03 Februari 2010

Yang Mau Nyumbang Fiksi Ayooo..

Menyambung obrolan sebelumnya tentang pengarsipan karya fiksi dari teman-teman, sudah aku siapkan sebuah blog yang hostingnya aku titipkan di blogspot. Untuk domain, sambil menunggu dana, aku titipkan dulu di domain baruku dengan alamat fiksiku.rawins.net



Blog ini karena sifatnya sekedar pengumpulan arsip karya fiksi, jadi teman-teman silakan untuk tetap posting cerpen atau puisinya di blog masing-masing dan salinannya silakan di post ke blog fiksiku. Untuk yang belum akrab dengan blogger atau blogspot, step by stepnya akan aku jelaskan.

Untuk bisa berkontribusi silakan kirimkan alamat email melalui PM, email, SMS, surat atau wesel. Nanti akan aku invite sebagai konfirmasi kesediaan untuk ikut menulis di blog tersebut. Sebaiknya gunakan email gmail agar mudah ketika mengakses blogger. Yang belum memiliki account gmail, silakan daftar dulu disini ya... Ga lama kok.


Setelah menerima email invite dan mengkonfirm, silakan masuk ke alamat blogger.com

Masukan username dan password account gmailnya. Misalnya alamatnya kisut@gmail.com cukup masukan kisut saja di kolom username.

Setelah masuk ke dasboard, klik Entri Baru untuk posting baru. Atau klik Edit Entri untuk mengedit tulisan lama.

Setelah masuk editor, mungkin tidak begitu asing dengan tombol-tombol yang ada. Silakan tulis fiksinya, kalo perlu tambahkan gambar atau yang lainnya. Setelah selesai silakan klik Terbitkan Entri untuk mempost. Setelah itu klik Lihat Blog untuk melihat tampilannya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blog terlihat tertib dan rapi.

1. Font. Agar rapi gunakan satu tipe font, Trebuchet dengan ukuran normal. Ini paling mudah dan nyaman dibaca walau mungkin kurang indah menurut sebagian dari kita. Sebaiknya indah disini dibatasi sebagai tulisan yang mudah dibaca, bukan yang artistik tapi susah bacanya.

2. Align. Gunakan selalu full justify atau perataan paragraf kanan kiri.

3. Antar paragraf, beri jarak satu spasi. Kecuali satu paragrafnya hanya satu baris, kayaknya gapapa deh ga pakai spasi.

4. Label atau tag. Pengisian label cukup dengan 2 tag saja, id pengarang dan jenis karangan. Tolong untuk pengisian bagian ini jangan berubah-ubah. Misalnya untuk cerpen karya gering, cukup diisi gering dan cerpen. Ketika gering post puisi, silakan diisi gering dan puisi. Jangan sekarang gering, besok jadi Santo. Jadi tag id penulis harus tetap. Untuk jenis tulisan bisa novel, cerpen, cerbung, puisi, dll dll tapi sebaiknya mengikuti yang sudah ada.

Penggunaan tag atau label secara tetap ini maksudnya untuk mempermudah navigasi blog agar pembaca mudah mencari sesuatu secara tersortir. Misalkan ketika mencari karya Bibi Rossy, cukup klik Rossy di kolom pengarang. Atau ketika mengklik label cerpen, semua cerpen yang ada akan muncul.

Dan sekedar saran. Untuk nambahin promo blog tersebut, setiap kali post di blog masing-masing di bagian bawah dikasih linknya. Terserah dikasih tulisan apa, misalnya : lihat ceritaku yang lain disini, atau diposting juga disini, bebas aja deh. Jadi mungkin post di blog fiksi dulu baru post di blog masing-masing dengan pemasangan link di bagian bawahnya. tapi ini sekedar saran, tidak pun tak apa-apa...

Mungkin hanya itu yang penting. Kalo ada masalah silakan saling urun rembug dengan yang lain. Atau ada masukan / usulan tentang teknis blog dsb silakan dikeluarkan, nanti kita pikirkan bersama.

Monggo...

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena