04 Juli 2011

Lowongan Kerja IT

Mengacak-acak berkas lamaran yang masuk ke HRD untuk bidang IT, ternyata susah sekali mencari orang yang berspesifikasi di hardware. Kebanyakan pelamar mengajukan diri sebagai programmer atau analis. Apa ini memang gambaran dari pandangan umum kita kepada bidang IT, bahwa IT adalah tentang program. Yang tidak tahu coding, tak berhak menyandang titel IT.

Pernyataan ini sama dengan yang dilontarkan juragan baru di kantor group ketika tahu aku bukan programmer. Dengan nada tak jelas, beliau mempertanyakan status ke IT anku. Sampai-sampai aku pertanyakan, sebenarnya beliau tahu IT apa engga sih. Kalo engga tahu, berarti sama dengan aku dong.

Yang aku tahu, IT merupakan satu kesatuan solusi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan sistem komputasi digital. Kode-kode program memang memegang peran disitu. Namun bisakah software berjalan tanpa dukungan hardware atau brainware sebagai operatornya. Tetap dibutuhkan orang hardware untuk urus masalah server, networking dan sebagainya.

Aku sendiri tidak tahu kenapa aku dikirim kemari dengan job maintenance tapi dikasih label sebagai IT. Ketika usulanku tentang pembangunan sistem informasi manajemen disetujui perusahaan, aku harus bikin tim. Dari 5 orang yang aku minta hanya disetujui 2 orang saja. Jadinya aku hanya ambil satu orang programmer dan satu analis. Saat ini modul aplikasi mulai selesai dan beban pekerjaan di infrastruktur makin bertambah. Makanya aku segera ajukan permintaan ke HRD untuk tambah satu karyawan lagi untuk bantu-bantu urus jaringan dan server.

Disini masalahnya muncul. Temen-temen di Jogja yang selama ini bantu-bantu aku ngurus hardware sudah menemukan habitatnya masing-masing. Cari-cari di berkas lamaran masuk juga susah. Minta tolong saja ke temen-temen, kalo temen yang bisa urus networking dan server, kirimkan saja CV dan gaji yang diharapkan ke email xxxx

Tak perlu harus expert. Fresh graduate juga ga masalah yang penting bisa kerja tim dengan kompak. Menyukai tantangan pekerjaan lapangan sudah pasti karena harus ngurus jaringan dari tambang sampai pelabuhan dalam wilayah berjarak 40 km. Apalagi kegiatan tambang berjalan 24 jam, sehingga harus siap berangkat ke lapangan sewaktu-waktu bila ada masalah.

Jangan lupa, penempatan saat ini untuk di Kalimantan Tengah. Ke depannya bisa pindah-pindah ke seluruh Indonesia mengikuti perkembangan. Karena setelah sistem disini selesai dibangun, setiap anak perusahaan akan dikoneksikan dengan kantor pusat di Jakarta melalui VPN. Kalo sudah terbangun semua, kemungkinan ditarik ke Jakarta untuk bangun data center dan sewaktu-waktu saja ditugaskan ke daerah.

Gaji bersifat all in tanpa tambahan lain-lain. Sarana yang didapat berupa mess, makan, cuci, transportasi dan jamsostek. Pola kerja menggunakan sistem rooster 12 : 2, yang artinya setiap 12 minggu kerja dapat jatah cuti 2 minggu. Tiket pp dan akomodasi cuti ditanggung perusahaan.

Cowok cewek juga ga masalah asal biasa bekerja dalam tekanan.
Tekanan pekerjaan lho ya, bukan nekan yang lain-lain...

NB.
Ini sekedar informasi saja
Urusan lain-lain aku ga ikut-ikutan
Keputusan ada di tangan HRD
Terima kasih

----Update 12-7-2011
CLOSED----


24 comments:

  1. wow, IT cakupan yang luas tidak semata mata berhubungan dengan digital forensik, basis data dengan sistem komputasi,monitoring 24 jam sebuah tantangan.Job yang keren, terima kasih untuk infonya.

    BalasHapus
  2. yo yo, siapa emang berminat dicoba monggo... lah kalo saya nggak mbakat IT-IT an gitu, lulusan biologi soalnya.. hahaha.

    BalasHapus
  3. wah kalau hardware aku juga ga bisa :)
    aku & suami bisanya program :)

    BalasHapus
  4. Waw, membuka padanganku ttg it neh post
    Thx

    BalasHapus
  5. moga-moga ada yang berminat dari tulisan ini ya...

    BalasHapus
  6. baru mulai ngblog lagi ni,, udah hampir setahun hiatus,,,
    hohoho,, ngga kemana2 si,, cuma lagi malas aja buat ngblog,,
    p kbar?


    hihihi,,,
    nice post,, IT,,

    BalasHapus
  7. ga ngerti apa soal IT ane...bener suer... tp kalo soal tantangannya ane suka... tukang bantu2 juga boleh lah... #ngarep mode on

    BalasHapus
  8. 3 bulan kerja, liburnya 2 minggu?
    Wah..kalo di BIPI 2 minggu kerja, 2 minggu libur :D
    Ntar deh mas, saya kuliah dulu yang bener baru mikir kerjaan :))

    BalasHapus
  9. Yg jadi masalah, banyak orang cuma mau kerja dibidang yg pernah dipelajarinya, klo dia lulus dari IT ya pengennya cuma jadi Programmer atau System Analiyst, makanya lowongan IT dengan tempat lain pasti kurang diminati orang, padahal klo dia bisa jaringan kenapa gak? itu kan masih dibidang IT juga? atau klo dia gak jago ngoding juga tapi jago database kenapa juga itu gak disebut pekerjaan IT juga? hhe.... atau klo ada yg lebih suka balik 180 derajat dan nyari bidang lain kaya aku sekarang apa masalahnya juga? toh sama2 menghasilkan dan ilmunya masih isa dipake untuk hal lain diluar kerja :)

    nanti aku bantu sebarkan Sob... :)

    BalasHapus
  10. bisikin salarynya ya pak ke email sy: casperlita@yahoo.com

    BalasHapus
  11. berarti aku gak pantes nyandang titel IT dunk gak bisa coding :P
    cuma bisa membantu doa ya mas, semoga dapet temen patnernya nt cewe *ehh

    BalasHapus
  12. Brigkop...
    Terlalu luas memang. Tapi yang dilihat orang hanya sebagian kecil doang.
    Programmer...

    Gaphe...
    Wah biologi, aku malah minat tuh
    Terutama di bagian reproduksi...

    Lidya...
    Waduh, keluarga IT neh
    Jangan-jangan, anaknya juga hasil coding. Hehe..

    Dicky...
    Welkam bro...

    Ami...
    Seep, mi. Butuh temen neh...

    BalasHapus
  13. Umy...
    Jangan males dong...

    Dinda...
    Ikan tuna. haha..

    Grontol...
    Nganggo yakena..

    Zan...
    Sama kok bos. IT juga sebenarnya bantu-bantu perusahaan...

    Zippy...
    Kalo mau enakan di rig
    Kerja seminggu libur seminggu...

    BalasHapus
  14. Ferd...
    Memang betul kok gitu
    Banyak temen yang dibutakan oleh ijasah
    Padahal aku STM saja ga lulus. Udah gitu jurusan listrik arus kuat lagi...

    TukCol...
    Bisa aja asal ngerti jaringan...

    Casper...
    wswtswssshhswshshss...
    Denger gak..?

    Ria...
    Cowok atau cewek sama saja
    Yang penting tahan bantingan hidup di tengah hutan gini...

    BalasHapus
  15. mas itu antenna apa iya.keren bangat main gelombang

    BalasHapus
  16. wah, cocok nih kerjaan nya.. tapi jauh di kalteng.. klo kalsel masih mau sy mas...

    BalasHapus
  17. gan ane tertarik ini..
    ane kuliah bidang IT dan untuk bidang jaringan ane emank suka. apakah ada training untuk karyawan baru? apakah mahasiswa tingkat akhir akan dterima? ane prnh ikutan pelatihan cisco dan CEH.

    BalasHapus
  18. Ini tho... pekerjaan yang dimaksud dalam pembicaraan tadi siang.
    Kudu siap jadi orang hutan donk.

    BalasHapus
  19. saya juga sudah kirim lamaran ke email bapak Rawin. Apa ada batas waktunya pak? kalau boleh usul , apabila posisi tersebut sudah terisi mohon diposting supaya pelamar lain tidak menunggu-nunggu. Suwun.

    BalasHapus
  20. waahh..mantep!!tp sayangnya ak bru mulai kuliah ambil IT...jd y blm sampe sgitunya...hehehe

    BalasHapus
  21. mas Rawins aq berminat kerja IT nya,... nglamarnya kmana yahh???

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena