06 Juli 2011

Prinsip Sesat

Hentikanlah kebiasaanmu membandingkan kekuranganmu dengan kelebihan orang lain...

Sebuah kutipan dari Mario Teguh yang aku sampaikan ketika seorang teman mengeluh dengan pekerjaannya. Bagaimana mungkin kita bisa menunjukan prestasi, bila energi habis untuk memikirkan beban beratnya sementara ada orang lain yang kerja santai, pendapatan lebih besar. Saat merasa jatuh, kenapa malah melamun memikirkan nasib yang berada di bawah. Jangan salahkan takdir ketika kemudian tertimpa dump truck. Yang penting jangan pakai prinsip sesatku. "Bila anda gagal hari ini, jangan pernah menyerah. Ulangi terus kegagalan anda sampai atasan anda menyerah..."

Ada juga temen lain yang mengeluh namun bisa bertahan dengan prinsip, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Bisa dibenarkan memang, tapi menurutku pepatah itu tetap saja sedikit keliru. Tidak semestinya kita menganggap perjuangan mencapai cita-cita sebagai sebagai bersakit-sakit. Rasanya jarang orang yang mau berbuat sepenuh hati ketika merasa tersakiti, walaupun berat menganggap sesuatu yang tak enak adalah jamu agar kita bisa lebih sehat. Prinsip sesatku, "Tak ada pekerjaan yang berat. Pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan apabila tidak dikerjakan..."

Seberat apapun pekerjaan, aku lebih suka misuh daripada mengeluh. Bagaimanapun isi otak perlu dialirkan agar tidak jadi jerawat. Bagaimana mungkin otak bisa fokus ke pekerjaan bila sebagian isinya adalah suntuk dan bete. Makanya ngeblog adalah kegiatan yang teramat berat untuk aku tinggalkan. Karena disitu aku bisa bebas misuh-misuh untuk melonggarkan isi kepala sebelum kembali memikirkan pekerjaan. Membiasakan diri memecah-mecah masalah agar lebih mudah diselesaikan kayaknya alternatif terbaik. Sesuai prinsip sesatku, "Mulailah dari yang mudah dan ringan. Yang rumit dan berat nanti juga ada orang lain yang ngerjain..."

Adalah wajar semua orang ingin dapat hasil yang lebih dan banyak. Tapi tetap saja harus mengukur dengan kemampuan pribadi agar tidak kandas di tengah jalan. Manusia tempatnya rasa bosan. Pada waktu baru memulai memang iya semangat 45. Semua yang kelihatan didepan pengen diraih. Setelah rasa bosan mengganggu, disitulah biasanya kita mulai merasa keteteran dengan semua yang awalnya kita rasa mampu. Pokoknya setujui saja pepatah lama, sedikit demi sedikit lama-lama juga habis. Jangan ikuti prinsip sesat Mario Erot, "Mulailah dari yang kecil. Karena semua yang besar dulunya juga kecil..."

Keterbatasan lain yang perlu diingat, manusia punya yang namanya lelah. Memaksakan diri untuk ngebut terus juga kurang baik untuk kesehatan. Tak perlu dipikirkan apa kata komendan. Saat tubuh lelah ya istirahatlah. Berhenti sejenak dan sedikit menengok ke belakang juga perlu sekali-kali dilakukan agar langkah kedepan bisa lebih berarti.

Ingat pesan Mario Ozawa...
Kesuksesan bisa diraih dengan usaha
Usaha ada karena kemauan
Kemauan tercipta dari cita-cita
Cita-cita berasal dari mimpi
Mimpi ada karena tidur
Jadi jika ingin sukses
Marilah kita tidur...




14 comments:

  1. Maria Ozawa ngomong gitu??? Ah masa...hahahaha

    BalasHapus
  2. @ Claude C Kenni: Mario Ozawa bukan maria haha...

    Betul Sob, pekerjaan apapun emank mesti dilakukan dan dikerjakan dengan Cinta ya biarpun kadang jenuh dan bete juga sih ngerjain yang kaya gitu dan gitu lagi tiap hari hhe... tapi karena bisa disambi ngeblog juga, ya ndak berasa terlalu jenuh akhirnya haha...

    Ngomong2 Bosmu udah nyerah donk berarti sekarang?? haha...

    BalasHapus
  3. Mario Ozawa itu anak siapa? :))

    BalasHapus
  4. ikutan deh pakde, kalau mau sukses, mari kita tidur, kemudian bermimpi, dan kita mimpi sukses he he he....

    BalasHapus
  5. hasyahh...bilang aja ngantuk pake muter-muter..
    nih bantal..!

    BalasHapus
  6. misuh ama mengeluh beda ya?

    BalasHapus
  7. Kesuksesan bisa diraih dengan usaha
    Usaha ada karena kemauan
    Kemauan tercipta dari cita-cita
    Cita-cita berasal dari mimpi
    Mimpi ada karena tidur
    Jadi jika ingin sukses
    Marilah kita tidur...

    ini disebut lingkaran kesuksesan kah? :)

    BalasHapus
  8. Sipp om :)
    dan berusahalah mencintai pekerjaan kita sendiri :)

    BalasHapus
  9. semua harus diraih dgn usaha dan berdoa

    BalasHapus
  10. Waduh ujung2'y slalu yang bikin ngekek ni hehehehe...
    Slamat pagi brader dah lm tdk berkunjung .
    gmn pny kbr ni Um...smoga shat slalu.

    BalasHapus
  11. mantap ,,,

    sedikit unik,, ni kata2,, wkkwkwwkkw

    BalasHapus
  12. masing2 orang punya kelebihan dan kekurangan, semua itu justru saling melengkapi dalam proses kehidupan

    BalasHapus
  13. hahahaha, bener banget.

    Kalau lelah, yah, istirahat aja. kalau mau misuh, misuh aja. Daripada dipendam dan pura-pura kalem, ntar malah tambah frustasi.

    mario ozawa??

    BalasHapus
  14. Siip... Setuju banget dengan prinsip-prinsip tersebut diatas kang... Bikin pikiran jadi padang maning...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena