15 Juli 2011

Lancar

Inget beberapa temen dan istri temen yang baru melahirkan keluarnya cewek semua, pas nelpon ibue, sempat aku tanya perkiraan adiknya Citra. Katanya, kalo lihat bentuk perut yang memanjang kemungkinannya cowok. Pas mengandung Citra dulu diperkirakan cewek karena bentuknya bulat dan ternyata benar. Sampai saat ini memang belum USG. Lagian baru 6 bulan jalan, belum bisa kelihatan cowok ceweknya. Dulu Citra saja baru ketahuan cewek setelah lewat 8 bulan. Mungkin karena bawaannya pemalu, jadi kalo pas diUSG lebih seneng ngimpet ga mau ngangkang.

Laki-laki atau perempuan buatku ga penting-penting amat. Persiapan baju bayi kayaknya ga bermasalah dengan kelamin. Toh ga ada popok cowok atau cewek. Soal nama aku ga pernah nyiapin jauh-jauh hari. Begitu anaknya keluar baru aku bikin, itupun ga pernah mikir panjang. Kebiasaan nulis blog secara spontan kali, jadinya cari nama anak dan artinya juga muncul secara instan.

Bila bicara soal gaya bahasa dalam nama anak, aku ga terlalu idealis. Cuma memang aku lebih suka pakai nama yang berbau Jawa. Bukan ga pengen nama anaknya keren sok kebarat-baratan atau kearab-araban. Aku cuma ingin anak ngerti bahwa dia bukan anak bule atau arab. Biar dibilang jadul yang penting maknanya bagus dan diharapkan anak bisa memahami bahwa falsafah Jawa begitu adiluhung dan wajib dilestarikan secanggih apapun jaman.

Aku bisa mengerti banyak temen yang menamai anaknya mengikuti modernisasi jaman yang kian menyudutkan budaya sendiri dengan budaya impor. Namun aku juga harus ngerti bahwa aku punya orang tua yang tinggal di kampung. Lidah mereka beda dengan lidah orang kota yang lancar mengucap kata-kata asing yang paling sukar sekalipun. Kasihan aja kalo melihat anak-anak temen di kampung yang kakek neneknya kesulitan menyebut nama cucunya sendiri. Seperti anak temen yang semua orang di kampung memanggilnya Hendro. Baru-baru ini saja aku tahu kalo nama di akte kelahirannya begitu keren, Andrew. Ada lagi yang namanya George. Tapi entah bagaimana sejarahnya, kakek neneknya memanggil dia Gejos.

Tapi sekali lagi, tentang nama lokal ini merupakan prinsip pribadiku.
Don't try at home...

Balik ke soal adiknya Citra...
Pas jalan-jalan waktu mudik kemarin, ibue pernah nyeletuk kalo nanti namanya Lancar. Aku sempat menanggapi serius sebagai permintaan seorang ibu. Lagipula itu bukan nama yang jelek dan berpengharapan besar agar jalan kehidupannya senantiasa diberi kelancaran. Eh, saat aku mikir tentang itu, beliau malah ngikik sambil nunjuk bis yang lewat. Citra Adi Lancar...

Ya memang bener sih...
Kan dah ada Adi dan Citra
Berarti tinggal Lancar yang belom
Tapi engga aja deh
Tar malah dianggap pencatutan merk





14 comments:

  1. prinsipnya oke juga Bang, saya dukung deh...klo nanti anaknya lahir, kasih nama busway aja Bang, dijamin ga ada yang nyamain dah...hehe

    BalasHapus
  2. Ibue ngomong ke Citra: Ndok, Lancar endi toh???
    Citra: Lancar tseh Sekolah bu...

    ----

    hem... kayanya Lancar juga okeh2 aja tuh buat dijadiin nama anak Kang.... apa mau ditambahin lagi, Raden Mas Lancar? hhe...

    trus klo tau2 perkiraan salah dan jadi Cewe? namanya jadi apaan?

    BalasHapus
  3. kalo cowok kasih nama wage saja, jawa asli itu

    BalasHapus
  4. anakku malah baru dikasih nama sampe batas akhir deadline (2 minggu setelah lahir), emak bapaknya bingung, krn semua pada pengen ngasih nama. Akhirnya 2 nama kakeknya di pakai ..

    hhihi, semoga yang lancar itu persalinannya nanti ...

    BalasHapus
  5. Lancar Jaya juga bisa, heheheh...

    BalasHapus
  6. Hahahaha, namanya jangan disamain sama merk donk...

    BalasHapus
  7. haha...kok bisa pas gitu sih namanya digabungin jadi merk bus?

    BalasHapus
  8. gak papalah mencatut nama, yang penting kerenz he he he...

    BalasHapus
  9. Mas, coba ya kalo mau ngasih nama anak itu, pilihlah nama yang bisa dipake buat manggil dia kalo dia main sama teman-temannya di tegalan dan nggak pulang-pulang.
    Bayangkan kalo dia bernama Adi, mbahnya kan tinggal teriak, "AdiiiiiIi!" Dengan huruf I di belakang kata, itu cukup buat manggil anak Mas sampek radius 1 kilo.
    Tapi coba kalo namanya Lancar, mbahnya mau teriak, "Lancaaaarrr.." Huruf R di belakang kata itu huruf mati, Mas, akibatnya huruf itu akan nyangkut di radius 300 meter doang padahal anak sampeyan mungkin main di tempat yang lebih jauh dari itu, jadi nggak akan denger kalau dipanggil mbahnya..

    BalasHapus
  10. hehehe koq bs nama anak-anak mas ada di bis :D
    namanya nt jangan kejawa-jawaan banget jg mas kasian nt suka bahan ejekan hehe :D

    BalasHapus
  11. Setuju mas, saya juga lebih seneng dengan nama anak yang berbau jawa, lha wong orang jawa, bukan bule atau bukan orang arab, he he he

    BalasHapus
  12. banyak belajar dari Om rawins kalo soal budaya Jawa, setuju Ommmmm! Ojok melu2 wong liyo Om,

    BalasHapus
  13. nama lokal tetap penting rupanya, terutama bagi orang kampung yg tak fasih nama inggris :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena