03 Juni 2011

Citra Ambal Warsa

Setahun usia Citra, sudah teramat banyak perkembangan yang terasa. Aku bisa melihat, bila Citra merupakan anak yang selalu ingin mencuri start. Umur 2 bulan dia sudah maksa tengkurep. Saat teman sebayanya baru belajar tengkurep, dia sudah mulai merangkak dan berdiri. Umur 10 bulan dia sudah bisa berlari dan belajar naik pagar. Di umur itupun dia sudah belajar bertoleransi kepada bapaknya dengan berhenti nenen.

Urusan makan dia juga tidak susah. Apa saja doyan, asal bukan makanan bayi. Dari gembus, tiwul, sate klatak sampai shabu-shabu dia embat tanpa masalah. Makan sendiri sudah pinter. Mau pakai tangan atau sendok, ok saja. Cuma pakai sumpit yang belum diajarkan takut "kloloden". Kalo makan sendiri, nasinya diberantakin di lantai lalu dicomotin satu persatu sampai bersih. Minum tidak mau pakai dot dan lebih suka pakai sedotan, langsung dari gelas atau nenggak botol. Air putih, susu, teh, kopi, bajigur semua bisa jalan.

Citra cukup akrab dengan alam bebas. Dia sudah biasa mandi hujan tanpa perlu demam. Belajar berkebun juga suka, sampai-sampai ibunya histeris karena pot bunga di depan rumah jungkir balik semua. Citra penyayang dan tak takut binatang. Bolak-balik dicakar kucing tak pernah membuatnya jera untuk kembali mengisengi kucing tetangga. Apalagi kalo lagi di tempat mbah, sudah biasa dia berbagi sepotong wortel dengan kelinci.

Sifat feminimnya memang belum kelihatan banget. Dia lebih suka mainan obeng dan timpukin letop bapaknya pake hardisk daripada main boneka. Lebih suka memanjat meja atau jendela daripada masak-masakan. Hobi isengnya sudah terlihat. Kalo mau jahilin orang lain, selalu celingukan sejenak sambil nyengir kuda. Namun kemampuan belajarnya lumayan juga. Sekali melihat apa, dia suka ikut-ikutan. Lihat aku suka bayar parkir, setiap masuk mobil dia akan ambil uang di dashboard dan dilempar keluar jendela. Lihat orang naik kuda di tipi, setiap lihat ibue tiduran, dia suka naik kuda-kudaan. Tapi kalo ibue tidurnya miring apa tengkurep, dia ga mau naik.

Hanya untuk urusan tidur yang agak ribet. AC harus setel pada posisi dingin maksimal. Dinaikan sedikit saja ke angka 20, tidurnya bakalan gelisah dan keringetnya persis abis kecebur got. Padahal di angka segitu, bapaknya sudah menggigil kedinginan. Wajar bila bapaknya ga pernah bisa lepas dari ibue sepanjang malam. Jadi kalo sampai kesundul adik baru, ya salah Citra sendiri.

Rambutnya yang kriwil semakin ajaib saja. Pokoknya kalo suhu dingin rambutnya lurus dan begitu panas akan berubah kriwil. Padahal kedua ortunya berambut lurus semua. Ga ada masalah sih. Cuman takut saja kalo pas jalan-jalan nanti ditangkep polisi. Soalnya dimana-mana cuma ada rambu-rambu lurus jalan terus. Yang kriwil tidak diakomodasi.

Biar baru setahun, tapi Citra sudah bisa mengerti cowok cakep. Lagi makan pun kalo melihat balita cowok yang imut, perhatiannya langsung beralih dan tanpa sungkan akan disamperin. Ke laki-laki dewasa yang cakep pun dia sok akrab. Tanpa rasa dosa dia nempel minta gendong walaupun belum kenal. Mungkin kesukaannya ke cowok cakep ini yang jadi alesan, kenapa dia sepertinya kurang suka kalo aku gendong.

Sugeng ambal warsa, nduk...

Cepet gede ya
Biar bisa bobo sendiri
Biar ga bikin kagok orang tua...

5 comments:

  1. hahahaha ngakak.
    Citra moga menjadi orang yang sholehah, biar klo ada cowok cakep nanti bisa menjaga matanya dan tidak minta gendong lagi :P

    BalasHapus
  2. wuih...rambut ajaib tuh....

    bisa berubah sesuai kondisi cuaca...

    bisa jadi detektro BMG :D

    BalasHapus
  3. aduh anaknya pinter banget mas baru setahun udah bisa macem2 hehehe
    tp katanya kalo anak pertama itu pinter2 :D

    BalasHapus
  4. Happy Birthday Citraaa
    aku ngefans sama rambut kriwilnyaaa
    sampe sampe Dija pingin aku bawa ke salon, biar di kriwil rambutnya
    hahahaa....

    BalasHapus
  5. wah udah dua tahun neh, nggak kerasa ya, met ulang tahun citra, panjang umur dan sehat2 selalu yaaa....

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena