06 Desember 2011

Salah Siapa

Si bos kasih instruksi aku pasang hotspot  di bakal pelabuhan tongkang baru biar awak tug boat bisa internetan dengan leluasa tanpa harus turun ke kantor. Sialnya beberapa hari diguyur hujan, tanah urugan menuju lokasi jadi super lembek. Mobil 4WD juga ga bakalan sanggup menuju kesana. Minta tolong operator alat berat ngantar malah ditunjukin excavator yang nyungsep terbenam lumpur tinggal kelihatan garukannya doang ngacung. Mau ga mau aku harus jalan kaki melihat lokasi dan mencatat koordinat untuk pemasangan towernya.

Dasar nasib lagi buruk, baru kelar ukur-ukur hujan turun lagi dengan lebatnya. Inget bekal kancut cuma tinggal yang dipake doang, langsung pontang-panting cari tempat berteduh. Alhamdulillah masih ada satu dua pohon yang belum digusur dan ada sinyal hape untuk teriak manggil sopir. Payahnya dikasih hujan begitu sopir ga berani mendekat dan nyuruh aku nyamperin ke tempat dia parkir di dekat rumah yang ada pohon asam besarnya.

Busettt
Jauh amat ke pohon asam besar dekat anak sungai
Aku bego-begoin masa ga berani lebih dekat lagi, dia tetep keukeuh ga mau ambil resiko nyungsep di kubangan. Sambil misuh-misuh aku nyebrang lautan lumpur menuju ujung perkampungan. Ada mungkin dua kilo berjalan terseok-seok sampai ke pohon asem dan jebul mobilnya ga ada. Lebih misuh-misuh lagi setelah aku telpon ulang, ternyata posisi dia cuma 500 meteran dari tempat aku nelpon pertama tadi. Dikomplen malah ngeyel dia, "bapak ga denger saya bilang pohon asam yang paling besar. Ngapain jauh-jauh ke pinggir sungai..?"

Sempat rame agak lama sampai akhirnya aku mudeng kalo dalam bahasa sini, yang dimaksud pohon asam adalah pohon mangga. Bilang dong dari tadi, manggaaa...

Hidup di daerah yang berbeda budaya memang sering bikin aku masuk jebakan betmen ga nyambung. Tak pernah jelas siapa yang salah dalam kasus-kasus semacam ini. Yang jelas budaya sabar dan besar hati harus jadi yang utama agar tidak sampai bonyok ditabokin orang.

Jangankan di Kalimantan. Awal datang ke Jogja yang sama-sama berbahasa Jawa saja aku pernah salah tingkah. Dalam kondisi dehidrasi berat aku masuk bangunan eksotik yang aku kira warung. Aku tanya ada jus mangga, es jeruk, kelapa muda dan semua yang seger-seger tidak satupun tersedia.

"Kalo mau air putih sih ada mas..."
"Pak, niat buka warung engga sih..?"
"Kok warung, mas. Ini rumah penduduk..."


Halah gedumbreng...
Mana aku tahu itu rumah penduduk
Wong didepannya ada papan bertuliskan "RM Karto Suwiryo.."
Tulis yang lengkap dong, Raden Mas Katrosontoloyo misalnya...

22 comments:

  1. RM itu rumah makan ya. Kalo RA Rumah... mikir kelamaan #plaaaak

    BalasHapus
  2. owalah ternyata pohon asam itu pohon mangga. jadi tau.

    BalasHapus
  3. wkwkwkwkw .... hati-hati sob makanya RM itu apa ya ..???

    BalasHapus
  4. Terima kasih telah berbagi ceritanya sobat

    BalasHapus
  5. hahaha, kok bisa nyasar ke rumah warga sih,nyangka itu warung pula. aku pernah tuh di jogja minta teh tawar, orangnya gak ngerti akhirnya aku bilang teh pahit,ya ampun ternyata beneran dikasih teh pahiiiiiit

    BalasHapus
  6. kuharap bukan salahku
    karna aku baru datang padamu

    hehehe :)

    BalasHapus
  7. Pena hadir dan absen pagi sob..memang terkadang tiap daerah mempunyai bahasa yang berbeda ya sob

    BalasHapus
  8. hahaha.. pede bgt sih masuk rumah org, tau2 minta jus mangga.. hihi

    BalasHapus
  9. Kunjungan silaturahmi pagi sahabat di sini

    BalasHapus
  10. hahahaa.
    seperti biasa postingan mu bikin ketawa.
    itu RM Karto Suwiryo, kalau saya juga pasti ngira rumah makan.

    #padahal wong solo :D

    BalasHapus
  11. itu mah yang buka warung,kagak niat mas jualan'a alias cuma iseng2 doank buat mengisi waktu luang,hehe

    BalasHapus
  12. hahahahaha..... jan jan jan lucu-lucu, emang kalo beda daerah meski cuman jarak beberapa jam saja banyak yang beda, contoh saja kalau kelaperan orang madiun biasa bilang 'luwe' tapi kalau udah di jogja gak bakalan ngerti tu orang-orang sana, ngertinya 'ngeleh', ngeleh? ngeleh mejo opo ngeleh kursi? hihihi....

    BalasHapus
  13. oalah.. si Om, memalukan -_____-"

    BalasHapus
  14. he he he.... enak sekali tulisan ini dibaca, ringan tapi menyentuh, karena berdasarkan pengalaman sendiri. Bagus mas tulisannya.

    Salam Kenal aja

    BalasHapus
  15. Hahaha..parah2, kalo kesini selalu bawaannya ngakak terus :))
    Ya ampun, bisa salah kaprah gitu.
    Mesti hati2 ya, jangan sampai kena jebakan batman lagi gara2 keanekaragaman bahasa di Indonesia :D

    BalasHapus
  16. harus ekstra sabar dan besar hati gan..

    BalasHapus
  17. RM mungkin raden mas mas....
    :P

    salah sapa ya..??

    BalasHapus
  18. di rumahku juga ada air putih :p

    BalasHapus
  19. HUAHAHHAAAA....

    RM dikira rumah makan yaaa....

    HAHAHHAA
    kasihan si tuan rumah

    BalasHapus
  20. Dasar gokilllll...! Emangnya tuh tulisan RM Karto Suwiryo ditulis segedhe gambreng apa? Ada2 aja... hahaha

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena