28 Juli 2011

Tidak Mandi

Setelah beberapa hari berkubang di lapangan, balik ke mess niatnya mau puas-puasin mandi. Eh, nyampe mess kran air dah mampet lagi. Struktur tanah disini memang lumayan menyebalkan untuk urusan pengairan. Bukannya tidak ada air. Bagaimanapun juga Kalimantan adalah bumi berair. Masalahnya ada di filter pompa yang selalu mampet oleh lumpur. Berkali-kali bor ulang menambah kedalaman pipa air, tetap saja mampet.

Suplai air menggunakan truk tangki tak pernah mencukupi untuk semua kebutuhan, walaupun bolak-balik kirim air tiada henti. Air yang diambil pun air sungai yang tidak bisa dijelaskan secara teknis tingkat kebersihannya. Sudah gitu, perilaku sebagian penghuni susah sekali ditertibkan. Kran seringkali dibiarkan terbuka sampai luber kemana-mana.

Mandi di kubangan atau sungai bisa menjadi alternatif. Namun tak boleh kita asal nyebur tanpa survai sebelumnya. Minimal nanya ke penduduk sekitar tentang keadaan sungai tersebut. Dalam atau tidak, banyak biawak apa tidak, itu memang tempat mandi atau khusus beol. Tak boleh lupa menanyakan disitu banyak cewek mandi apa engga. Kali aja mau sambil menyelam ngintip cewek mandi.

Bertanya ke penduduk setempat juga harus detil interogasinya. Pertanyaan sepotong-sepotong juga akan dapat jawaban setengah-setengah. Jangan sampai kita langsung nyebur walau orang situ sudah bilang disitu tidak ada ularnya. Perlu dikejar lagi kenapa tidak ada ular. Jangan-jangan semua ular menyingkir karena takut disantap buaya-buaya penghuni sungai itu...

Kembali ke kamar mandi mess
Masalahnya tak cuma soal kran. Ada sebagian orang yang belum bisa merubah kebiasaan mandi. Sudah tahu air harus dihemat, masih saja banyak yang mandinya gebyar gebyur tak cukup air satu bak. Sial bagi yang dapat nomor urut terakhir. Sudah kelamaan nunggu, tapi ga kebagian air. Suka heran juga dengan teman yang mandinya ga cukup setengah jam. Ngapain aja berlama-lama di kamar mandi.

Soalnya teman-teman satu mess katanya cowok tulen. Kalo cewek sih aku bisa mengerti, karena memang banyak lekak-lekuk yang harus dibersihkan. Cewek kan beda dengan cowok yang katanya selalu mengedepankan pikiran. Kalo cewek, karena perasaan sering diposisikan dominan, untuk urusan mandi pun wajar bila dirasakan segala sensasinya. Tak bisa panjangnya waktu cewek di kamar mandi itu dikatakan sebagai kelemotan.

Di banyak hal aku sudah merasakan hal itu
Seperti jaman nembak cewek dulu
Cuma ditanya, mau ga jadi pacar aku
Mau jawab saja harus pakai banyak acara

Mau... enggak... mau... enggak... mau...

Sambil ngitung rambut...
*jambak...

14 comments:

  1. emang disana banyak biawaknya ya? biawak ketemu biawak dong hehehe becanda

    BalasHapus
  2. gak usah mandi bro, yang penting pakai minyak wangi he he...

    BalasHapus
  3. walah saya nggak mandi 3 hari aja pernah :D

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    hehehe ada ada mas Rawins postingan bertajuk tidak mandi membuat saya harus berpikir lagi hehehhee bayangain jadi teringat ketika saya ujian di Technical school heyuan cina gak mandi 2 hari mas hehehehe
    maaf ya koemntar oot banget xixixi

    BalasHapus
  5. wah.. bisnis aer mandi kyknya bagus disana

    BalasHapus
  6. Hahhaa... aku yo paling gemes kang ngeliat cowo mandinya lelet kaya Cewe haha... apalagi klo tau2 air sebak abis hayah ki arep mandi opo nguras bak toh? wah stress deh, apalagi klo saluran airnya macet kaya gitu ya kang... sing sabar ae lah haha... semoga bisa cepet mandi wkwkwk..

    BalasHapus
  7. Banjarmasin, kalo nggak mati lampu ya banyu mati Om

    BalasHapus
  8. Suka banget analogi mandi dan nembaknya, hahaha
    Dasar cewek!

    BalasHapus
  9. mandi air mineral aja sob...hehehe

    salam kenal dari blogger banyuwangi :)

    BalasHapus
  10. Wedhuse Citra nggak pernah mandi nggak pa2, kang ;)

    BalasHapus
  11. urusan air di mana-mana sekarang serba susah. jumlah air tetap tapi mungkin karena jumlah manusia terus nambah jadi kayaknya jatahnya dibatasi.

    BalasHapus
  12. ternyata ga di rusunawa aja yg ribet kalo mau mandi

    BalasHapus
  13. asik dunk mas klo gak ada air bs ada alasan gak mandi hehe

    BalasHapus
  14. yang penting mandi wajib saja, yg sunah ga usah :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena