18 Juli 2011

Potokopian

Kita sering dengar kalo kasih sayang orang tua ke anak tiada batasnya. Namun sebesar apapun sayang mereka ke anak, jauh lebih besar lagi rasa sayang mereka kepada cucu. Sesayang apapun ke anak, tetap saja orang tua pernah ngomel saat kita nakal. Tapi senakal apapun anak kita, tetap saja mereka ngebelain seolah tak rela cucunya dimarahin.

Waktu kecil, aku ngelemparin gelas saja sudah dimarahin ibu. Sekarang melihat Citra ngejatuhin laptopku dari meja malah dibelain. Namanya juga anak-anak, katanya. Emang dulu aku bukan anak-anak..? Atau karena aku ngelemparin gelasnya ke kepala orang kali ya..?

Rasa sayang orang tua ke cucu yang berlebihan juga pernah dimanfaatkan oleh seorang temen. Dulu temanku sudah mabok berat karena pacaran overdosis. Tapi mau menikah ditentang keras karena ortunya ga setuju dengan calon mantunya. Mereka nekat kabur dari rumah dan kawin lari. Benar-benar tak dianggap anak dan tak diijinkan pulang ke rumah. Sampai suatu saat temenku maksa pulang. Dibawain oleh-oleh cucu, orang tuanya berubah total dan memintanya tetap tinggal di kampung. Boleh pergi lagi ke kota asal cucunya ditinggal. Kacaw...

Makanya membesarkan anak dekat dengan mbahnya tetap ada ga enaknya. Kita seperti tak bisa sepenuhnya mengarahkan anak sesuai harapan kita. Anak pun seringkali lebih berani membantah karena merasa punya perlindungan ekstra. Kalo nakal dan kita tegur, dengan damai dia lari ke mbahnya. Dari segala tingkah orang tua dalam membela cucunya, ada satu kalimat yang tak bisa kulupakan. Saat aku memarahi si Adi dulu, tanpa rasa dosa mbahnya bilang, "Jangan dimarahin, bagaimanapun juga anak itu potokopianmu..."

Suka bingung juga kalo dah mikir gitu. Biar kata maling tak ingin anaknya jadi nyolong, tapi yang menurunkan gen maling kan siapa lagi kalo bukan kita. Makanya waktu si Adi sejak bayi sudah ga mau lepas dengan mouse dan keyboard, aku cuma bisa mengarahkannya sedikit sedikit untuk mengurangi jam tayangnya di depan komputer. Bicara agak keras aku ga berani karena mbahnya pasti pasang badan di belakang dia. Aku jadi sedikit trauma dengan kata potokopian itu.

Termasuk dengan Citra yang sejak kecil jadi penyayang binatang
Makan dengan ayam, bermain dengan kucing, tidur dengan kelinci
Aku sudah tak ingin berkata apa-apa lagi...



20 comments:

  1. wkwkwk... laptopnya jatuh dari mana brow?.. kalo di jatuhin dari loteng musti dikasih penyuluhan tuh wkwkwk..

    anak sekecil itu berkelahi dengan binatang (*OI) brow.. lucu brow anaknya ati2 nafas kucingkan gak baik bagi kesehatan ^

    BalasHapus
  2. ah, masih cethek Om. belum punya pengalaman saya, mudahan nakalnya bisa ditolelir aja...namanya juga anak-anak :D

    BalasHapus
  3. wkk..wkk..kok sama ya om..ndilalah..saya juga deket tinggalnya dengan mbahnya fajar.. dooh..idem.. deh..pokok..cucu di bela abis..selain itu juga.. kadang protektif..banget.. ama cucunya..

    BalasHapus
  4. hehehhehe... potokopian emang kelihatan tuh om,,, :D

    BalasHapus
  5. Yang salah alat potokopinya atau cara potokopinya om... :P

    BalasHapus
  6. aku belum punya anak, pantes mertua kayaknya gak lagi demen.

    BalasHapus
  7. buah gak jauh dari pohonnya hihihihih...

    BalasHapus
  8. See, aku nggak setuju anak tetap tinggal bersama orang tua setelah punya keluarga. Orang tua akan ikut campur dengan urusan keluarga anak-anaknya, baik secara sadar atau tidak sadar. Termasuk dalam urusan mendidik anak.

    BalasHapus
  9. bukannya ortu kita juga potokopian ortu mereka :D

    masa sih laptop dijatuhin ga dimarahin? secara semua orang tahu laptop barang mahal :D

    BalasHapus
  10. Itulah yang bikin saya menyatakan perang dengan kata pepatah ... "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya."
    Langsung saja saya bantah denga kata "... tapi buahnya jatuh kesungai dan hanyut ke tempat yang lain."

    ZonaFahri.web.id
    http://www.zonafahri.web.id/2011/07/kata-pepatah-yang-tidak-saya-suka.html

    BalasHapus
  11. jadi si Citra itu potokopian bapaknya wkwkwkwk...

    BalasHapus
  12. hahaha...aq dulu pas kecil klo dimarahin bapak/ibu, larinya ke nenek. Gantian dech ortuku yg dimarahin ma nenek :p

    BalasHapus
  13. ooh berarti kalo ke tukang potokopian, bilang gini : mau Bikin anak mbak!, trus dijilid..

    BalasHapus
  14. Allhamdulillah kita lebih leluasa mengatur anak dirumah tapi ya itu kalo kakek neneknya datang blasss smua :)

    BalasHapus
  15. kentut emang ga jauh dari pantatnya.. #PribahasaBusuk #janganmarah

    BalasHapus
  16. yang penting si citra ndak tidur pacaran sama mereka... :D (kidding)

    BalasHapus
  17. Hiihiih...iya mas, anak kan kan jauh2 dari ortunya :D
    Apa yang dilakuin bisa jadi hampir sama dengan si ortu.
    Namanya aja darah daging sendiri mas :D

    BalasHapus
  18. Hahahahahaha satu rumah sama mbahnya yak om?

    BalasHapus
  19. hehehe biasa itu kalau lebih sayang cucu
    ini ortuku jg berlebihan bgt sayangnya ke cucu
    dulu kalo pulang bawa makanan pasti langsung dikasih aku, sekarang mah dikasih ke cucu duluan alhasil aku rebutan deh ama ponakan -___-"

    BalasHapus
  20. kalo cama cemut cemut kecil chayang ga?

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena