18 Desember 2011

Mabok Buah

Ini beneran kisah sedih di hari minggu buatku. Dimulai dari kelaparan, dilanjut sakit perut lalu mabok berat. Gara-garanya sih ikutan survai bakal lokasi site yang baru. Biasanya aku cukup minta koordinatnya lalu dihitung jarak udara dan kontur medannya untuk menentukan ketinggian tower yang akan aku pasang. Bete beberapa hari dihajar gangguan, aku pikir tak ada salahnya ikut ngeluyur ke hutan. Mumpung ga hujan walau cuaca agak mendung.

Lumayan pegel setengah hari berjalan menerobos hutan. Sialnya sebagian perbekalan lenyap entah ketinggalan entah diembat monyet usil. Alhasil pasukan jadi kelaparan dan memutuskan untuk kembali ke kampung terdekat cari makanan. Itang-itung sebentar di peta dan GPS, diputuskan jalur tersingkat yang akan ditempuh.

Sambil menebas-nebaskan parang membuka jalan, pasukan kecil bergerak perlahan. Dasar nasib baik belum berpihak, medan yang harus ditempuh ga sesuai bayangan. Pengennya bikin lintasan terpendek, yang ditemukan malah medan berair sampai setinggi pinggang. Kalo cuma lintah sih ga terlalu masalah. Aku takutnya ngusik biawak yang lagi bobo manis. Bisa berabe kalo sampe digigit apalagi kotak P3K ga ada yang bawa.

Nasib baik baru nyamperin ketika sampai di pinggir sungai. Banyak pohon buah-buahan disitu. Duren, langsat, manggis dan beberapa yang ga aku kenal sedang berbuah lebat. Agak ragu juga sebenarnya mengingat bentuk buah-buahan hutan sedikit berbeda dengan yang biasa aku lihat di kota. Seperti duren duri-durinya lebih panjang. Ada lagi yang berwarna kemerahan durinya agak lemes seperti rambutan tapi gedenya seperti duren.

Tapi namanya orang kelaparan, mana mau berpikir panjang. Karena aku ga doyan duren, aku embat saja yang seperti duku tapi bentuknya lebih gede. Lumayan enak manis-manis asem. Tapi baru makan beberapa tangkai perut mendadak mules. Untung dekat sungai sehingga ga kesulitan aku buang isi perut yang lagi ngamuk itu.

Abis nguras perut, ganti aku embat manggis yang warnanya sama kaya manggis umumnya cuma bentuknya lebih kecil. Cobain dikit ga bermasalah, aku sikat habis beberapa tangkai.

Setelah rada bertenaga lagi, pasukan jalan lagi sampai kampung terdekat. Begitu masuk warung, langsung deh segala dipesen karena aku tuh Jawa banget. Makan ketupat segede bantal tapi belum kemasukan nasi, tetap saja berasa belum makan. Apalagi cuma makan buah.

Masalah baru muncul saat aku pesan teh manis anget. Tak lama setelah minum, kepala mendadak berat seperti orang mabok. Yang punya warung sampe bingung. Baru ketahuan masalahnya ketika kantong plastik berisi buah habis ngembat di hutan kelihatan oleh beliau. Ternyata manggis hutan yang aku makan tadi ga boleh langsung ketemu gula. Efeknya bikin mabuk katanya...

Minta ampun dah...
Nyolong di hutan saja bikin karma ga baik
Emang bener lain ladang lain ikannya
Kalo ada buah-buahan di ladang
Mari kita nyolong lagi...


25 comments:

  1. makane..bagi..bagi..om..kirim nang jogja...dunk..he.he.he....

    BalasHapus
  2. Hahaha, asik dong om bisa mabok pake buah~

    BalasHapus
  3. biasanya buah itu menyehatkan ini malah memabukkan ya :)

    BalasHapus
  4. Asyik nieh KAng,berpetualangan di hutan,bagi dunk buah-buahannya.Awas nyasar Kang,nanti dibawa mahluk halus,hihi.
    Nice post,thanks for sharing.

    BalasHapus
  5. nyolong di hutan saja bikin mabok apalagi nyolong di kebun orang :D

    BalasHapus
  6. makanya klo mau metik buah di hutan permisi dulu sama yang punya hutan nya heeeheeeeheee...

    BalasHapus
  7. kayak lagunya Koes Plus ajaa

    BalasHapus
  8. Habis makan duren juga ga boleh minum kopi, kata orang di dekat hutan :).

    Itu jalan kaki ya mas Rawin??? kaya petualang aja hikz

    BalasHapus
  9. berarti tuh buah yang diambil kagak direstui sama pemiliknya mas,hehehe
    aku belum pernah mabuk buah,soalnya yang aku pernah alami cuma mabuk kerang doank ( gubrak )

    BalasHapus
  10. pantunnya keren amat, hahaha...

    BalasHapus
  11. Jangan makan berlebihan itu judulnya :p

    buahnya menggoda sekali rawins...pasti seger ya :)

    BalasHapus
  12. ngebayangin jalan2 dihutan, nebas2 pohon kecil buat cari jalan, kayaknya asyik dan penuh tantangan ya mas... apalagi saat mata melihat aneka buah bergantungan di pohonnya, pasti excited banget yaaa
    tp ya gitu deh.... ternyata mencuri dimanapun ga boleh ya mas? hehehehe...
    lagian.. manggis manapun ga boleh ketemu gula langsung lho....

    tapi sekarang udah sehat kembalikan ya?

    BalasHapus
  13. mauuuu ah om rawins gak bagi bagi ah gitu ah :D :p

    BalasHapus
  14. Wah jadi pengen ikutan ke sana mas, kayaknya suasana hutan disana masih asri. Tapi bukan mau ikutan mabuk buah lho, he he

    BalasHapus
  15. aku kemarin dikasih salak temenku tapi gak habis deh mas
    habis aku gak dikupasin sih wakikik :P

    BalasHapus
  16. wah itu buah2an soo pasti gak ada pemiliknya ya mas,,

    BalasHapus
  17. salam kenal....
    kayaknya enak..boleh tau nama buah nya apa? mari mampir kegubuk saya..

    BalasHapus
  18. huwkakakakak... mas mas.. kok apes to mas... waaah seneng maem yo pantesan awake manteb kuwi.. huahahaha... sawangane ancen enak ya kuwi buah2e..

    BalasHapus
  19. wah mas rawins keracunan buah manggis hutan tho,,
    lain kali bagi-bagi aku ya :D

    BalasHapus
  20. bisa saya bayangin gimana melelahkannya menelusuri hutan. jadi inget pdpa pas sma, buah di kebun orang juga diembat.

    BalasHapus
  21. wah sebelum makan harusnya doa dulu...
    :P

    BalasHapus
  22. kalau kena gula bikin mabok?
    wah bisnis yang bagus nih, ayo sebelum keduluan bir bintang

    BalasHapus
  23. Itu buah apa sih Kang..?
    kalau aku lebih milih durian aja deh, lebih mak nyus.. :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena