06 Juli 2010

Ambon-ambonen

Maap kalo judulnya roaming banget. Soalnya cari padanan kata dalam bahasa Jermannya susah banget tuh. Tapi secara garis besarnya tuh hidung seolah-olah membaui sesuatu yang sebenarnya tidak bau karena terbawa bau sebelumnya. Aku sudah cari bahasan medisnya di internet belum nemu juga dan aku pikir ini hanya masalah psikis saja.

Aku mulai terkena sindrom ambon-ambonen (apa ambun-ambunen ya..?) ketika jaman masih suka keluyuran di hutan dulu. Saat aku harus mengurus korban pendaki yang hilang di gunung dalam kondisi menjadi mayat membusuk, setelah pulang dan mandi bau itu segera hilang dari tubuh. Tapi setiap kali aku pakai pakaian yang aku gunakan saat itu, bau itu seoalh tercium lagi. Seringkali aku mencuci ulang baju sampai bolak-balik dan temen-temenku bilang ga bau apa-apa. Namun tetap saja di hidungku kaos itu bau mayat. Saat itu aku pikir aku terkena sindrom bau mayat.

Yang agak sedih adalah ketika evakuasi 10 mahasiswa Unsoed yang meninggal di Gunung Slamet sekitar tahun 93 dulu. Bajuku basah semua karena kehujanan. Yang tersisa di ransel hanya kaos kesayangan hadiah dari Yayang. Akhirnya aku pakai kaos itu. Apalagi tim evakuasi sudah persiapan bawa kopi bubuk 20 kilo untuk antisipasi bau mayat yang pasti sangat menusuk. Aku pikir aman deh dari serangan penyakit bau itu.

Dan memang benar aku tak membaui bau bangkai di kaosku itu. Tapi malah bau kopi yang ga juga mau ilang dari hidungku setiap kali pakai kaos kesayangan. Sampai-sampai saat itu aku berubah alergi dengan yang namanya kopi. Lagi ngumpul sama temenpun kalo ada yang ngopi, pasti aku segera menyingkir. Kaos Yayang pun pensiun. Dan sindrom bau mayat juga hilang dari asumsiku dan berubah menjadi sindrom bau apa aja.

Kali ini pun aku kena lagi masalah dengan sindrom itu. Di sebelah mess kantor kan ada warung nasi. Setiap pagi, bau masakan dari sana pasti masuk semua ke ruangan mess. Kalo cuma satu bau masakan mungkin ga masalah. Soalnya ini bau bermacam-macam masakan yang jadi satu, jadinya aku suka mual menciumnya.

Masalahnya adalah, bila hari sabtu minggu kan warungnya tutup dan otomatis tidak ada bau masakan masuk kalo pagi. Tapi tetap saja bila aku masuk mess, aku merasa mual seolah bau masakan itu ada. Dan itu cuma terjadi di pagi hari. Siang, sore atau malam aku ga pernah bermasalah masuk ke ruangan itu.

Efek positifnya sih ada. Aku jadi rajin bangun pagi setiap tidur di mess. Biar kata subuh baru tidur, ketika warung itu mulai sibuk aku pasti terbangun. Walau mungkin aku bangun cuma buat pindah tidur ke gudang apa mushola. Itu sebabnya kenapa kalo tidur di kantor aku suka mandinya siang. Pagi-pagi aku gabisa ke mess untuk ambil pakaian dan alat mandi. Jadi lagu bangun tidur kuterus mandi ga berlaku untukku. Yang ada bangun tidur kuterus ngopi, sarapan, buka internet, nunggu siang baru mandi. Hehehe...

Ada yang punya solusi..?

10 comments:

  1. Kalau itu mungkin hanya perasaan saja boz atau mungkin bisa di sebut dengan terlalu dibawa suasana...heheeeeee....!!!

    Tapi mudah mudahan sekarang sudah tidak merasakan seperti itu lagi....

    Bice posting.

    BalasHapus
  2. soal psikis kayaknya. aku pernah konsultasi sama temen yang kuliah psikologi. tapi tetep ga sembuh. mau ke psikiater ga punya duit. hehehe...

    BalasHapus
  3. Hhaha...pantesan kalo pagi si mas badannya masih mau, wkakakakkaak....
    *Kabuuuur :D

    BalasHapus
  4. eh?
    ada yak yang begitu?
    malah baru tau aku, heu...

    selamat hari selasa, mas..
    semoga hari ini menyenangkan :D

    BalasHapus
  5. Sugesti dirii kalii, tapi kalau bajunya yang bau mayat sih, kayaknya itu bukan karena ambon-ambonen tapi emang kayak gitu, hehe (piss)..
    hati2 loh, siapa tau bau mayatnya itu udah pertanda, haha (nakut-nakutin :p)

    BalasHapus
  6. hanya ngomentarin gambarna... :-P

    BalasHapus
  7. Ya mungkin kudu pake minyak wangi marlboro mas kalo malam, ntar khan bau masakannya kalah ama bau parfum tadi... heheheh

    BalasHapus
  8. kok nggak amun ambunen bau ompolnya Ayesha Citra sie... kekekkeke

    BalasHapus
  9. Wah, tu namanya anugrah mas. bsa jd klebihannya mas rawins tuh.. (he..he..) afwan, ane ru b'slaturrahim..

    BalasHapus
  10. ada juga yang kayaa begitu ,baru tau ane .. hhe
    like it

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena