08 Agustus 2011

Ibu Dapur

Masuk bulan puasa seperti ini, yang super sibuk adalah ibu-ibu dapur. Boleh dibilang mereka harus kerja 24 jam karena ketambahan masak buat sahur, sementara masak untuk pagi dan siang bagi yang ga puasa jalan terus. Di hari-hari biasa pun mereka baru bisa istirahat setelah beres-beres makan malam dan mulai sibuk lagi menjelang subuh menyiapkan sarapan. Itu kalo tidak ada karyawan yang rewel dan suka teriak-teriak bikin ini bikin itu sampai tengah malam.

Mereka semakin repot karena ada segelintir karyawan yang merasa punya jabatan dan menginginkan sesuatu yang ekslusif. Menu dibedakan dan makan pun diantar ke kamar. Alasan ruang makan sempit dan agak kumuh mungkin sebuah alasan yang bisa diterima. Namun masalah itu tak juga diatasi, itu yang membuatku susah untuk mengerti. Padahal dengan kekuasaan yang dimiliki, mereka bisa bikin apa saja. Perbaiki fasilitasnya sesuai standar dia apa salahnya. Jangan malah ngungsi ke kamar tiap makan.

Ibu dapur yang tugas sebenarnya hanya urus makan itu pun seringkali direcoki dengan kerjaan lain seperti nyuci baju karyawan. Payahnya banyak karyawan yang ga tahu diri. Awalnya mesin cuci dekat dapur disediakan untuk karyawan yang mau nyuci baju sendiri alias tidak ke laundry. Karena aku tiap habis ke kota suka bawain jajan buat ibu-ibu dapur, tiap bulanpun aku berusaha berbagi dengan mereka barang 200 apa 300 ribu buat rame-rame, mereka melarang aku nyuci sendiri. Melihat aku dan beberapa teman yang suka berbagi, cuciannya dicucikan, lama-lama yang lain ga mau nyuci sendiri. Pakaian kotor main taruh saja diatas mesin cuci.

Mungkin ribet dengan dapur yang jadi penuh pakaian kotor, mereka mengalah nyuciin walau kelihatan ala kadarnya. Sudah begitupun, teman-teman masih banyak yang ga nyadar juga. Melihat pakaianku selalu disetrika, tega-teganya komplen ke ibu dapur, kenapa pakaian mereka hanya dilipat doang. Kadang aku ingetin temen untuk ngasih sedikit uang lelah, malah ada yang mencemooh. Katanya mereka kan sudah digaji, ngapain dikasih lagi..?

Dari semua kerepotan ibu dapur, jadi muncul pertanyaan yang mungkin sedikit rasialis. Kenapa orang-orang semacam itu, yang punya jabatan, yang gajinya gede, malah jarang yang mau berbagi dengan mereka. Aku yang gajinya pas-pasan juga ga pernah merasa kecopetan, kasih sekedar uang lelah ke mereka. Karena aku ngerti, kelebihan waktu kerja mereka ga bakal dibayar lembur. Kenapa harus kebanyakan nuntut, seperti ga bisa ngotak kalo manusia butuh waktu untuk istirahat. Manusiawi sedikit apa susahnya sih. Ga mungkin orang kerja all out bila gajinya all in mepet UMR.

Mungkin benar kata pepatah, No gain without pain.
Artinya kira-kira, ga dapat duit kalo ga sakit.
Emang kuda lumping..?

Dah ah...
Siang-siang misuh-misuh...


12 comments:

  1. Karena orang2 yg duitnya banyak tersebut, ga pernah merasakan yg namanya susah. Jadi mereka ga tau kalo kerja di dapur tuh tidaklah mudah...

    BalasHapus
  2. betul mas emang kuda lumping,makan beling,lucu kata-katanya hahaha,jadi ngakak bacanya,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  3. lho, cak....??
    masih kerja di kalimantan itu, tho....??

    BalasHapus
  4. Yah...begitulah kronik kekuasaan.
    Selalu menuntut lebih dr org lain tanpa mau berkorban.
    Semoga mas ndak bgt klo jd pejabat.Yah...begitulah kronik kekuasaan.
    Selalu menuntut lebih dr org lain tanpa mau berkorban.
    Semoga mas ndak bgt klo jd pejabat.

    BalasHapus
  5. puasa puasa lagi.... hahahaha... cepet amat postingnya, tiap tahun dibikin diary versi beta ya...

    BalasHapus
  6. pahlawan om Rawins neh critanya...salut sama beliau, saya yang hidup enak gini aja sudah ngeluh2 kalau capek sedikit >.<
    semoga temen2nya om sadar, kasian juga kalau nggak ada waktu istirahat beliau om...

    BalasHapus
  7. Nggak tau diri itu, mah...

    Udah ah, siang-siang bikin emosi..

    BalasHapus
  8. biar warna-warni kali ni dunia
    ada org baik ada yg kurang baik, ada yg tau diri ada yg nda tau diri
    dari yg baik dan buruk itu masing2 bisa buat pembelajaran
    (aiihhh...ngomong apa sich gue #tepok jidat)

    BalasHapus
  9. loh aku ketinggalan postingan ini nih :)
    dibulan puasa jatah tidur berkurang ya

    BalasHapus
  10. kasihan juga tuh ibu dapurnya... kerjaannya dobel2 kayak gitu.

    BalasHapus
  11. Saran untuk ibu dapur : Karyawan yang rewel macem-macem dan nggak pengertian mending di cincang di bikin Gule wae. Mayan buat menu buka puasa.
    ---------------------
    Adegan Berbahaya. Hanya dilakukan oleh orang yang terlatih dan profesional. Don't Tray at home

    BalasHapus
  12. orang kaya seharusnya bisa kasih tips lebih banyak dong - jangan pelit :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena