14 Januari 2010

Polisi Tidur Canggih

Kini sudah ada polisi tidur tercanggih di dunia yang tidak akan membuat kita kesal ketika harus menurunkan kecepatan. Alat yang bernama Smart Speed Bumps ini adalah sebuah polisi tidur yang pintar dan cukup 'ramah'. Terbuat dari lembaran baja yang dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi besarnya tekanan dan sentuhan (impact) dari mobil yang lewat.

Kecanggihannya adalah pada saat mobil berjalan pelan diatas Smart Speed Bumps, maka polisi tidur ini akan menjadi rata dengan jalan sehingga si pengendara tidak akan merasa terganggu. Akan tetapi jika bila anda ngebut, otomatis polisi tidur ini akan tetap berada di posisi semula sehingga membuat pengendara akan sadar untuk memperlambat laju kendaraan.



Kelebihan lain dari Smart Speed Bumps ini adalah tidak membutuhkan sumber tenaga dari listrik jadi boleh dibilang pemasangan polisi tidur ini sangat mudah. Sayangnya tidak dijelaskan energi alternatif apa yang digunakan untuk menjalankan sensor dan motor yang ada. Mungkin idenya diambil dari teknik pada sabuk pengaman. Dimana bila kita tarik perlahan akan mulur dengan mudah dan akan terkunci kencang bila kita sentak.

Tapi ketika bicara harga, jangan kaget bila satu unit Smart Speed Bumps ini dibandrol US$ 1.500 atau sekitar Rp 15 jutaan yang bisa digunakan selama 10 tahun. Ilang ga kalo dipasang di jalanan Indonesia..?

Masih mau coba pakai polisi tidur canggih ini atau tetap pakai yang konvensional pakai semen yang murah meriah plus enek. Atau masih memikirkan tentang polwan mlumah..?

Infonya dari sini

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena