30 November 2011

Nyamuk Ngamuk

Menjelang masuk Desember, nyamuk-nyamuk hutan yang selama ini entah ngumpet kemana mulai nongol lagi sampai beberapa bulan kedepan. Kalo sudah kayak gitu, mulai deh jam malam eh sore berlaku. Mulai jam 5 sampai jam 7 sore, jangan harap bisa keluyuran di luar ruangan. Pintu dan jendela harus ditutup rapat biar nyamuk tidak pada masuk.

Nyamuk hutan Kalimantan memang luar biasa. Wujudnya super jumbo dan kalo gigit bentolnya juga ikutan jumbo trus susah ilang bekasnya. Untung aku dikasih tahu penduduk setempat untuk minum air rendaman akar pasak bumi. Tetap digigit memang, tapi ga gatal atau bentol-bentol lagi. Sayangnya temen-temen banyak yang menolak kalo aku tawarin akar pasak bumi karena rasanya memang super pahit. Padahal kata orang sini, minum pasak bumi bikin darah jadi pahit sehingga nyamuk ga suka.

Pakai lotion anti nyamuk ga bakal menyelesaikan masalah. Apalagi lotion sekarang ada yang rasa jeruk juga. Bisa jadi nyamuk malah seneng nyedotnya. Atau malah jadi suka karena di hutan gini jarang-jarang nyamuk bisa jajan es jeruk. Entah kalo badan diolesin baigon atau sekalian diminum. Kayaknya nyamuk ga bakalan mau gigit lagi karena mereka males kalo harus bongkar kuburan.

Yang males minum akar pasak bumi, kalo terpaksa harus keluar sore mau ga mau harus pakai jaket tebal. Soalnya kalo baju biasa tetap saja bisa tembus tuh gigitannya. Ada kejadian mengharukan pas musim nyamuk tahun lalu. Ada temen yang sore-sore kebelet beol. Kebetulan semua kamar mandi di mess ada orangnya. Nungguin orang ngebom sambil pesbukanmana tahan dia dengan desakan yang sudah mpot-mpotan di ujung pintu. Jadinya nekat ke toilet darurat tanpa atap yang di tepi hutan. Dia pikir bakalan aman dengan badan dibungkus rapat-rapat pakai selimut tebal. Dia ga mikir kalo orang boker itu mana bisa pantatnya tetap dibungkus. Alhasil boker ga jadi, pantat bentol-bentol sampai 2 hari.

Musim nyamuk gini, aku juga kepikiran yang di rumah. Aku inget Citra yang lagi belajar berbagi perhatian ke sekelilingnya. Kalo ada nyamuk menclok di kepala bapaknya sigap dia pukul keras-keras sambil teriak "mamuk..." Seneng juga sih punya anak perhatian. Tapi inget si Ncit suka banget nungguin si gundul Ncip yang lagi tidur, aku jadi suka was-was juga.

Nyamuk Jogja memang tak terlalu banyak seperti di Kalimantan sini. Tapi pasak bumi tidak bisa jadi solusi buat nyamuk Jogja dan pernah hidungku dibikin babak belur dibuatnya. Nyamuknya memang sendirian, tapi dia dia punya suporter si anak kriwil berjudul Citra. Nyamuknya mati engga, hidungku yang dihajarnya. Sejak saat itu, raket nyamuk jadi benda terlarang ada di tangan Citra.

Mamuk.. mamuk..

19 comments:

  1. wah mas nyamuk kalimantan mana tuh soalnya saya mau ke sampit nih kapung istri mending aku hindari kalau nyamuknya sebesar itu ih takut

    BalasHapus
  2. wow.... horor juga yah!!! pasti gak nyaman deh sama nyamuk2 itu... disini sih untungnya nyamuknya masih aman terkendali.. tapi tetep aja suaranya mereka terbang aja annoying... hm... obat nyamuk bakar udah gk mempan yah??

    btw salam kenal yah mas ^^

    thanks dah main ke blog saya...

    BalasHapus
  3. Sebenernya nyamuk tidak suka dengan kebersihan, jika ruang tidur kita bersih dijamin nyamuk ogah masuk. Menggunakan kipas angin juga solisi bagus buat ngindarin nyamuk. Oia saya pernah download app anti nyamuk gitu buat ponsel, percaya gak percaya sih itu nyamuk bisa kabur dengan app tsb, mungkin ada suara2 trtntu yg gak disuka oleh nyamuk yg ada di app tsb..
    Coba saja seacrh di google app anti mosquito

    BalasHapus
  4. wuiii ... nyamuknya gede gede ya
    di sini aku malah jarang liat nyamuk, nggak musim panas, nggak musim dingin, bisa dikatakan jarang ada nyamuk .. maka obat nyamukpun nggak bakalan laku deh dijual di sini

    BalasHapus
  5. nyamuknya segede bagong gitu sih..?
    biyang nyamuk..

    mo tak pinjemin raket nyamuk?

    BalasHapus
  6. nyamuk yang gigit tuh biasanya nyamuk betina.. kalo jantan nggak suka gigit apalagi ngisep darah.

    mandi yang bersih, trus pake kaoskaki dan sarung tangan tebel, celana panjang dan jaket.. kalo perlu pake kupluk sekalian. wkwkwk

    obat nyamuk bakar gak doyan?

    BalasHapus
  7. disini juga tumben2an lg banyak nyamuk.. suaranya bising banget

    tp untung deh gak segede2 itu bgt, dan gak bikin bentol berhari2

    BalasHapus
  8. serius tuh mas lotion anti nyamuk pun tdk mempan,,konon pakai electric anti nyamuk ya,,

    BalasHapus
  9. Halah, ngapusi... bilang aja minum Pasak Bumi sekalian buat ngasih efek sama yg lain hahaha... awas kang, kebanyakan minum pasak bumi gak ada yg bisa nampung nafsunya nanti di Hutan *Plak...

    tapi aku salut sama Nyamuk2 di kalimantan, sekali ngisep darah 1 liter kali ya, lha wong ukurannya jumbo gitu wkwk...

    BalasHapus
  10. Dimusim hujan harus lebih hati2, kehadiran nyamuk2 akan terasa bgt. Untung saja disini tidak terasa begitu banyak nyamuk jika dibanding kota besar seperti Jakarta dan seperti hutan yg tertulis diatas hehe... Salam!

    BalasHapus
  11. besar sekali nyamuknya ya, jadipenasaran sama hasl gigitannya :) pasti bentolnya besar juga kan

    BalasHapus
  12. Di kota aja nyamuknya udah mengerikan, apalagi di hutan ya. Ga pasang alat anti nyamuk? Itu tuh, semacam lampu yg kalo dinyalain nyamuk2 akan mendekat dan mati kena setrum?

    BalasHapus
  13. buset.
    itu nyamuk ukurannya besar sekali :(
    harus pakai pelindung berlapis:

    - obat anti nyamuk bakar
    - semprot baygon
    - raket nyamuk
    - lotion anti nyamuk.

    jadi kepikiran. seandainya di dunia ini tidak ada nyamuk?

    BalasHapus
  14. Sebenarnya nyamuk itu tidak menggigit, tapi menyubles atau menusuk. Lha menusuk aja sakit kayak gitu apalagi kalau menggigit, bisa sowel-sowel itu ntar kulit dan daging manusia.

    Eh, pasak bumi bukannya utk obat kuat mas?

    BalasHapus
  15. Hah?
    Baju biasa bisa tembus?
    Gawat tu berarti nyamuk.
    Kalo KP kesana mau pakek bajubaja aja biar aman.
    Hehe.

    Salam kenal dari Kopiah Putih.

    BalasHapus
  16. bukannya pasak bumi itu manfaatnya buat ibunya citra? :mrgreen:

    BalasHapus
  17. Sesuk nek kopdar Citra arep tak tuko'ne raket nyamuk :)

    BalasHapus
  18. waaahhh serem ya, liat nyamuknya, pada gede2...

    BalasHapus
  19. wkwkwk kasiiian tapi lucu juga, yg mau BAB, heehee

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena