17 Agustus 2011

Memindahkan Sakit

Hari perayaan kemerdekaan, aku juga merdeka dari penjajahan perusahaan. Hari ini aku cuma nongol ke lapangan sebentar lalu kembali ke mess dan bobo manis. Dibilang tidak nasionalis, emang dah dari dulu aku begitu. Yang jelas dari hari kemarin, badan terasa ga enak. Mulai terasa pas buka puasa rasanya gaenak sama sekali. Aku pikir cuma kecapean pulang dari pelabuhan yang biasanya ga berlangsung lama. Eh, waktu sahur aku masih susah makan juga. Badan meriyang dan tenggorokan sakit. Baru paginya aku rada ngeh ketika ibue cerita katanya Citra badannya panas.

Mungkin ini berbau mitos. Tapi memang sering kejadian dimana saat Citra sakit, aku ikut sakit juga secara otomatis. Lebih jauh lagi waktu Citra masih dalam kandungan, ibue ga pake acara nyidam, malah aku yang suka aneh-aneh. Orang tua bilang sih karena weton atau hari lahirnya sama, makanya ikatan batinnya jadi lebih kuat. Benar apa engga secara ilmiah, aku ga berani ambil kesimpulan.

Kalo menurut cerita orang-orang tua di kampung, kejadian sakit bisa nyambung ke orang lain, merupakan sisa-sisa ilmu gaib yang dikuasai dukun beranak jaman dulu. Ilmu memindahkan rasa sakit itu berkembang karena memang sistem anestesi belum ada. Ketika seorang ibu mau melahirkan, si dukun akan meminta kesediaan bapak si bayi untuk ikut berbagi kesakitan.

Kalo digambarkan dengan cara modern, mungkin seperti kita mengatur tombol volume radio. Bila bapak jabang bayi masih mampu menahan, volumenya ditambah lagi, ditambah lagi sampai batas kemampuan dia. Pentingnya kadar rasa sakit si ibu tidak maksimal dirasakan sendiri. Orang waktu bikin juga harus berbagi sakit, masa setelah jadi anak engga mau.

Sayang ilmu ini kemudian dilarang karena dianggap bisa membuka aib keluarga. Sisa-sisa kegaibannya ilmu itulah yang kadang masih gentayangan mencari korban. Awal mula pelarangan ilmu ini terjadi, ketika ada istri penguasa yang mau melahirkan. Seperti biasa si dukun bayi akan bertanya ke ndoro suami sebanyak apa berbagi rasa sakitnya. Tombol sakit diputar sedikit-sedikit. Namun ternyata si suami enjoy aja dan terus minta ditambah sampai batas maksimal. Sebuah keajaiban terjadi, dimana bapak dan ibu bayi tidak ada yang merasakan sakit.

Si penguasa itu pun keluar ruang bersalin dan pamer kehebatannya menahan rasa sakit sampai batas maksimal. Sampai kemudian dia temukan seorang pengawal keputren yang sedang kelojotan di kebun, sambil memegangi perutnya yang mendadak sakit luar biasa...

Begitulah kira-kira...
Serius amat sih..?

12 comments:

  1. mungkin juga cuma kebetulan, atau semacam insting dari orang tua terhadap anaknya.
    cuman pakde kagak bisa bayangin jika si anak sakit perut sedang si orang tua lagi meeting, apa jadinya?

    BalasHapus
  2. mampir mas...
    sebagian orang berpendapat adanya ikatan batin yang kuat antara seorang anak dan orang tua akan menghadirkan suatu kesamaan atas apa yang sedang dirasakan, mungkin ini yang sedang terjadi mas..namun saya tidak bisa menyimpulkan berdasarkan sudut pandang saya sendiri.

    BalasHapus
  3. hahaha... bener2 membuka aib tuh ilmu, bisa ngajari ngga mas ntar buka praktek pasti laris... :D

    BalasHapus
  4. "Orang waktu bikin juga harus berbagi sakit, masa setelah jadi anak engga mau" <-- yg ini serius..menjurus..hahaha

    BalasHapus
  5. masa sih memindahkan rasa sakit istri yang sedang melahirkan. yakin kuat? :)

    BalasHapus
  6. sakit juga to dab, waah.. kirain kalo dah dipedalaman udah jarang sakit. *plaak..
    moga cepet sembuh aja deh, mending sempet nongol ke lapangan buat nengokin, kalo saya mana ada tuh upacara2 an.. lah wong perusahaane wong jepang.

    ps : baru tau kalo bikin anak tuh sakit..

    BalasHapus
  7. serem kedengarannya,,
    tapi baru dengar aq,, ada istilah begini,,,

    BalasHapus
  8. okeeee, sebagai pemerhati hipnoterapi dan kadang kesambet energi negatif nyasar dari blogger yang dikenal baik menyatakan bahwa dengan hipnoterapi rasa sakit saat melahirkan bisa dikurangi... supaya tidak ada korban lagi pemindahan rasa sakit ke orang lain...

    BalasHapus
  9. hihihi...ini cerita layak difilmkan

    BalasHapus
  10. orang tua memang pikiran suka kolot, masa tanggal lahir sama, ikatan batin jadi lebih kuat, ga ilmiah banget

    BalasHapus
  11. masih ada ya ilmu gaib jaman modern hehe :D

    BalasHapus
  12. ngakak lah kang.....
    Hahahahahangakak lah kang.....
    Hahahahaha

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena