03 Februari 2010

Bisnis di Internet Itu Susah

Ketika aku mulai mempersiapkan blog bisnis, teman di kantor mulai bertanya-tanya dan sepertinya berminat. Kemudian aku ceritakan beberapa tahun lalu ketika aku masih menggeluti bidang itu di Jakarta, ada beberapa teman yang juga tertarik. Tapi semuanya gagal total. Malah yang sampai mencaci maki aku sebagai penipu, padahal aku tak pernah mengajak dan dia sendiri yang mengatakan ingin mencoba.



Bisnis di internet sama banyaknya dengan di dunia nyata. Dari yang bener halalan toyibah sampai yang kacaw balaw bertebaran di sana. Silakan dilihat, begitu banyak iklan atau blog promo yang menawarkan itu. Bahkan banyak sekali yang teramat bombastis dengan memajang huruf besar besar, cukup setengah jam sehari, dapat duit jutaan perbulan. Pakai majang gambar transaksi rekening bank segala. Halah...


Walau untuk sebagian pebisnis internet itu adalah benar, tapi aku tak pernah tertarik. Buatku kerja di internet sama dengan di dunia nyata, perlu kerja keras dan ketelatenan agar berhasil maksimal dan tanpa melakukan kecurangan. Untuk itu, pilihan ada di tangan masing-masing orang. Dan aku bukanlah seorang guru internet marketing, sehingga aku hanya bisa cerita tentang pengalamanku saja. Bila berbeda dengan apa yang dialami orang lain, itu sebuah kewajaran.

Bisnis yang pernah aku lakukan pada dasarnya ada tiga macam. Yang pertama aku jualan produkku sendiri yaitu busana muslim. Aku pajang produk di blog dan aku tangani semua proses dari pemesanan sampai pengiriman. Interaksi dengan pembeli aku lakukan melalui email, YM, sms atau telpon. Dan pembayaran melalui transfer bank.

Yang kedua aku menjadi afiliasi toko online yang sudah ada. Gampangnya aku memajang produk orang di blogku dan ketika laku aku dapat komisi. Tapi proses pembelian, pembayaran dan pengiriman bukan urusanku lagi dan sudah ditangani oleh perusahaan yang bersangkutan. Untuk yang ini kita tak boleh gegabah, karena banyak teman yang asal ikut dan ketika tiba masanya pembayaran komisi semuanya kacau dan uangnya entah kemana. Afiliasi yang aku ikuti dulu adalah Amazon.com dan Yahoo Shopping.

Yang ketiga mungkin paling sederhana, yaitu ikutan program pay per click. Kita pasang iklan dari provider PPC. Bila ada pengunjung yang mengklik iklan di blog kita, kita akan menerima pembayaran. Ada banyak provider PPC lokal seperti kumpulblogger, ppcindo, kliksaya, dsb. Tapi aku lebih suka mengikuti PPCnya Google Adsense. Tidak rumit tapi pendapatannya juga ga begitu besar. Kecuali blog kita sudah memiliki pengunjung ribuan perhari mungkin bisa besar penghasilannya.

Sebelum aku jelaskan yang lebih jauh tentang ketiga pengalamanku itu, aku perlu tekankan kepada mereka yang mau mencoba. Apakah kira-kira akan telaten dan pantang menyerah..? Itu saja...

Kegiatan ini tidak segampang yang kita bayangkan. Karena kuncinya adalah kita harus mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin. Untuk menarik pengunjung ada banyak trik yang tutorialnya bisa dicari di internet secara gratis. Dan yang paling penting adalah fokus fokus dan fokus. Untuk itu, carilah tema blog yang spesifik sesuai tujuan kita nantinya. Bila kita memang berniat jualan obat gudig misalnya. Buat blog dulu yang isinya berkaitan dengan penyakit itu. Setiap hari harus posting minimal satu kali agar blog kelihatan selalu terupdate. Ini lebih baik daripada sekali posting 10 artikel tapi besoknya libur seminggu. Blog yang terurus akan lebih disukai pengunjung karena setiap mereka datang selalu ada bacaan baru.

Aku dulu membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mencapai 100 pengunjung perhari perblog. Dan komisi adsense pertama baru aku dapatkan sudah lewat bulan keenam. Dan butuh waktu sampai setahun untuk bisa mendapat penghasilan USD300 perbulan dari 10 buah blogku. Hitung sendiri berapa artikel yang dibutuhkan untuk semua itu. Sanggupkah untuk tetap sabar dan telaten..?

Selain yang jual produk sendiri, untuk dapat meraih banyak penghasilan, memang butuh banyak blog. Tapi dalam mengerjakannya kita harus fokus. Bikin satu saja dulu sampai ramai dikunjungi orang, baru membuat yang lain. Aku melihat pengalaman temanku yang kecewa dulu. Dia begitu semangat membuat banyak blog sehingga keteteran dan ga fokus pada isi blognya. Pada akhirnya semua jeblok dan tidak banyak pengunjungnya. Akhirnya karena gatel ga dapat dapat duit, dia mulai berbuat curang. Iklan di blognya dia klik sendiri. Malah ada yang curang dengan membuat kelompok arisan klik iklan. Padahal Google juga memperhitungkan rasio antara pengunjung dan jumlah klik. Bila jumlah kliknya diatas 10% dari jumlah pengunjung, mereka akan curiga. Dan bila ketahuan ada kecurangan, account kita bakalan di banned.

Jadi sebelum aku bahas detil dari masing-masing poin itu. Silakan pikirkan dulu tentang persiapan mental kita sebelum memutuskan untuk terjun disini. Tak perlu langsung beli domain atau hosting. Belajar saja menggunakan hosting gratisan macam di blogspot. Nanti kalo sudah yakin betul, silakan kucurkan modal sebanyak-banyaknya.

Jadi yang penting, tentukan dulu tema blognya. Usahakan sesuai hobi agar ketika belum menghasilkan kita tidak jenuh karena memang menyukai bidang itu. Kecuali yang punya produk sendiri, sesuaikan dengan produk itu. Dan yang tak kalah penting, kalo berniat mengambil bisnis di afiliasi atau adsense, usahakan blognya berbahasa Inggris. Karena pengunjung Indonesia itu paling males kalo disuruh ngeklik iklan. 10 blogku dulu 5 berbahasa Inggris. Yang rame hanya 3 buah, yang dua jeblok. Yang bahasa Indonesia yang rame cuma 2 buah, tapi sebulan paling cuma dapat 1 klik. Menyedihkan...

Pikir panjang dulu ya...
Tidak ada penghasilan instan. Jangan tergiur rayuan duit banyak dalam waktu singkat. Pokoknya pantang menyerah apabila sudah memutuskan untuk terjun.

Refrensi lain mungkin bisa baca-baca tulisan lama disini...


7 comments:

  1. aku mulai ngeblog 6 bulan...
    dan sampai sekarang belom menghasilkan apa2...

    BalasHapus
  2. kontennya kali kurang spesifik. kalo blog ini sampai kapanpun susah dipakai cari duit. isinya cuma celoteh ga mutu...

    BalasHapus
  3. Blog bisa dijadiin lahan bisnis kalau kontennya terfokus sama 1 topik dan rutinitas postingannya sempurna. Aku taunya dari topik bahasan di Metro TV beberapa waktu lalu.

    BalasHapus
  4. Kok jadi tertarik bisnis internet..? Mulai berminat terjun yah..?

    BalasHapus
  5. Dari dulu aku emang dah tertarik kok, cuma bingung aja harus mulai dari mana..

    BalasHapus
  6. Dicoba aja minatnya di bidang apa..? Kalo biasa jualan coba aja buka toko online atau ikut afiliasi.

    BalasHapus
  7. Iya, lagi survei minat.. :p

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena