atau dipalak
Aku ga pengen berburuk sangka
Atau karena yang makan 4 orang ya..?

8 comments:

  1. Ngucek2 mata dulu... Waduh terpesona aku mandangin templatemu kali ini Sob hhe... bener2 keren :D ternyata sekian lama libur Blogging Blog ini udah di Cat pake warna baru ama yg punya wkwkwk... :D Mantabz

    sekarang baru nanggapin :D

    hem... emank gitu kang, klo udah lama gak makan biarpun tadinya gak terlalu suka ya kadang kangen jg sama kaya aku yg lagi ngidam bubur beberapa hari ini haha... :D

    Tapi untung gak ada Tukang bakso gerobak yg pada baca postingan ini, klo gak sampean bisa ditimpukin pake Gerobak kang, lha wong ngatain mereka kurang kerjaan gara2 mukulin mangkok haha... *Peace

    Hem.. ternyata disana Tukang bakso udah pada pake Motor semua toh? hebat :D

    Semangat n happy blogging kang :)

    BalasHapus
  2. aku suka baksooow dan sooowmaay...
    pan kapan tak traktir di BKT :D

    BalasHapus
  3. Hhahaha...gak enak tapi habis juga ya mas :D
    Tapi emang sih, kalo perkara perut, apapun diembat :))
    Oh..ya, 24rb?
    Yah.kalo di pelabuhan mah harganya emang mahal lah :))

    BalasHapus
  4. Mahal banget..24 ribu tuh buat satu orang ato buat ber4?

    BalasHapus
  5. jadi pengen jualan martabak disitu neh mas..

    BalasHapus
  6. 24 rb 2 mangkok + 2 teh?
    makanannya jangan dikonversi ke harga yogya ya..
    ntar ga nyampe perut lho ^^

    BalasHapus
  7. ahahahaha....
    aku juga tipe itu...
    walau lidah merasa tak nyaman dengan panganan
    tapi cacing ampe naga di perut lebih gahar dan matre.. hihihihi

    BalasHapus
  8. soal harga gila-gilaan di jakarta atau di pantura juga begitu. coba beli bakso atau mi ayam di prapatan senen misalnya, kalo nggak kapok. di pantura kalo pulang kampung naik bis juga kalo gak awas bisa ditebas. malah, kalo di luar jawa apalagi di pedalaman dan jualannya juga pakai motor bisa dimaklumi.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena