16 Juli 2011

Membagi Duit

Selama ini aku paling males bila berurusan dengan yang namanya uang. Terutama urusan duit perusahaan yang juragannya jutek, makin wegah saja rasanya. Seperti untuk urusan pengadaan barang, aku maunya bikin spesifikasi doang trus tau beres barang di tempat. Eh, juragan tetep nyuruh aku yang cari. Alasannya takut salah beli. Tapi kalo aku berangkat sendiri, kalo pas laporan nota sering ditanya, beneran nih harganya segini..?

Bete engga sih kalo keseringan digituin. Kalo ga percaya, kenapa ga berangkat sendiri atau suruh orang lain. Lagian buat apa aku nambah-nambahin nota. Dapet duit sedikit tapi bisa kehilangan banyak hal. Kayaknya ga sebanding rasanya. Kalo ada vendor kasih amplop setelah proyek selesai, itu sih beda lagi. Lagian aku ga pernah minta. Ada yang kasih syukur, proyek selanjutnya diajak lagi. Kalo engga ya besok cari vendor lain. Hehehe..

Bukan aku idealis dengan dengan hal-hal semacam itu. Aku cuma ga mau membiasakan diri menjadi preman yang suka minta-minta didepan. Soalnya aku sendiri suka sebel kalo digituin sama orang. Tapi aku merasa nyaman kasih sesuatu ke orang yang sudah bantu kelancaran kerjaanku sampai tuntas. Karena aku juga ngerti, kalo dapat tambahan bisa bikin kerja jadi semangat. Tinggal caranya mendapatkannya saja yang sebisa mungkin tidak terlalu nyerempet norma yang berlaku.

Sejak masih bujangan, aku sudah membiasakan diri memisahkan uang panas dan dingin semacam itu. Kalo disaku, saku kanan untuk duit adem dan yang kiri untuk duit remang-remang. Atau yang adem di dompet yang gajelas di saku. Kalo mau ambil musti mikir dulu kepentingannya apa. Kalo buat keluarga jangan sampe salah ambil duit yang panas. Kalo urusan jajan bareng temen sebisa mungkin jangan ambil uang dingin, kecuali kepepet. Cuma payahnya untuk cara terakhir ini lebih sering mepet-mepetnya daripada enggaknya.

Aku ga pernah mikir tentang dosa atau apa. Aku cuma membiasakan diri agar uangku yang ga jelas jangan sampai ikut dimakan keluarga. Batasan antara jelas dan ga jelas, aku hanya pakai patokan gaji dan bukan gaji saja. Makanya gaji langsung ditransfer ke rekening istri agar ga kecampur yang macem-macem. Uang terima kasih dan sejenisnya aku pegang sendiri sebagai anggaran ga jelas.

Untung ibue Citra mengerti bahwa uang ga jelas ga baik dibawa ke rumah. Jadinya ga pernah komplen walaupun anggaran nakal kadang lebih besar daripada anggaran belanja dapur.

Terima kasih atas pengertiannya
Lapyu tenan, ibu...

gambar dari google

7 comments:

  1. wih, enak ya Om ini dapet duit aja dengan 2 kategori. ya Om pasti lebih ngerti uang2 tadi tepatnya difungsikan untuk apa2 aja (mikirin dosa sampe njlimet yo ndak nemu banyaknya, toh sudah ada yang nyatet di sebelah kiri-dan kanan Om)...berarti kalo duit korupsi masuk duit panas ya Om? hehe

    BalasHapus
  2. pastinya uang yang halal yang pulang kerumah ibunya Citra ya

    BalasHapus
  3. waaaa... duit remang-remang... speechless deh, hahaha...

    BalasHapus
  4. Iya jg sih ngebetein, tapi wajar sajalah menurut saya sih. Soalnya memang banyak yang memalsukan nota, harganya 5000 minta ditulis di notanya 10000. Jadi, yang sabar saja om.

    BalasHapus
  5. hehe, klo soal nerima uang sy suka juga, haha.

    tapi benar harus bedain uang gelap sama terang(haha, panas sama dingin)

    BalasHapus
  6. uang ga jelas kalau dibakar/dibuang rela ga yah? :D

    jaman sekarang banyak uang kategori abu2, misalnya pemberian amplop :D

    BalasHapus
  7. gimana bisa dapat duit banyak kalau malas berurusan dengan uang ???

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena