30 Juli 2010

Da Vitri Code

Menyaksikan lomba foto model di tengah kali Code yang juga untuk mendukung program kali bersih, aku kok malah kepikiran novel Da Vinci Code. Selain sama-sama menggunakan kata code walau beda makna, tujuan keduanya hampir sama. Ingin memunculkan sesuatu yang bersih dari kotoran-kotoran yang selama ini dianggap lumrah.

Pikiranku juga melayang lagi ke kontradiksi isi novel itu dengan kenyataan di sekitar. Bila novel itu berusaha memunculkan fakta lewat fiksi. Di kehidupan sehari-hari, kita malah disodori berbagai gambaran dimana kenyataan dipaksakan agar menjadi fiksi.

Berbagai carut marut kasus yang melibatkan orang gedean begitu njlimetnya, sampai-sampai penonton dibikin bingung untuk menilai mana yang fakta dan mana yang fiktif. Kalo dibilang aparat kita tidak punya kemampuan intelektual tinggi untuk membongkar kasus, kayaknya juga ga mungkin. Soal terorisme yang begitu rumit, sampai Amerika saja pecicilan ga pernah tuntas, ditangani polisi kita melalui densus 88 banyak kasus selesai dengan mudah. Bila melihat kenyataan seperti ini, perlukan lingkup wewenang densus 88 ditambah sampai ke ranah korupsi..?

Kemajuan teknologi ternyata bukan menambah cerah kehidupan kita. Yang ada makin bikin orang blingsatan tak tahu arah tujuan. Budaya instan, telat mikir, suka cari sensasi dan sok heboh untuk hal basi tetap saja belum berubah. Contohnya soal keong racun saja yang simpel. Hanya karena mau fun di trit kaskus, pro kontra di kalangan kaskuser bergulir sampai akhirnya bisa diselesaikan dengan adem. Setelah semuanya basi, baru masyarakat kita heboh kemana-mana. Dari kemaren kemana aja bos..?

Apalagi kalo soal orang gedean. Awal mulanya damai sejahtera makan duit rakyat, setelah dibikin heboh baru bikin sensasi membuka aib teman-teman seperjuangannya dulu. Itu pun dilakukan setelah dipensiun paksa. Waktu masih jadi pejabat ngapain aja ga pernah tereak..?

Sayangnya semua gerakan itu hanya dikerjakan pada waktu masih ramai. Begitu beritanya ketilep berita lain, langsung segalanya ewes ewes bablas angine. Tindak lanjutnya ga pernah kedengaran kentutnya. Seolah kita semua lupa pepatah lama, "didalam pantat yang sehat terdapat kentut yang kuat..."

Kapan kita tetap semangat membongkar semuanya sampai titik darah penghabisan..? Masa kalah dengan fotografer di tengah kali Code yang tak pernah lelah mengarahkan model sampai basah kuyup. Apakah hanya untuk urusan semacam itu kita bisa terus berprinsip maju perut pantat mundur..?

Yoweslah...
Kayaknya berteriak tiap hari juga ga bakal ada gunanya. Mending nyebur lagi ke kali Code untuk mencari misteri si Vitri. Ai laik Da Vitri Code...

17 comments:

  1. Gambarnya dapat dimana tuh mas...

    hehehe

    BalasHapus
  2. dibilang motret di kali code..
    mo ikutan..?

    BalasHapus
  3. Si bOZ bisa aja ni...!!!
    foto-y Sexy juga ni hahahaaa....!!!
    Met sore boZ met beristirahat.

    BalasHapus
  4. Disambung lagi...Ajak ajak boz ya kalau maen ke kali lagi hehehee. Pisc Ach.

    BalasHapus
  5. hehe.
    eh, emangnya ada beneran kali Code??

    BalasHapus
  6. iya heran juga kok si keong racun malah abru muncul sekarang yak?
    itu khan udah lama, [loh? kok jadi keong racun :p]

    kalo da vitri sih, emang aja istrinya mas rawin khan mbak fitri :p
    hihi, dasar nih, bisaaaa aje, heheu

    BalasHapus
  7. mmm.....

    ndak tw mau komen apa.... :D

    BalasHapus
  8. harusnya sii teknologi itu emang memudahkan kita kan kang iia :(

    BalasHapus
  9. kayak nya asyik juga tuh...dri pd di pusingin ama ursan negara yg trkdg di tu2pi, di besar2kan, jd gak tau maksudnya....
    (sbnrny saya bingung mas, hehe )

    BalasHapus
  10. eh mau gapain tu cowok grepe-grepe mentang2 eweknya montok n sexi kayak gitu?!

    BalasHapus
  11. :(
    mau kiamat kayaknya................
    tapi gambarnya agak vulgar tuh brad
    :D

    BalasHapus
  12. Saya kemarin buka postingan ini. Belum bisa komen apa apa. Sekarang pun ketika ku buka lagi. masih juga buntu. Bingung harus mensikapi hal itu seperti apa. [Kecuali kalau aku punya Canon EOS dan punya koleksi lensa manual, mungkin aku ngikut hunting di kali code! :D ]

    BalasHapus
  13. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

    BalasHapus
  14. Salam kenal mas rawins, ngomong2 gambare apik kue mas.

    Smpn asli ngendi mas,................

    BalasHapus
  15. asyem, ra diajak.....,,
    kapan² aku dadi assistant`ya sampean yo pakde...,, ;D

    BalasHapus
  16. fotonya kayaknya gak nymbung deh... judulnya da vitri code, yang di bahas sungai dan telmi, gambarnya orang raba-raba... ?????

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena