15 Januari 2010

Polosnya Anak-Anak

Masih tentang anak-anak yang identik dengan kata polos. Aku jadi inget waktu jaman anak-anak masih suka tidur di mushola. Waktu itu ada yang ribut hanya karena saling ejek dengan panggilan menggunakan nama orang tua. Aku yang sedikit lebih tua mencoba menasehati bahwa orang tua itu harus dihormati. Tidak baik nama orang tua dipakai sebagai bahan ejekan. Memanggil nama saja tanpa embel-embel bapak, abah, lik dsb pun bisa dikategorikan tabu menurut ukuran waktu itu.

Waktu itu masalah sudah beres dan tidak ada buntutnya. Cuma besoknya aku ditegur mbah kyai, katanya aku ga bener ngajarin anak-anak yang lebih kecil. Namanya juga jaman dulu, asal mbah kyai ngomong apa ya harus jawab iya, tidak ada kata lain, apalagi membela diri. Dan masalahnya tuh pas shalat berjamaah setelah insiden itu, pada saat mbah kyai sampai pada bacaan waladolin, ada satu anak yang bikin masalah, pake volume maksimal lagi. Pas diinterogasi, dia jawabnya, "dilarang mas eko nyebut orang tua pake namanya saja." Karena bapaknya namanya Amin, jadinya dia teriaknya Abaaaaaah....



Nah, kalo udah gini yang pola pikirnya kekanak-kanakan tuh anak kecilnya apa yang tua..? Apalagi kalo inget kejadian lain di mushola itu juga.

Kebetulan waktu itu aku tuh lagi terserang batuk. Waktu shalat gatelnya ga ketahan dan batuklah aku. Temen di sebelah yang juga sama-sama baru belajar ngaji komentar. "Eh, shalat ga boleh batuk-batuk."

Aku diam saja. Eh, malah temen lain yang nyahut. "Sembayang koh ngomong..? Batal tau..?"

Ada yang ga tega kali, lalu mbelain "Dia kan ga ngomong, cuman batuk.."

Aku yang dari tadi diem ikut ga tahan, "Lah.. kamu malah ngomong."

Disebelahku ada jamaah yang sudah gede ikutan ga tahan, "Sssst... Dah diem, tar dimarahin mbah kyai"

Baru saja semuanya diem, dari depan ada yang ngebentak,"Shalat kuwe lagi ngadep Gusti Alloh.. Aja malah padha ngobrol dhewek-dhewek..!"

Lah.. mbah kyai kok...??? He he he...

Ternyata kepolosan anak-anak ga cuma milik mereka saja yah..? Aku suka yang polos-polos jadinya...


1 comments:

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena