14 Juli 2011

Bos

Ada seorang teman yang kadang membuat aku mual saat bersama dia. Penyebabn sebenarya cuma hal sepele saja. Hanya untuk urusan makan saja dia terlalu banyak cingcong minta dilayani seperti tamu hotel berbintang. Kalo saja posisinya lagi di kantor, mungkin tak terlalu aneh. Tapi kalo sudah di lapangan juga masih bersikap sama, pengen juga sekali-kali lempar dia dengan bunga mawar merah berikut potnya.

Di perusahaan lama, perasaan aku pernah pegang jabatan di atas levelnya dia sekarang ini. Tapi rasanya risih kalo mau makan saja sampe nyuruh orang ini itu. Untuk urusan kerjaan saja, aku selalu tanya dulu lagi sibuk apa engga. Kayaknya ga terlalu susah untuk basa-basi dan bilang tolong bantu kerjain ini ya...

Temenku ini, jangankan mau angkat piring kotor dari meja. Mau nambah saja kudu diambilin nasinya ke piring makan dia. Dibilang kekanakan, dia sudah pinter bikin anak. Merasa punya jabatan, kayaknya bukan alasan untuk pamer kekuasaan kepada karyawan kelas bawah. Biarpun itu memang tugasnya sebagai bawahan, kayaknya tidak terlalu salah kalo kita lihat orang itu sibuk apa engga sebelum nyuruh. Apalagi ketika nyuruh sesuatu yang tak ada hubungan dengan job descriptionnya. Untuk pejabat kelas teri saja sudah begitu lagaknya, bagaimana dengan juragan di tingkat manajemen..?

Sebagai pimpinan, kayaknya begitu bangga dia aku panggil bos. Padahal kalo dia mau mikir, harusnya ga nyaman dengan panggilan itu. Buatku, sok ngebos main tunjuk bukan hal yang membanggakan. Aku lebih suka kalo ada yang menyebut pemimpin. Paling tidak ada sedikit sikap kepemimpinan atau leadership yang diakui bawahan dengan sebutan itu.

Aku jadi ingat direktur galeri tempat kerjaku dulu. Walau orangnya keras kepala termasuk ke bawahan, beliau begitu merakyat dan lebih suka aku panggil pae. Sebagian teman-teman di Jakarta malah manggilnya mas. Agak parah lagi staf-stafku cewek ada yang panggil dedi.

Pola kepemimpinan beliau membuat karyawan menyadari akan tugasnya. Contoh sepele saat beliau melihat lantai kantor agak kotor. Tanpa banyak bicara langsung ambil sapu dan bersihin sendiri. Makanya tak cuma OB, seluruh karyawan juga jadi sigap ambil sapu tiap melihat sampah, sebelum juragan turun tangan sendiri. Rasa sungkan membuat karyawan jadi sadar akan tugasnya tanpa perlu ngomel-ngomel karena disuruh-suruh.

Jalan keluar kota juga ga pernah rewel soal makan tidur bareng karyawan. Gantian nyupir denganku juga sudah bukan hal yang aneh lagi. Tak bisa kulupakan pemahamannya tentang pekerjaan. Jadi bos itu hanya saat meeting saja. Begitu sudah dilapangan kita sama-sama lagi cari makan. Biarpun kehidupan dibuat berkasta-kasta, tapi kita tetaplah manusia yang sama-sama terlahir telanjang.

Tapi sudahlah...
Pemahaman orang tentang hidup berbeda-beda
Toh hidup itu sering dikatakan cuma mampir minum
Biar hidup bisa berasa, kita harus banyak minum-minum
Pantas saja kehidupan jadi carut marut ga karuan
Kebanyakan orang mabok...

gambar nyomot di blognya pacul
kayaknya dapat nyolong di Tubi Art Space

9 comments:

  1. weheheh bunga mawar bersama pot2nya kalo bisa sekalian gayung yg buat nyiramnnya =)). itu yang bos kedua patut diacungi jempol , membuat bawahan segan dan malu jika tidak mengerjakan sesuatu sesuai standard itu berarti hebat... menjadi sosok menyenangkan bagi bawahan kadang sulit. ada dua faktor :

    1. mungkin orang yg seenaknya dan gak menghormati orang, bisa jadi jabatan yg didapat lewat campur tangan orang lain, gak ngerasain berkarir dari NOL tiba tiba duduk dan main seenaknya saja.

    2. sosok yang dihormati dan disegani bawahan karena sikap sikapnya, kemungkinan besar pernah merasakan suka duka juga ketika melalui proses panjang dalam berkarir.

    maaf mas kepanjangan , tahan nafas mas ...hihiihi kalo dah kebawa emosi mending bgini mencak2 di blog wahaha marah pun pake cara2 yang exclusive itulah hebatnay blogger wahahahahaha sore mas...^^

    BalasHapus
  2. huhuhu paling ga enak ya diposisi bawahannya

    BalasHapus
  3. sekali-kali kerjain aja tuch bosnya yg nyebelin :D

    BalasHapus
  4. Hmmm...itulah manusia antara satu individu berbeda dengan individu lainnya *gaya banget loe wan...Hehe..

    BalasHapus
  5. bossy emang begitulah... semakin sombong semakin jauh dari surga

    BalasHapus
  6. itulah bedanya pemimpin dan penguasa, kalau pemimpin itu melayani dan memberi contoh, sedangkan penguasa cenderung menguasai bawahan

    BalasHapus
  7. tidak terbayangkan bila suatu saat nanti dia menjadi pejabat he he...

    BalasHapus
  8. saya terus terang gak suka minum-minum, jadi gak pernah ngerasain mabok. karena gak pernah mabok jadi gak pernah nyuruh2 orang, karena dasarnya memang saya gak suka disuruh2.

    BalasHapus
  9. Jiaah..jengkel juga yah kalo nemu orang yang gayanya kayak gitu, songong banget deh :D
    Lha harusnya biasa aja mah, jangan samakan di kantor dengan tempat public.
    Kalo dikantor okelah mungkin si doi atasan / bos / atasannya bagus, tapi kalo diluar ya sama aja.
    Memang ada pepatah tamu adalah raja, tapi kalo gitu ya keterlaluan mah :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena