29 Juli 2010

Panggilan Sayang

Semenjak istri melahirkan, begitu banyak perubahan drastis dalam rumah tangga. Bila biasanya istri bisa full time ngurus, sekarang sudah harus belajar berbagi cinta. Tak bisa lagi aku rewel sepanjang waktu, karena rewelnya harus gantian dengan anak.

Soal panggilan juga harus berubah walau anak belum bisa bicara. Masalahnya ada temen yang tetap memanggil "mas" ke suaminya. Dan ketika anak mulai besar, ternyata suka ikutan juga manggil "mas" ke bapaknya. Makanya aku yang biasanya suka manggil "yang", sekarang mulai membiasakan diri memanggil "bu". Takutnya begitu anak bertambah besar ikut-ikutan manggil ibunya peyang.

Ada sebuah kebiasaan di keluargaku, untuk tidak memanggil nama langsung ke saudaranya. Anak paling besar biasa dipanggil mamas sejak kecil. Adiknya dipanggil dede. Ketika lahir anak ketiga, barulah panggilannya mulai menyisipkan nama, jadi mas Bejo, Mas Paijo, dst dst...

Kebiasaan memanggil sebutan tanpa nama kadang bikin masalah juga. Seperti jagoanku dulu yang biasa dipanggil mamas oleh seluruh keluarga. Ketika disekolah disuruh menyebutkan nama-nama anggota keluarga, dia tak bermasalah menyebut nama kakek, nenek dan ortunya. Tapi ketika ditanya siapa nama kakaknya, gurunya malah bengong. Karena ditanya nama mamas siapa, dia pikir gurunya nanya nama dia. Sehingga gurunya menganggap nama dia dan kakaknya sama. Padahal dia anak pertama.

Membiasakan anak memanggil ortu  kadang diikuti orang lain secara salah kaprah. Seperti jagoanku yang memanggilku ayah, ternyata  anak adik-adikku kebawa juga memanggil ayah. Ke istriku memanggilnya ibu. Keponakanku memanggil ibunya mamah. Jadinya anakku ke bu liknya ikutan manggil mamah. Cuma ke adikku yang paling kecil, jagoanku manggilnya bibi. Beberapa kali adikku komplen agar manggil tante, tidak pernah digubris. Alasannya bibi itu panggilan untuk tukang asuh anak seperti anak tetangga manggil pembantunya. Dan memang jagoanku sejak kecil suka diasuh sama adikku yang cewek.

Tapi walau anak dibiasakan memanggil ortu dengan sebutan ayah atau ibu, sebaiknya nama asli tetap dikasih tahu ke anak walau cuma sepotong. Jangan sampai seperti anak temanku yang juga ditanya gurunya di TK.

"Nama ibunya siapa..?"
"Mama.."
"Maksudnya nama aslinya..?"
"Iya, saya manggilnya mama.."

Gurunya yang masih penasaran berusaha memutar otak.

"Hmmm... kalo papa memanggil mama gimana..?"

"Papa manggilnya, haiii monyong..!"

20 comments:

  1. hehehe...
    yang terakhir mah ada2 aja....
    masa bapakx dipanggil kayak gitu...

    BalasHapus
  2. ya kebiasaan kalo lagi ngambek kali..

    BalasHapus
  3. Wah postinga yang menarik boz....!!
    Tapi itu kaimat terakhir maksudnya apa ni ...Papa memenggilnya ,haii monyong" hahahahahahahahah. bisa aja i si boz.

    BalasHapus
  4. hehehe cobain aja besok kalo lagi berantem sama istri...

    BalasHapus
  5. Bwahahaha..iya juga ya, suami-istri mesti hati-hati manggil pasangannya satu sama lain di depan anaknya. Nanti biar jadi pelajaran kalau aku sudah punya anak nanti.. :-)

    BalasHapus
  6. Kalo di Aceh, tetep lo manggil suaminya abang, trus suami manggil istrinya tetep dek. Aneh.

    BalasHapus
  7. Monyong? boleh juga tuh..kwkwkwkwkw

    BalasHapus
  8. ternyata urusan memanggil juga bisa jadi susah yah ^^

    BalasHapus
  9. Arepe Komen apa, bingung aku. :D tak ngguyu sipik wae...

    BalasHapus
  10. setuju sob...anak kecil kan suka nya niru2 aja.....
    salam kenal ya sob....

    BalasHapus
  11. waduh,,,manggilnya kejam amat!!!

    PS: tanggal satu posting kolaborasi yaaaa...

    BalasHapus
  12. hmmm hal² seperti ini memang harus diperhatikan dan diajarkan sejak dini kepada anak karena ini akan berkelanjutan selamanya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  13. perkebangan poLa pikir anak-anak juga dipengaruhi oLeh Lingkungan, sehingga sebagai orang tua dan Lebih dewasa harus mencermati akan haL tersebut.

    BalasHapus
  14. hahaha jadi ribet ya... enakan semuanya dipanggil nama masing2 aja kali ya? :D

    salam kenal ya!

    BalasHapus
  15. haha.. bener banget nih.. anak kecik kan gak tau apa apa.. pasti cuma ngikut...

    BalasHapus
  16. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

    BalasHapus
  17. haha... pelajaran penting nih...

    BalasHapus
  18. seneng mas baca blog ini, buat tersenyum....

    BalasHapus
  19. sama kaya temen`ku si topik monyong, karna semua orang manggil dia monyong. anaknya dua2nya jg manggil dia monyong.....,,,

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena