16 Juni 2011

Ngirit Pulsa

Dikomplen bagian keuangan, gara-gara ngajuin dana untuk pulsa 300 ribu sebulan. Maksimal bisa kasih 100 ribu plus diceramahin harus ikutan TM tiap pagi biar irit. Aku yang ga pernah mudeng reg-regan dan peraturan tarif hape yang njlimet, baru mudeng dengan istilah Talk Mania. Aku bilang yang bikin boros itu karena sebagian karyawan disini pakai operator lain, malah disuruh beli kartu lain plus hape baru.

Sampe bingung. Katanya kerja di pertambangan yang duitnya ga pake seri, tapi urusan seperti itu saja begitu repot. Jaman kerja di galeri yang lebih banyak unsur sosialnya saja, jatah pulsa per bulan 500 ribu. Padahal pemakaian tak pernah sampai 300 ribu. Nelpon lebih sering pakai telepon kantor kalo pas ga ke lapangan. Trus dikasih hape tipe communicator lagi. Disini, telpon kantor tidak ada, jatah pulsa minim, hape disuruh beli sendiri. Buntut-buntutnya, keluar umpatan berbau rasialis.

Soal TM den sejenisnya, aku memang tak pernah mengikuti. Suer males dengan peraturan tarif yang begitu bertele-tele. Pokoknya nelpon ya nelpon aja. Aku memang sengaja membiarkan tarif telepon yang apa adanya. Bukannya kepengen boros pulsa, tapi cenderung untuk melatih aku ngomong cepat, singkat, padat dan tepat. Aku tak ingin, karena merasa murah, jadi kebiasaan ngoceh ga jelas panjang lebar di telpon. Yang namanya promo selalu ada jebakan betmennya. Suatu saat promo dihilangkan, sementara mulut dah hobi ngoceh, bakalan runyam tar. Apalagi aku bukan tipe orang yang suka gonta-ganti kartu hanya karena pengen murah. 

Sejak awal kenal hape, ganti nomor bisa dihitung dengan jari. Pertama waktu masih di Bandung sekitar tahun 97an, pakai AMPS Komselindo. Ketika GSM mulai merajalela, aku ganti simpati yang harga kartu perdananya 1,3 juta. Itupun belinya harus ngantri pakai KTP segala. Waktu aku pindah sekitar tahun 2003an, simpati Bandung yang saat itu masih pakai roaming aku ganti pakai kartu as Jawa Tengah. Kartu itu sampai sekarang masih aktif dan dipakai oleh ibue Citra. Gara-garanya aku dapat jatah kartu simpati dari kantor, yang aku pakai sampai sekarang. Memang pernah beberapa kali dapat jatah kantor kartu dari indosat, xl atau flexi. Tapi hanya menjadi kartu kedua yang jarang banget dipakai.

Memang banyak yang bilang, kalo tarif telkomsel memang paling mahal. Namun seperti tertulis diatas, aku sengaja tak ingin membiasakan diri punya hobi telpon berlama-lama. Kalo ingat tarifnya mahal, kalo ngomong maunya cepetan. Kecuali kalo nelpon ibue Citra. Ga bakalan mempan pake alasan pulsa mahal untuk menutup telpon. Wong pulsa selalu beliau yang isi. Bukan pula soal fanatik ke salah satu operator. Yang paling utama, aku tuh pelupa. Aneh saja bila aku harus buka-buka catetan ketika ada orang yang nanya no hape.

Soal pelupa ini, mbah buyutku dulu yang punya kerjaan. Waktu kecil, aku diajarin puasa dan doa yang katanya untuk kebaikan di masa depan. Sayang ritual itu tidak boleh serakah dan hanya berlaku untuk satu permintaan saja. Kalo ga salah dulu pilihannya, pengen bagus daya ingatnya apa bagus tampangnya.

Tapi mohon maaf
Suer aku lupa dulu pilih apa

Neh buktinya...
Awalnya nulis apa
Di akhirnya ga nyambung
Kenapa aku pelupa ya, mbah..?

14 comments:

  1. yoi tuh mas, gonta ganti nomor hape kalo gak kepept karena kebijakan sebenarnya males hahaha, kartu perdanaku termasuk hape butut ku tetep awet , mengenai bicara panjang lebar juga saya sependapat di hp apalagi hihi kadang saya lebih sadar diri karena gak ada yg kasih saya jatah pulsa seperti mas ini..

    dan celakanya kok ujungnya antara daya ingat dan perihal ketampanan... wahahahah .... satu lagi ams hape saya kalo buat nyambir kucing bisa kaing kaing kaing... nanti kapan kapan saya posting wkekekekek.....

    BalasHapus
  2. tapi kalo masih pacaran long distance mah butuh mas tarif murah hehehe :p satu2nya alternatif bisa komunikasi

    BalasHapus
  3. Kalo saya tentang kartu dan pulsa dulunya indosat sekarang xl. Dan dulu pake kartunya ngikutin pacar saja byar murah. Sekarang sesudah menikah, jarang sekali saya nelfon. Paling pulsanya abis wat internetan Mas. He

    BalasHapus
  4. Mbuh kang, aku dewe ra mudeng sama reg-regan atau daftar apapun buat dapet Gratisan pokoknya cuma make aja haha... :) betul2 tak pikir juga karena yg kerja make operator beda2 makanya mahal, sayang bozz sampean itu mikirnya malah beda haha.. :)

    wes do nganggo esia ae kabeh haha..

    BalasHapus
  5. Gileeeeeeeeeeeeeeee., Aq pake fleksi katanya nelpon 1 menit 50 rupiah, tapi pulsa masih 12000 hanya nelpon beberapa menit aja pulsa jadi 0 rupiah........ Bhusssssseeeeeeeeeeeeeeettttttttt....

    BalasHapus
  6. Kalo sekarang dirimu pelupa, berarti dulunya minta bagus tampangnya donggg, bukan bagus ingatanya... Tapi sepertinya, permintaanmu tidak dikabulkan, Bro. Tabahkanlah hatimu... :D :D

    BalasHapus
  7. wkwkwkwkwkkw , aku ada yg ngga hoax brooooo ...
    :D

    BalasHapus
  8. gilanya masa lalu :D

    masa harus bayar kartu perdana sampe 1 jutaan ampun dah...untung sekarang tidak ada lagi monopoli kyk itu

    BalasHapus
  9. Aku nggak suka feature TM itu. Feature itu memang bikin nelfon lebih murah, tapi itu hanya berlaku hari itu saja, sampek jam 6 sore. Lah, ngirit kok harus liat-liat jam sih?

    Di lain pihak, aku sendiri lebih suka ng-sms ketimbang nelfon. Tau nggak, informasi yang diketik itu lebih komunikatif ketimbang yang diucapkan. Bisa direkam, bisa memori, nggak akan lupa kecuali sms-nya dihapus dari HP-nya. Kalo suatu hari nanti ada salah paham gara-gara miskomunikasi instruksi, kan kita tinggal nyodorin bukti sms, "Nih, kan saya terima sms dari sampeyan yang bunyinya begini.."

    Aku nggak setuju kalau kita harus beli kartu operator tertentu hanya karena mayoritas lingkungan memakai operator itu, demi ngirit pulsa. Kalau mau ngomong panjang-panjang, ya sms aja. Kalau nggak mau ngetik sms, ya nelfon. Hidup kok diperbudak sama tarif HP..

    BalasHapus
  10. lho saya dimana ini? kamu siapa? saya siapa? ini celana siapa????

    BalasHapus
  11. Mbah kakung : Le, pilih pengen bagus daya ingatnya apa bagus tampangnya...??
    Om Rawin : Wah nggak usah milih mbah...

    Akibatnya sekarang... *kabuuurrr.....

    BalasHapus
  12. yang ini jangan sampai lupa. nelpon lama-lama berbahaya, bisa kena kangker otak. jadi seperlunya saja.

    BalasHapus
  13. soal hape, hahahaha.... banyak kejadian di situ. dari teror sampe transfer... diambil hikmahnya semuanya aja deh....

    BalasHapus
  14. banyak amat bung pulsa sebulan, saya aja 30ribu perbulan...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena