24 Juni 2011

Lapar di Lumbung

Si bos dari Jakarta komplen. Mempertanyakan kenapa mobil operasional baru keluar dealer 2 bulan sudah mogok. Penyebabnya sepele memang. Tapi harus jajan sampe jutaan karena filter solarnya mampet penuh air. Kalo sudah begini, susah juga mencari siapa biang keroknya.

Kalimantan...
Bumi yang kaya sumber daya alam seperti minyak dan batubara, tapi selalu tertinggal untuk urusan ketersediaan energi. Batu bara berserakan kebanyakan numpang lewat doang membiarkan listrik PLN byar pet karena kekurangan pembangkit listrik. Kandungan minyak mentah berlimpah, namun cari BBM saja susah.

Sudah bukan hal aneh, bila antrian di SPBU disini mengalahkan ular naga panjangnya bukan kepalang. Apalagi yang antri solar. Bisa seharian sampai nginep di antrian menunggu mobil tangki pengirim BBM datang. Mau nekat jalan terus, SPBU selanjutnya bisa berpuluh kilometer lagi jaraknya dan pasti harus ngantri lagi. Belum pernah aku lihat ada SPBU yang ready stock. Begitu mobil tangki datang, dijamin langsung ludes. Padahal tiap mobil seringnya dijatah cuma bisa beli 30 liter.

Ada SPBU yang jarang kosong, tapi khusus industri yang harga solar perliternya sekitar 10 ribuan, naik turun harga tiap 2 minggu sekali. Alternatif lainnya adalah beli di eceran. Harga bensin eceran saat ini 6500 perak dan solar 8000. Akibat beli di eceran ini, membuat kendaraan jarang yang awet terutama di filter bahan bakar dan bagian pembakaran. Secara rutin tangki bahan bakar harus dikuras karena banyak airnya. Tak usah heran kalo melihat mobil baru sudah mogok di sini.

Untuk orang sini, mungkin itu hal yang biasa. Tapi untuk pendatang dari Jawa yang stok bahan bakar relatif melimpah, mau ga mau bikin sedih juga. Ga ngerti blas bagaimana pemerintah mengatur regulasi energi, sampai-sampai anak ayam bisa kelaparan mati di lumbung padi. Di saat buminya masih kaya saja sudah begini. Bagaimana bila kekayaan alam itu sudah habis dikeruk nanti..?

Au ah, ati ampu...

3 comments:

  1. wadduh mas , miris yah lumbung yang tak mendapatkan jatah , larinay ke rekening gendut ...

    BalasHapus
  2. Pulau Jawa bisa jadi cepat tenggelam karena banyak orang serakah. Termasuk karena menggunduli pohon di hutan Kalimantan

    BalasHapus
  3. wahaha, keluhanku sampe diblog Om Rawins ternyata.
    aku juga heran Om, tiap kali berangkat kuliah pasti ngantrinya di pom bensin mengular...jadi kalo beli di eceran itu bahaya ya Om? alhamdulillah slalu nyempet2in mampir di pom sih :D

    kalo lampu byar-pet sudah nggak heran lagi, mungkin lagi dikorupsi :p

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena