28 November 2011

X2 Minta Pensiun

Sony Ericsson XPeria X2 yang sudah dua tahun lebih menemani sudah mulai menunjukan gejala-gejala pengen pensiun. Aku saja yang pekok hampir setahun belakangan ini bawa-bawa hape kantoran ke medan ekstrim. Debu batubara sudah jelas jadi menu sehari-hari. Kalo nemu musim begini sudah pasti sering kehujanan dan beberapa kali kecebur lumpur saat harus dorong mobil yang selip masuk kubangan.

Secara umum aku salut dengan daya tahannya dipake di tempat yang tidak semestinya. Hape slider yang katanya rawan kerusakan di kabel flexinya ternyata belum ada keluhan. Soal kenyamanan terutama untuk ngetik panjang dan cepat termasuk buat ngeblog sangat enak sekali. Bobotnya juga termasuk berat, sehingga oke banget buat ngelempar anjing yang nguber aku nyangka ada tulang jalan-jalan.

Aku paling suka tuh dengan browsernya IE mobile yang lebih enak navigasinya dibanding opmin. Untuk urusan data kantoran X2 didukung dengan MS Office Mobile 2010, jadinya ga kesulitan saat buka lampiran email berformat docx atau xlsx. GPSnya juga asik walau peta dari google map nya lumayan parah untuk wilayah Kalimantan. Sudah mendukung latitude juga sehingga keberadaan hape bisa dilacak dari PC. Payahnya aku jadi susah boong ke ibue misalkan bilang lagi di tambang padahal sedang keluyuran cuci mata di kota, kecuali hapenya aku tinggal di mess.

Dalam kondisi normal, X2 kesayangan ini pernah error sekali doang yang ternyata kehabisan memori internal gara-gara aku tidak menghapus sms dan mms yang jumlahnya mencapai 12 ribu sms. Sering aku buka beberapa aplikasi sekaligus tak bikin X2 hang, walau jalannya jadi lambat.

Untuk ngetik langsung menggunakan layar sentuh, X2 cukup responsif walau pakenya layar resistip yang nekannya harus pakai stylus atau kuku. Kerasa rada lemot tuh kalo buat ngedrag foto. Tapi ini bisa dimaklumi mengingat kameranya yang 8.1 MP sehingga ukuran fotonya sampai 2 MB.

Kekurangan yang mengganggu adalah memori card yang kadang ga kebaca. Kalo sudah begini, mau ga mau harus matiin hape trus cabut pasang memori card biar bisa kebaca lagi. Kelemahan lainnya adalah kalo kunci layar sentuh diaktifkan. Kadang jadi muncul permintaan unlock code padahal aku ga pernah ngeset itu. Untuk yang ini, mau ga mau harus dibuka paksa dengan cara melepas baterai.

Kekurangan yang paling mengganggu adalah baterainya yang boros. Keterangan dari websitenya, kalo dipake di jaringan 3G waktu bicara bisa 10 jam dan 6 jam kalo pake UMTS. Untuk yang ini aku belum pernah ngetes nelpon sampai 10 jam nonstop. Tapi bila dipakai onlen internet terus menerus kayaknya ga pernah nyampe 6 jam baterai sudah minta diisi lagi.

Kembali ke soal gejala penuaan dini si X2
Sampai pertengahan tahun lalu belum ada masalah. Beberapa kali dilempar Citra ke lantai pun masih lancar jaya segala urusan. Sering kehujanan juga tidak sampai error, makanya aku jadi pede abis bawa X2 ke lapangan. Pada waktu kecebur lumpur untuk yang kesekian kalinya, baru tuh salah satu speaker stereonya rada ngerebek. Tapi buatku ga masalah, karena aku jarang pake speaker keren itu buat nelpon atau dengerin musik.

Beberapa hari lalu si X2 jatuh pas aku manjat tower. Belum terlau tinggi memang, baru naik sekitar 10 meteran trus dia nyelonong dari saku. Setelah itu mulai dah secara rutin ngehang ata mendadak lemot abis tanpa sebab pasti minimal sehari sekali.

Walau masih bisa berfungsi baik, tapi aku jadi mulai mikir-mikir untuk cari ganti. Selingkuh memang kejam. Tapi kayaknya lebih kejam lagi kalo aku paksakan bawa anak kantoran itu ke tambang. Mencari ganti yang sekelas X2 dulu pasti aku sudah ga mampu lagi. Apalagi sekarang aku ga butuh-butuh banget aplikasi kantoran dan lebih memerlukan hape lapangan yang tahan banting seperti Ericsson R310 sirip hiu ku dulu.

Buka sana sini, pilihan jatuh ke XPeria Active yang katanya tahan banting, debu dan air. Pake android yang aku harap bisa nyaman juga buat ngeblog. Speknya lumayan oke dibanding harganya yang ga sampai 3 jutaan. Namun ada masalah yang cukup mengganggu buatku, yaitu waktu bicara yang cuma 4,5 jam saja. Bisa kedodoran tuh dipake kerja di hutan begini.

Trus ada satu lagi masalah yang lebih besar dari soal baterai
Bisa ga aku meyakinkan ibue kalo beli hape itu sama pentingnya sama beli susu Citra...


20 comments:

  1. bener2 X2 yg penuh jasa, di museumkan sj mas,, kelak kan tetep jd kenangan,,

    BalasHapus
  2. lempar ke sini aja, raw...
    aku mau koq..

    BalasHapus
  3. wah.
    ikut prihatin.
    kasian itu hape.
    tabahkan hatimu, X2 :D

    BalasHapus
  4. waduh kalau masalah baterai tuh sebenernya paling utama mas,soalnya kalau lagi pergi jauh kemana gtu kan yang diandelin daya tahan baterai
    mending ganti aja mas,sama tipe hp yang sama tapi daya tahan baterai lebih tahan lama

    BalasHapus
  5. set dah sms/mms sampai 12 ribu.... gileee

    BalasHapus
  6. gak minat BB pak?
    pertanyaan yg gak perlu jawaban krn sdh tau jawabannya dari postingan sebelumnya.

    BalasHapus
  7. langsung talak 3, biar si x2 ga bisa minta rujuk

    BalasHapus
  8. waaahhh sayang ya, hapenya pensiun, padahal kereeeennn...hee
    tahan banting juga...

    BalasHapus
  9. suksess deh buat ngeyakinin ibuenya, hee

    BalasHapus
  10. semoga ibu nya Citra membaca postingan panjang lebar ini dan merestui pembelian hp baru nya...
    semoga sukses ya Om hihihii....

    BalasHapus
  11. Pake Hape Sonim om.. Outdoor banged. Pengen... Tapi harganya masih diatas 5jt... bisa-bisa disuruh tidur outdoor juga nih sama bini... :))

    BalasHapus
  12. simpan saja dan jadikan barang kenangan, beli baru lagi sob.

    BalasHapus
  13. wach, jadi kepengen beli hape ini juga.., tapi nunggu ntar ajadeh kalo dah kerja kantoran.., hehee...,;D

    BalasHapus
  14. Ibuku sebagai pemilik sekolah tempatku kerja malah punya BB. Aje gile. Eh aku dilamar orang, piye yo kok malah bingung...

    BalasHapus
  15. kasihan terlalu capeek kali tuh mas,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  16. rata-rata hape dipake kan biasanya 2 tahunan. tapi kalo dibawah itu dah minta ganti yaa berarti emang pemakenya keseringan memperkosa si hanpon.

    hehehe.

    yaudah, emang penting koq... bilang dengan ancaman : hayoo.. ganti hape baru atau nggak kutelepon sebulan?
    #plak

    BalasHapus
  17. hapenya kuat juga ya,tahan banting,tapi tetep punya kekurangan
    beli lagi aja mas,

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena