30 November 2010

Geliat Lereng Merapi

Perubahan status dari tanggap darurat ke pasca bencana, walau Merapi sendiri masih dalam status awas, telah cukup banyak merubah keseharian masyarakat di lerengnya. Perekonomian sedikit demi sedikit berusaha menggeliat walau rodanya tak bisa bergerak cepat. Namun ini cukup menggembirakan bila dikaitkan dengan masyarakat yang sempat berubah agresif beberapa waktu lalu. Harapanku mereka tak sampai anarkis seperti ketika gempa Jogja beberapa tahun lalu dimana masyarakat mulai angkat senjata tajam menghentikan kendaraan pengangkut logistik secara paksa dan menjarah bantuan.

Pasar sudah mulai buka biarpun belum ramai pembeli. Ini bisa dimaklumi, sebulan di pengungsian membuat sebagian besar masyarakat tak bisa bekerja dan kehabisan uang. Selain itu, bantuan sembako dari relawan masih terus mengalir walau tak sebanyak dulu.

Penambang pasir juga mulai melakukan aktifitas. Mereka bisa mengambil pasir dari selokan-selokan kecil atau saluran irigasi yang bersumber ke sungai besar pembawa material vulkanik. Sungai yang mendangkal membuat air menyebar ke segala arah melalui selokan dengan membawa serta pasir dan kerikil. Namun cukup banyak penambang yang tak sabar mengais pasir sedikit demi sedikit dari selokan dan memilih langsung turun ke sungai. Ini yang cukup merepotkan relawan dan aparat karena tak jarang ketika hujan mulai turun mereka tak mau segera beranjak dari sungai dengan alasan tanggung baru dapat setengah bak truk. Urusan perut membuat mereka lebih suka main petak umpet daripada menuruti larangan dari yang berwenang.

Bidang pertanian juga masih lumpuh. Hujan abu berhari-hari telah menghancurkan tanaman di ladang-ladang penduduk. Apalagi yang namanya cabe atau palawija, kondisinya sangat mengenaskan. Hanya tanaman padi yang masih bisa bertahan asalkan belum mulai berbulir. Debu vulkanik seolah tak berpengaruh dan tanaman padi tetap saja menghijau di tengah pepohonan lain yang berubah kelabu. Tapi tetap saja ada masalah ketika mereka kesulitan untuk mendapatkan pupuk atau tak punya uang untuk membayar tenaga untuk matun (basa indonesianya matun apa sih..?).

Kondisi terakhir untuk bantuan mempercepat gerak roda perekonomian dari relawan swasta belum terlalu banyak. Mereka masih berkutat di pendataan kebutuhan anak sekolah dan penanganan trauma pasca bencana untuk anak-anak. Dari pemerintah, pendataan baru sampai ke tahap desa dan entah kapan bisa sampai ke masyarakat mengingat panjangnya birokrasi selama ini. Aku harap sih pabeye segera insyaf dan segera memotong jalur birokrasi yang rawan kebocoran ini. Kayaknya ini lebih menarik untuk rakyat daripada mengungkit-ungkit kedudukan Sultan Jogja.

Kalo memang punya otak, tolong pikirkan jeritan para petani Merapi yang ingin kembali ke ladang. Yang tanamannya tidak hancur pun tak berarti mereka tidak gagal panen. Seperti petani di sebelah posko yang mengeluh, tanaman pare nya sekebun pahit semua...

Kapan ga cuma pinter nyunat duit rakyat.
Sunat jalur birokrasi, ndol..!!!

8 comments:

  1. Met pagi Sob....

    wah bener tuh aku pun setuju, masih status bencana koQ malah nebarin berita Kasultanan dan konstitusi kaya ndak ada masalah yg lebih penting aja.. lha namanya juga Daerah Istimewa ya sob.. ngapain pake segala ada pemilihan lagi...

    untuk keadaannya syukur deh klo udah kembali normal, klo perekonomian mungkin step by step Sob... aku liat berita banyak yg nyari phon tumbang untuk dijual ya Sob?

    Semangat N sukses slalu.. aku tunggu kabar terbarunya...

    BalasHapus
  2. Birokrasinya mbulet bin nyelimet belum lagi kalo ada kebocoran yah Om... duuuuh... >.<

    kenapa selalu terkendala ma birokrasi yah >.<

    maen petak umpet demi isi perut, karena kalo ndak gitu mau nunggu bantuan juga tersandung birokrasi >.<

    BalasHapus
  3. Kayanya warga mrapi sdah disibukan dngan aktifitas sperti biasanya UM ya... smoga bs kondusif slalu.

    Met pagi Um met beraktifitas.

    BalasHapus
  4. gk tw ya.. sistem birokrasi kita ini dari dulu ampe skrg gk bener2 jg.. kasian para korban bencana... weleh2..

    btw dah gw FOLLOW gan.. ats nm WONG.. FOLLOW balik ya.. ;)

    BalasHapus
  5. susah mi itu klo mau nyunat birokrasi :D

    BalasHapus
  6. hmmm..terkadang saya juga ndak abis fikir ya dengan sebagian orang² yang mempunyai wewenang atau kendali terkadang apa yang mereka fikirkan bertolak belakang dengan rakyatnya. tapi ada sebuah kalimat yang menarik sob "tanaman pare nya sekebun pahit semua..." ha²..

    BalasHapus
  7. merapi2 oh knapa kamu selalu menggeliat..

    BalasHapus
  8. halo kaksalam kenal
    blognya bagus yah

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena