21 November 2011

SMS Gratis

Pada jaman dahulu kala, ketika tarif sms masih 350 perak, kayaknya punya hape tuh damai banget. Tarif nelpon ke operator yang sama sampai 4000 perak per menit. Voucher pulsa paling murah 100 ribu. Boro-boro kepikiran buat iseng, untuk urusan kerjaan juga harus ekstra ketat.

Sekarang operator sudah begitu jor-joran dengan bonus nelpon dan sms gratis walau dengan syarat ketentuan berlaku. Perilaku orang mulai berubah mengikuti tren berubahan itu. Kalo dulu mau nelpon harus nunggu sore hari biar lebih murah, sekarang kondisinya kebalik. Lebih kacau lagi, banyak operator yang memberlakukan gratis nelpon dini hari. Jadinya banyak temen yang suka iseng gangguin orang tidur memanfaatkan telpon gratis itu.

Bonus sms gratis juga sama efeknya. Damai saja orang membanjiri temannya dengan sms-sms ga jelas. Selama masih dalam batas wajar sih gapapa. Tapi kalo sudah seperti seorang teman yang kurang kerjaan - kalo terlalu kasar dibilang kurang ajar - lama-lama bikin bete juga. Dalam satu menit bisa 10 smsnya masuk ke hapeku tanpa ada keperluan yang jelas. Isinya kebanyakan forward sms-sms orang lain. Mungkin sms dari si A kirimin lagi ke si B, C, D dan seterusnya.

Aku sendiri tak pernah mau menggubris apalagi keisengan membalas. Soal kegemaran dia yang aneh, aku sih ga mau tahu. Toh itu hape dia, jempol dia dan energi serta waktu juga punya dia. Tapi aku kadang kawatir kalo suatu saat dia kirim sms penting. Biasa smsnya ngaco, pas dia dalam kondisi darurat hampir mati butuh pertolongan malah aku cuekin.

Operator mungkin tak pernah memikirkan hal ini. Kali aja prinsip dia hanya man behind the gun. Niatnya promo cari pelanggan sebanyak mungkin, mau diapain juga fasilitas gratisnya mereka tak mau tahu. Maraknya penipuan lewat sms semacam mama lagi beol di kantor polisi minta kirim air juga seperti tak ada efeknya.

Ada juga orang bisnis yang memanfaatkan fasilitas sms gratis untuk promo dari hape ke hape. Tinggal ketik satu kalimat kirim ke sembarang nomor secara acak memanfaatkan program robot. Buat mereka mungkin itu sangat menguntungkan. Tapi buat penerimanya, kadang bikin sebel.

Soal promo lewat sms ini, operator juga ikut-ikutan nyampah. Berbagai premium content mereka bagikan juga ke pelanggannya. Ini yang katrok menurutku. Di internet saja, provider suatu layanan hanya kasih iklan kepada user yang gratisan. Kalo mau bayar, semua iklan dihilangkan dan dapat akses lebih cepat untuk layanannya. Ini mah sudah bayar, kebanjiran iklan dan aksesnya pun tetap saja lelet. Kalo iklan itu merupakan kompensasi atas bonus sms gratis, harusnya konsumen dikasih pilihan dong. Mau dapat sms gratisan apa mau bersih dari sms ga jelas.

H4!, 4q Na6 MaM4H Y4nK PLnK Mo3T M4w kN4Ln. BoLeQh QaNd? B'LeCh Yu4cH! PL15zZZ

*Muntah...

12 comments:

  1. wew, penutupnya alay banget Ommm.

    sms2 penipuan kadang bikin saya ngakak dan terheran2. bahasanya itu lho ngawur abis nggak pandang bulu siapa yang dikirimin. beruntung sih bukan temen atau kerabat yang ngerjain, ya mudahan aja temen2nya Om Rawins yang suka usil insap deh :D

    BalasHapus
  2. bisa yah bahasa alay,hebaat.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  3. Wah ada sms begituan di inbox mu mas ..... wewewe dari siapa? he he

    BalasHapus
  4. dulu sekitar thn 2000 aku sempat smsan gratis dari ICQ,ehnemu jodoh disitu juga :-D

    BalasHapus
  5. seperti kata mbak lidya, ada salah satu temenku dapet jodohnya yaa dengan media sms gratis ini. berawal dari sms ngacak nomor, jadilah temenan, deket..deket... jadilah menikah...

    BalasHapus
  6. hehehe..nomornya keliatan :D
    eniwei, Raw..
    box komennya bikin ribet nih..
    ganti napa sih? yg dulu udah enak koq..

    BalasHapus
  7. untung aku bukan orang terkenal, jadi jarang dapat sms :D

    @ ay: pakai embed below post justru susah komennya

    BalasHapus
  8. iya nich, kokom (pasukan ureng²) aja sampe ikutan nyampah lewat sms...,, T_T

    BalasHapus
  9. iya yah
    inget jaman dulu banget ya
    sms masih 350.
    nilai voucher terendah waktu aku baru punya HP masih 50ribu.
    waktu masih kuliah, 50 ribu tuh harus cukup buat 2 bulan!! heheheheee
    bener bener ngiriiiit
    mau sms aja mikir mikir

    BalasHapus
  10. Hhahaa...setubuh mas, kadang suka sebel dengan SMS2 gaje kayak gitu.
    Ada agen pulsa lah, sms konten premium lah, aih...mumet jadinya :D
    Btw, si mas hebat bisa sms alay :P

    BalasHapus
  11. wkwkwkw keren juga basa alay nya mas...

    BalasHapus
  12. mas broo bisa juga bahasa alay nya..
    hemp...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena