07 Juni 2011

Tarif Murah

Awalnya aku suka bingung, kenapa kantor kalo kasih tiket pesawat selalu mepet-mepet ke waktu keberangkatan. Padahal dalam asumsiku, semakin jauh-jauh hari kita pesen, harga bisa dapat lebih murah. Setelah iseng-iseng ngecek ke websetnya maskapai, baru aku mudeng kalo aku tak menyadari adanya perubahan trik marketing mereka di beberapa rute agar bisa kasih harga tinggi.

Sekitar dua minggu lalu aku ngecek tiket Jogja Banjarmasin dan menemukan harganya di kisaran 800 ribuan. Tidak ada tarif promo yang biasanya selalu muncul untuk pemesanan jauh-jauh hari kedepan. Pagi-pagi pada hari keberangkatan, aku iseng lagi buka websetnya. Lha kok malah harganya turun plus ada tarif promonya.

Bisa jadi banyak penumpang yang segaptek aku dalam soal cari tiket. Telanjur berasumsi kalo mau murah jangan mendadak. Tiap mau ngeluyur dengan biaya pribadi, aku suka cepetan pesen takut keburu naik harganya.

Ini sama kasusnya dengan pemahamanku atas tarif telepon dulu. Sejak jaman Telkom berkuasa sampai awal-awal munculnya hape, aku selalu dicekoki kalo mau nelpon murah jangan siang hari. Makanya aku sering nunggu malam kalo mau ngobrol panjang. Mana aku tahu kalo ternyata polanya diubah, nelpon sore justru lebih mahal dibandingkan siang atau pagi hari.

Semua ini memang salahku yang gaptek dan jarang mau cari-cari info semacam itu secara rutin. Apalagi untuk tarif hape yang begitu njlimet, sering berubah, tidak transparan dan banyak pencekikan di balik promonya. Mau kasih murah saja harus kebanyakan aturan dan pake reg ini itu.

Sebuah resiko harus merugi karena kegaptekan diri. Tapi minimal aku jadi sadar, mungkin banyak hal yang telah berubah tanpa aku sadari. Seperti misalnya, selama ini aku berasumsi kalo orang lain selalu menganggap tampangku jelek...




11 comments:

  1. Jadi ternyata tiket pesawat lebih murah kalo untuk last minute? Cuma berlaku untuk dalam negeri aja kali? o_0

    BalasHapus
  2. berarti perusahaan bapak ga salah naroh orang di direksi utama. mereka jeli terhadap peluang pasar.. (:

    BalasHapus
  3. mbakku ngajarin juga, jauh2 hari pesen tiketnya Om :D

    BalasHapus
  4. mungkin sampai hari H tiketnya lom terjual semua, jadi dimurahin :D

    BalasHapus
  5. kalau di INA mah...operator hp suka sekali ubah2 pola tarifnya...

    terkesan menjebak gitu...

    jadinya saya malas gunakan jasa operator telepon dan selular...

    pakai saat mapet saja

    BalasHapus
  6. Sampeyan ndak jelek, Mas. Cuman memang tampang sampeyan agak kurang cakep.. *kaborr..*

    Semenjak saya tinggal di Surabaya, saya rajin melototin fluktuasi harga tiket Surabaya-Bandung. Percayalah kalo fluktuasinya bisa naik-turun tajam bak harga saham di kurva Bloomberg. Tapi memang betul, maskapai sering naikin harga di jauh-jauh hari, tapi kalo sudah mepet, justru tarifnya dibikin murah.

    Tapi nggak selalu juga, Mas. Long weekend lalu saya ke Bali, tetep aja kalo udah mepet tarifnya dibikin mahal.
    Akhirnya, saya cuman bisa sembahyang yang rajin, berdoa semoga dapet tiket yang masih terjangkau..

    BalasHapus
  7. lion air emang gitu, kalo jauh hari kadang dimahalin.. tapi kalo pas hari H kursinya masih banyak yang kosong trus diobral..

    soalnya pengalamaan siih.. ahahaha...

    PS : maaf baru mampir, baru bisa koneksi internet mulus sekarang :P

    BalasHapus
  8. Jadi penasaran nih... apakah asumsi orang tentang tampang mas Rawins sudah berubah juga ya..? :p

    Maaf yang dibahas bukan tiket murah tapi soal tampang... hehehe #puas

    BalasHapus
  9. Mas, kalau akhir juni nanti harga tiket murah, apakah mau mudik ke yogya? soalnya aku ada rencana ke yogya pada akhir juni nanti.

    BalasHapus
  10. naik evo turbo malah lebih mahal raw :(
    jakarta-semarang PP ada tuh dua jentrong.. gilee..

    BalasHapus
  11. hehehe iya dulu waktu blum punya hp kalo nelpon tengah malem biar murah :p

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena