21 Juli 2010

Statistik di Blogger Konsep

Lama tidak mengusik blogger dalam konsep, tadi iseng-iseng masuk kesana. Cukup lama memang tidak ada konsep baru setelah komen disemat di bawah post, read more tanpa edit html dan edit template masuk ke blogger regular.

Perubahannya ada di cara upload gambar pada editor blog. Bila biasanya hanya ada pilihan upload dari komputer atau url, sekarang jadi 3 pilihan cara memasukan gambar, dari blog sendiri, picassa atau url.

Pilihan dari blog sendiri akan memunculkan thumbnail gambar yang pernah kita upload di blog. Jadi misalkan kita akan masukan gambar yang sama, kita tak perlu upload lagi. Dari situ aku bisa lihat bahwa di bila di blog ada beberapa gambar yang sama, semuanya tersimpan. Dengan cara ini diharapkan kita bisa menghemat jatah penyimpanan gambar di blogger.




Pilihan pertama tersebut juga kita gunakan untuk mengupload gambar dari komputer. Tinggal klik saja tulisan upload trus browse ke tempat gambar yang mau diupload. Tunggu sebentar, setelah terupload tinggal klik add selected.

Pilihan kedua, memasukan gambar dari picassa web album. Untuk yang hanya punya satu blog mungkin tidak ada bedanya dengan yang pertama. Tapi untuk yang punya beberapa blog dari satu account blogger, di bagian ini semua gambar dari account kita akan muncul. Disimpan dalam bentuk folder folder sesuai dengan blog yang kita punya. Jadi bedanya dengan yang pertama adalah, bila yang pertama hanya gambar dari blog yang bersangkutan. Yang kedua ini dari semua blog kita dalam satu account.

Pilihan ketiga sama seperti yang biasanya. Kita upload gambar dari url di luar blogger.

Yang paling asik dari konsep blogger terbaru adalah tambahan fasilitas statistik sejak sebulan lalu. Aku bilang sebulan, soalnya data statistik last month dan all time nilainya sama. Statistik ini identik dengan google analitik dalam versi yang disederhanakan. Dengan fitur baru ini, kita bisa melihat statistik pengunjung tanpa perlu menginstal web counter atau google analitik lagi. Kecuali butuh data yang lebih lengkap, memang google analitik jagoannya.

Disana kita bisa melihat jumlah pengunjung bulanan, mingguan, harian bahkan setiap jam. Posting apa saja yang dibuka orang, asalnya darimana, lewat keyword apa juga bisa dilihat. Bahkan asal pengunjung, OS dan browsernya pun disediakan datanya. Pokoknya lumayan komplitlah kalo untuk kelas pemula.

Kayaknya ga perlu terlalu banyak review, soalnya ga ribet-ribet amat. Sederhana dan mudah dipahami. Buat yang berminat nyoba fitur ini, masuk saja ke dashboard blogger konsep. Sama kok seperti kita masuk biasanya, cuma urlnya ditambah menjadi draft.blogger.com

Kalo memang lebih nyaman dengan dashboard itu, kasih tanda centang aja kotak disebelah kanan atas yang ada tulisannya Make Blogger in Draft my default dashboard. Kalo ga nyaman tinggal ilangin lagi tanda contrengnya.

Selamat mencoba deh...

8 comments:

  1. wah.. ada yang baru dari blogger..statistik blogger cukup membantu unruk mengetahui pengunjung... kalo arfi udah lama pake draft blogger.. lebih advanced soalnya.. tapi lebih lemot juga.. hehe

    BalasHapus
  2. Hmm...infonya keren deh..aku belum terlalu ngeh sama Statistik ini

    BalasHapus
  3. Sbnarnya ane dah dgar dr dulu ttg ne. cman bru skarang taw cra aksesnya (kuper mode on). thanks y...

    BalasHapus
  4. Yah..saya udah migrasi ke WP, jadi gak bisa menikmati fitur itu :D
    Jadi pengen balik lagi ke Blogspot, xoxixixixxi :D
    *Labil :D

    BalasHapus
  5. tersu terang sy baru tw ini lho....

    thansk coy.... :D

    keren banget draft blogger

    BalasHapus
  6. wah, udah tau tapi belum manfaatin yang ini, ^^

    BalasHapus
  7. wahhh,aku belum tahu..makasih infonya ya sobat ^^

    BalasHapus
  8. ajarin cara bikin 'after the jump' dong :(

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena