02 November 2011

Sindrom Saba Kota

Kemarin bersama beberapa orang teman merapat ke kantor Jakarta untuk keperluan meeting. Namanya orang hutan pergi ke kota apalagi di tanggal muda, materi meeting kayaknya sudah ga begitu kepikiran. Maunya buru-buru sore biar bisa ngeluyur berwisata kuliner memuaskan hasrat sindrom keluar hutan.

Makanya begitu si bos bilang meeting dilanjut besok pagi, kalo anak SD mungkin sudah berteriak surako surak hore sambil jungkir balik. Ga mikir mandi apa ganti baju, masuk mess cuman naruh letop langsung nyetop mikrolet cari tempat makan yang asik. Walau bareng 3 orang teman yang semuanya orang kota, kelamaan di hutan membuat sindrom si Kabayan saba kota turut menghinggapi. Keluar kantor jam 6 sore, nyampe 9 masih saja muter-muter gonta ganti angkot sambil terus berdebat bego mau kemana makannya apa.

Keburu laper, akhirnya hinggap jalan Sabang. Beneran sindrom yang parah. Kebiasaan tiap hari di mess lauknya indosiar alias ikan terbang mulu, melihat makanan berderet-deret rasanya enak-enak semua. Baru pesen minuman saja sudah hampir memenuhi meja. Empat orang yang duduk, gelas di meja ada kali 12 biji. Beneran persis onta deh.

Indah bener menikmati makan kaya orang kota. Pengamen, pengemis sampai SPG nawarin rokok serasa bukan pengganggu. Setiap abis ngasih recehan ke pengamen, tak lupa kasih pesan supaya temennya suruh datang lagi. Ke SPG yang hilir mudik juga pesennya sama, tapi dikasih embel-embel ada pin BB ga..? Wes, pokoknya kena sindrom belagu abis juga sampe lupa kalo aku ga punya blekberi.

Belum puas lidah tapi tangki sudah melebihi kapasitas, baru kepikiran siapa yang bayar duluan. Soalnya di perusahaan ini memang rada diskriminatif. Yang pake rekening BCA atau Mandiri, tanggal 1 gaji sudah masuk. Karena di kota deket site cuma ada BRI, karyawan tambang yang gajiannya tanggal 5 juga harus lewat BRI. Katroknya, karyawan dari Jakarta yang pakai BRI juga jadi ikutan tanggal 5 gajinya dikirim.

Ternyata yang 2 orang pakenya BRI. Jadinya mereka melirik ke aku dan si Mamang. Si Mamang emang pake BCA tapi ATMnya dipegang istrinya. Kalo aku gajian memang langsung masuk ke rekening istri biar ga ribet dan yakin banget kalo tanggal segini ibue pasti belum transfer uang jajanku.

Untung uang akomodasi ke Jakarta masih ada sisa jadinya ga harus ninggalin KTP. Soal ongkos balik ke Kalimantannya gimana besok. Memang kalo cuma mikir ongkos, akomodasi itu lebih dari cukup. Tapi setiap mau balik ke Jawa, selalu saja borong oleh-oleh dan disisain pas seongkosan pulang.

Aku sendiri kalo untuk urusan ongkos dan jajan, selalu merasa ga enak kalo harus minta ke ibue. Buatku gaji itu 100% hak buat yang di rumah. Apalagi ibue pernah bilang, gaji itu ibarat menstruasi. Datang setiap bulan, namun hanya bertahan seminggu lalu pergi sampai dia datang lagi.

Kalo sudah begini, memang suka kepikiran untuk menambah nominal anggaran nakal. Tapi aku tuh paling susah kalo ditanya ibue punya duit apa engga trus bilang engga padahal abis dapat sabetan dari luar. Jaman masih kerja di Jogja dulu pernah dikasih amplop sama seniman yang lukisannya laku. Aku simpen amplopnya di laci di bawah tumpukan kertas sebagai cadangan kalo-kalo butuh sesuatu. Pas ibue beres-beres mejaku yang berantakan, dia nanya, "yang di laci duit apa, yah..?"

"Emmm uang sial, bu.."
"Kok uang sial..?"
"Emang sial. Udah diumpetin masih ketauan juga..."

Dah dulu ah...
Dah mulai ngelantur dari awal cerita
Selamat menikmati tanggal muda, teman...

Mobile Post via XPeria

 

11 comments:

  1. gajine numpang lewat doank mas...

    BalasHapus
  2. hahahhaa... ketawa ngakak

    "Emmm uang sial, bu.."
    "Kok uang sial..?"
    "Emang sial. Udah diumpetin masih ketauan juga..."

    Buatku tanggal muda ngak ngefek mas, tetep aja ngak ada duit :D

    BalasHapus
  3. Hahaha... Kayak saya kemarin. Pergi ke kabupaten tetangga yang udah rada kotaan dikit. Liat salon, langsung pengen nyalon, facial, potong rambut.. Liat makanan yang menunya macem2 rasanya seneng banget. Tapi, efek buruknya pas udah balik ke kabupaten tempat kerja. Selera makan jadi kurang, malah kepengen yang di kabupaten tetangga yang pilihannya banyak.

    BalasHapus
  4. gadein blekberi aja.... oh iyah lupa, kan ga punya blekberi wkwkwkwkkk....

    BalasHapus
  5. jadi dapat berapa nih pin bb? :D

    BalasHapus
  6. aku punyanya stoberi gimana dong? :)
    jadi ingat cerita temen (ini beneran cerita temen loh bukan cerita pribadi hihihi), uang sialnya disembunyikan di dalam sepatu lalu ditinggal mudik setelah kembali uangnya berserakan dimakan tikus,benar-benar sial hihihi.

    BalasHapus
  7. Haha, uang gaji kayak menstruasi! Setuju banget!

    BalasHapus
  8. husss , mana ada uang sial?
    hahahhahahahaaaaa

    meskipun sial, yang penting halal kan?

    BalasHapus
  9. Uang sial? hahaha... makanya, nyimpen uangnya yg rapi dong Kang.. :p

    BalasHapus
  10. Itu ganti2 angkot apa ongkosnya tidak mahal? Atau ongkos angkutan umum di jakarta memang murah ya?

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena