23 Mei 2011

Saat Pulang Kemarin

Cukup banyak cerita yang tertinggal sejak aku pulang kampung hari kamis kemarin. Dari sprot jantung saat perjalanan menuju Banjarmasin, sampai sport yang lain begitu nyampe ke rumah.

Kantor juga yang rada ga beres. Ketika aku menerima kode booking tiket plus kendaraan sarana ke bandara yang ternyata dibatalkan, aku pesan travel yang jam 11 malam agar bisa sampai ke Banjarmasin subuh. Eh, dari kantor kasih berita lagi kalo aku malam nanti ada kendaraan yang ke bandara. Travel aku batalin dan duduk manis nunggu jemputan sampe ketiduran.

Bangun-bangun dah jam 1 lewat 30 dan kendaraan jemputan belum juga datang. Padahal normalnya perjalanan ditempuh dalam waktu 6 jam dan tiketku jam 7:00 waktu Indonesia Tengah yang satu jam lebih cepat dari jamku. Sempat misuh-misuh nelpon sopir yang akhirnya bisa berangkat jam 2 tepat. Bagaimana ga spaneng bila aku harus sampai jam 5:30 WIB untuk check in. Tapi dasar sopir geblek, kalo terlalu kasar disebut hebat. Beneran nyampe tepat waktu biarpun aku paksain merem ga berani lihat jalannya mobil yang pake terbang-terbang segala.

Sebagai gantinya, nemu juga hiburan di pesawat. Dasar orang banyak amal, nasib baik selalu ngikutin. Entah kenapa aku sering banget kebagian kursi di pintu darurat yang artinya ada makhluk manis yang bisa diajak ngobrol duduk di hadapanku. Pramugari rada budek dan ngomongnya bindeng kayaknya bukan hal aneh, yang penting manis. Tapi yang kemaren itu, waduh, komplit deh biarpun aku yakin ga pake telor. Kadar judesnya diatas ambang batas aman dari WHO. Padahal aku ga colak colek atau minta hape. Cuman nanya, wajahnya putih tapi kok dengkulnya item.

Sampai di rumah, aku temukan Citra yang begitu semangat menghadapi hidup. Tak peduli badan masih lemas pasca sakit, dia tetap saja pecicilan naik meja dan panjat pagar. Wujudnya makin ajaib, rambut tambah kriwil, jidat makin jenong dan idung semakin pesek. Mendengar ocehannya, aku harus memperhatikan gerak tangannya agar bisa membedakan kata sudah dengan dadah. Begitu juga untuk membedakan ayah dan buah yang sama-sama terucap abuah. Engga tau kenapa dia suka menambahkan a didepan kata-katanya. Seperti memanggil mbahnya abah dan manggil ibunya abui.

Selain itu, aku temukan juga sosok ibue yang begitu tegar mengurus segalanya seorang diri. Ngurus Citra yang masih saja rewel sejak sakit dan ngurus adiknya yang sudah rajin nendang-nendang dalam perut. Waktu Citra semaleman rewel bolak-balik bangun pun ibue tak pernah mau mengganggu tidurku. Saat aku sempat terbangun dan gantian menggendongnya, terasa banget beratnya mata menahan kantuk.

Makanya suer...
Aku ga pernah bisa membayangkan andai saja aku harus tukar posisi dengan ibue. Berat juga menjalani hidup sebagai seorang ibu. Punya suamipun, datang-datang bukannya bantuin nidurin anak. Malah gantian usilin ibue setelah anaknya pulas. Ai luv yu, bue...

Maaf..
Bila selama di kampung jarang punya waktu untuk online...

6 comments:

  1. :-) akhirnya pulang ya?..syukurlah..

    BalasHapus
  2. Senangnya pulang, Mas Eko! Pasti demen gendong-gendong Citra terus..

    BalasHapus
  3. haha...ketahuannya dipesawat ngapain?

    BalasHapus
  4. pramugarine orang Banjar ya Om? biasa itu mah, face boleh putih, tapi tangan dan kaki njeliteng Om :D


    yang lagi liburan melepas kangen met liburan aja Om, salam buat Citra ...

    BalasHapus
  5. eh, ibue Citra hamilnya udah gede gitu...

    seneng yee ditengokin.. jangan ngebayangin tukar posisi laah.. susaah! ^_^

    BalasHapus
  6. Tar kalau sang adik udah lahir pasti lebih repot lagi tuch bang,,,,,kasian ma ibunya,,,,

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena