29 Maret 2011

Kerja dan Ngeblog

Ngeblog dan kerja, dua hal yang sepertinya sulit untuk dipisahkan dari hidupku. Keduanya seperti sudah saling mengisi satu sama lainnya. Saat kerja, selalu saja ada kejadian yang asik untuk diceritakan di blog. Saat otak error oleh kerjaan, ngeblog bisa menjadi cara otak berejakulasi agar kembali segar dan siap kerja lagi.

Makanya saat kerjaan bejibun, aku malah jadi lebih sering nulis. Semakin banyak aku ngeblog, berarti semakin tinggi pula tingkat setres yang aku alami. Padahal kalo dipikir, gimana ga kerjaan numpuk kalo ditinggal ngeblog mulu. Tapi yang pasti ngeblog sangat penting buat mendukung produktifitasku. Sampai-sampai aku nyatakan kerjaan tidak boleh ganggu acara ngeblog.

Kebalikannya di saat santai seperti lagi cuti, aku jarang nulis. Selain tingkat setres berada dibawah batas minimal, kayaknya ada yang lebih asik buat dikerjakan di rumah. Daripada manthengin layar monitor terus, kan lebih asik mantheng yang laen.

Tapi tidak ada sesuatu yang sempurna. Tetap saja ada sisi negatifnya dari ngeblog ini. Urusan nyolong waktu dan internet kantor sih aku jagonya. Lagian siapa yang ngerti aku lagi ngetik jurnal. Orang lain tahunya aku lagi sibuk coding. Yang penting kalo ada orang, selalu pasang tampang serius walau lagi ngetik komen jorok.

Yang mulai terasa dari efek ngeblog adalah otak jadi mudah ngelantur. Kebiasaan ngeblog apa adanya di otak tanpa konsep dan edit membuat tulisanku di blog lebih mengalir walau endingnya suka melenceng dari prolognya. Nah itupun terasa saat menulis laporan kerja. Semua yang ada di otak mengalir begitu saja tanpa konsep dan tanpa edit langsung aku klik tombol kirim email. Jadinya seperti pagi tadi, saat aku laporan progres pembangunan sistem ke pihak manajemen di Jakarta. Ketika aku menyampaikan faktor-faktor yang membuat kerja tim kurang efektif, awalnya rapi terstruktur belakangnya ngelantur.

... Kondisi kantor yang bising membuat tim programmer tidak bisa bekerja maksimal. Akibatnya tim lebih banyak bekerja sejak sore sampai pagi hari. Mohon pihak manajemen mengupayakan penambahan asupan gizi atau suplemen untuk menjaga kesehatan dan stamina tim IT. Soalnya gini, pak. Selepas makan malam, meja makan tuh selalu dibersihkan dan akibatnya tiap malam kita kelaparan. Mending kalo deket kantor ada warteg, ini di tengah hutan, pak. Trus kita tidur kan seringnya jam 5 atau jam 6 pagi, sarapan belum siap. Begitu kita bangun, sarapan sudah habis. Bagaimana kita bisa kerja maksimal kalo sehari saja cuma makan dua kali. Mobil saja yang ganti oli sebulan sekali kalo kurang bensin tidak bisa ngebut dan mesin cepet rusak. Apalagi kita yang yang ganti olinya 3 bulan sekali. Bayangin aja deh kalo bapak yang jadi kita. Plis deh dst dst...

Aku baru nyadar ketika si bos balas email tidak sepanjang biasanya.
"Elo malah curhat sih..
Plis deh..."

17 comments:

  1. mampir...

    ngeblog sambil kerja oke juga tuh pak.
    saya juga klo sedang di rumah leha-leha dengan anak tidak niat untuk ngeblog..

    malah pas kerjaan banyak ehhh blogwalking kemana -mana

    salam kenal pak

    BalasHapus
  2. hahaa..... sama klo gitu Sob... aku juga klo di waktu kerja Aktivitas Blogging gak bisa diganggu gugat, cuma klo pas libur muales rasanya nyentuh2 blog mending refreshing hhe... tapi untuk urusan Programmer, biarpun dulu lebih ke System Analyst dari pada Programmer tapi perasaan gak pernah ada Programmer kerja siank2 haha... pasti kebanyakan milihnya sore sampe pagi dari pada pagi sampe sore wkwkw....

    Yo wes lag sukses buat semua kerjaannya Sob.... aku mau Break makan siank dlu ya...

    Semangat n Happy blogging :P

    BalasHapus
  3. rika & fer..
    itu mah alesan karena males kerja. sama kaya aku. heheh..

    baha..
    yo terus, masa mundur..?

    BalasHapus
  4. pusing Raw..
    amburadul malah kalo lagi capek..
    eh tapi kadang malah banyak yang ditulis kalo pas tertekan..

    helmetnya keren..

    BalasHapus
  5. wkwkwk

    postingan terkonyol dari mas Rawins

    BalasHapus
  6. heleme pak...nyilih tanggane apa? kak ...

    Linduaji M

    BalasHapus
  7. kayaknya kamu sudah bisa dapat gelar yang aku maksud di artikelku http://f4dlyfri3nds.blogspot.com/2011/03/tanda-tanya-gelar-blogger.html

    BalasHapus
  8. Aku sante ora sante ya yen koneksi ana sing gratis ngeblog, yen ra gratis ya yen duwite lagi wakeh, yen hora ya nglamir ra bisa ngeblog... hihihihi

    BalasHapus
  9. Hebat mas Rawins ini
    kerja sambil ngeblog
    aku aja yang nggak kerja ngga sempet ngeblog
    hihihi...betapa sombongnya aku dengan waktu ya?

    BalasHapus
  10. makanya lain kali jangan gitu dong cyiinnnnnn

    BalasHapus
  11. setuju mas. ngeblog memang bisa menjadi refsesing bagi otak kita, saya juga begitu klo lagi suntung mending ngeblog n nulis2 yg gak jelas xoxoxo

    BalasHapus
  12. semangatttttnya luar biasa neh,
    nanti saya siapkan warteg deh brow bakal disamping perusahaannya

    BalasHapus
  13. Kok jadi ngelantur..? Plis deh... :p

    BalasHapus
  14. huahahaha. itu isi emailnya kenapa jadi kayak blog gitu kak?
    plis deh :D
    heheheheheh.

    emang ngeblog kalo lagi stress paling enak yaaa :)

    BalasHapus
  15. huahaha...ada saran nih, postingnya gak usah panjang-panjang.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena