16 Juli 2011

Ucul

Ibue Citra nelpon kalo dia mau balik ke Jogja. Soal kehamilannya sih ga masalah untuk menempuh perjalanan paling lama 4 jam dari Cilacap. Yang kepikiran tuh justru di Jogjanya nanti. Citra yang semakin "ucul" dan lebih suka lari-lari di luar rumah perlu dipikirkan solusinya. Kalo di kampung kan ada mbahnya yang bisa ngikutin kemana kaki mungilnya melangkah. Kalo ga ada temen, kasian ibue harus ikut kesana kemari. Susahnya lagi, di Jogja tidak ada halaman luas untuk tempat bermainnya.

Soal tingkah Citra, kadang aku jadi mikir soal karma. Jaman sekolah dulu aku mbolosan banget dan lebih suka naik gunung atau pramukaan. Apalagi kalo inget Citra seneng banget ngerjain ibunya. Dia suka nyuruh ibunya nyanyi topi saya bundar sementara dia bergaya. Mending kalo cuma sekali dua kali. Ini sampe ibue ndower belum mau berhenti. Jadi kepikiran di pramuka aku suka menghukum dua orang nyanyi bareng keras-keras dengan lagu yang berbeda. Kalo ada yang nadanya kebawa lagu tetangga dapat hukuman tambahan.

Tapi ini juga bukan salah aku sepenuhnya. Soalnya jaman jadi junior, aku pernah dihukum suruh nyanyi topi saya bundar dan burung kakak tua sekaligus. Dan hasilnya aku dapat hukuman tambahan, karena nyanyinya jadi begini.
Burung kakak bundar...
Bundar burung kakak..."

Mungkin Citra memang gemar menyanyi. Namun karena belum bisa bicara jadinya cukup lipsing dan ibue yang urun suara. Bisa jadi hobi nyanyinya ini merupakan karma dari ibue. Soalnya mbahnya pernah cerita. Waktu ibue Citra masih kecil, ditanya cita-citanya apa setelah besar nanti. Jawabnya, mau jadi penyanyi cilik...

Semoga saja yang nurun cuma soal nyanyi saja. Mbolosan sekolahnya jangan deh. Aku dulu jarang masuk sekolah, karena nurut ke guru fisika yang memang jadi pelajaran favoritku. Pak guru pernah menerangkan, Newton suka banget duduk-duduk di bawah pohon apel sampai akhirnya bisa menemukan rumus gravitasi ketika ada apel jatuh. Karena aku terobsesi menemukan sesuatu, jadinya aku lebih suka duduk-duduk di bawah pohon mangga depan sekolahan daripada masuk kelas.

Jangan pula beloon kayak bapaknya kalo didepan ibue.
"Bu, bikinin teh manis ya..."
"Pake gula gak..?"
"Gausah..."
"Ok..."

6 comments:

  1. citra kok makin kriwil pak..gen siapa nih?

    BalasHapus
  2. citra mirip siapa ya? jadi penasaran sama wajah ibunya citra nih. salamin ya

    BalasHapus
  3. Saya ketawa ngakak, Mas, bayangin burung kakak bundar.. =))

    BalasHapus
  4. Waduh jadi ingat jaman dulu jg suka di bonceng sepeda depan gini
    Waduh saya jg suka pramuka lho. Gawat nich klw ntar anak saya jg uculan kaya de' citra xixixixi

    BalasHapus
  5. hahahaaa.... tp lagu burung kakak tua & topi saya bundar kan nadanya emang sama kan?

    BalasHapus
  6. wkwkwk, dihukum mbales ngehukum junior...

    kalau liat Citra pasti inget drummernya pas Band >.<

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena