30 Agustus 2011

Rutinitas Lebaran

Rutinitas saat lebaran yang sebenarnya tidak perlu, selain mudik adalah acara indonesia mencari zakat. Dimana orang-orang tak lagi malu mengakui dirinya menjadi kafir miskin dan berbondong-bondong menjadi korban hanya untuk sedekah yang nilainya tak seberapa. Setiap tahun korban selalu berjatuhan, tapi tetap saja acara pamer kekayaan melalui budaya sok sedekah terus saja diadakan. Padahal jaman sd dulu, pak guru agama pernah bilang, "kalo kamu jadi orang mampu untuk beramal, maka antarkanlah sedekahmu kepada orang yang membutuhkan..."

Dengan kalimat yang entah dalilnya darimana, minimal aku bisa mengerti bahwa perbuatan amal yang orang kurang mampu harus nyamperin, apalagi sampai jatuh korban adalah sebuah penganiayaan berencana. Lebih-lebih ketika ngantri, banyak yang sambil ngemil atau klepas-klepus merokok padahal syawal belum tiba, entah dalil apalagi yang harus dijadikan dasar.

Rutinitas berjamaah lainnya yang juga diamini negara adalah penentuan awal bulan syawal. Sudah jelas dasar pertimbangannya berbeda untuk masing-masing madzab, masih saja ada yang meributkan. Mbok sudahlah, semua diserahkan ke keyakinan masing-masing tanpa harus saling menyalahkan. Ini malah yang merasa pinter jadi ikut minterin katanya sebagai penghangat suasana.

Kalo dulu cuma ada dua metode, yaitu hisab dan rukyat. Kemarin mengemuka jadi tiga bagian. Ada yang tetap berpegang pada hitungan, ada yang harus lihat bulan dengan mata telanjang dan ada yang boleh lihat bulan pakai teleskop.

Asal tidak bikin benjol, ngapain sih saling menyalahkan. Yang pakai hisab ya biarkan saja, toh yang selama ini ngotot pakai rukyat, saat membuat jadwal shalat juga pakai itungan, bukan selalu melihat matahari setiap mau shalat. Yang mau lihat hilal, ya sah-sah saja orang katanya jaman dulu pun begitu caranya. Mau pakai teleskop apa webcam ya monggo. Tak bisa disalahkan dengan alasan dulu tidak dipake. Siapa yang menjamin kalo dulu alat-alat dah canggih, rekaman streaming jaman rasululloh masih bisa kita tonton sekarang.

Kalo yang diniatkan sebagai ajang silaturahmi saja selalu menimbulkan masalah sosial begini, kayaknya perlu diadakan amandemen bahwa lebaran di atas dunia harus dihapuskan karena realisasinya tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Nyatanya saat ga lebaran aku bisa pulang kampung lebih nyaman dan bebas macet. Katanya segala sesuatu harus diukur manfaat dan mudharatnya. Kalo memang manfaatnya minimal, kenapa harus maksain..?

Yang jelas...
Bila biasanya hapeku penuh sms berantai minta maaf, selepas shalat ied pagi ini hapeku juga kemasukan banyak sms misuh-misuh karena aku lebaran duluan. Yang agak mengenaskan bunyinya begini :

Wis nyembeleh basur sepiyike koh lebarane ora sida...
Translit : sudah motong entok seanak-anaknya kok lebarannya ga jadi...

Ada satu lagi yang lebih keren :
arep bener arep luput, arep dosa arep ora aja aku, aku manut pemrentah dg penuh kekecewaan, berkaitan tgs mulia yg hrs di emban, angger ora nyanggupi dd khotib ng golongan campuran tah aq ge ws nglethak ndas grameh kang.. wkkk

Translit sendiri deh...
Dah pegel ngetik di hape...

Mobile Post via XPeria

5 comments:

  1. Basure di formalin kang... Ben iso dinggo sesuk rebo

    BalasHapus
  2. akhirnya bisa komen lg disini meskipun lewat hp. maaf lahir batin yaakhirnya bisa komen lg disini meskipun lewat hp. maaf lahir batin ya

    BalasHapus
  3. Om, met lebaran ya. Mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  4. Kedoknya mau cari sekedah, tapi sebenarnya mau cari nama
    Kedoknya sih komen di blog sahabat, tapi sebenarnya hanya nyari follower, hhaha

    BalasHapus
  5. Wah... padahal aku pengen tahu terjemahan SMS yg bawah itu... :(

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena