15 September 2011

Balon

Satu hal yang tak boleh dilupakan saat melepas Citra di tempat keramaian lapang adalah balon. Aku sendiri ga tahu kenapa dia suka banget nyamperin tukang balon. Mending kalo dia memang suka dan merasa cukup setelah dibelikan satu. Ini mah cuma mau iseng doang, ngacak-acak dan ngelepas-lepasin balon dagangan orang. Makanya pengawasan harus super ketat kalo dah nemu mainan yang satu itu.

Mau komplen juga susah. Karena waktu aku kecil dulu juga suka mainan balon. Tapi beneran buat mainan dan cukup satu biji tanpa ada niat isengin orang. Biasanya balon aku ikat pakai benang yang panjang dan diterbangkan tinggi-tinggi seperti orang main layangan. Bisa jadi ini merupakan pelampiasan akibat aku ga pernah bisa menerbangkan layangan dengan baik dan benar.

Suer. Waktu kecil aku gabisa main layangan. Untuk menerbangkan aku harus lari-lari sepanjang lapangan dan layangan langsung terjun bebas setelah aku berhenti berlari. Mungkin ngiri dengan mereka yang pintar main layangan bahkan pakai acara sangkut-sangkutan, jadinya aku pindah haluan ke balon.

Tapi jangan salah. Dulu aku pernah diselamatkan balon sehingga aku bisa berumur panjang sampai sekarang. Waktu itu aku belum sekolah dan lagi silaturahmi ke rumah pakde di bilangan Plumpang Jakarta. Karena dekat dengan bandara Kemayoran, disitu pesawat terbang hilir mudik setiap waktu.

Dasar orang kampung yang jarang melihat pesawat terbang serendah itu, setiap ada pesawat lewat aku pasti lari ke halaman. Kebetulan di halaman rumah pakde ada sumur milik rame-rame yang gorong-gorong pembatasnya hanya setinggi setengah meter. Lari-lari dengan kepala terus tengadah melihat pesawat lewat, aku ga melihat sumur itu dan langsung kecebur.

Untung aku anak kampung yang tiap hari main di sungai, jadinya aku ga sampai tenggelam. Tapi siapa sih orangnya yang akan tahu, kalo ada anak kecil yang lagi berendam dalam sumur. Sementara di jam-jam segitu, jarang banget orang berkepentingan ke sumur. Untung saja aku sedang mainan balon kesayangan dan tak dilepas walau aku berada dalam sumur. Jadinya balon itu terlihat orang lewat dan aku dapat pertolongan saat mulai kelelahan berenang-renang.

Sejak saat itu aku makin fanatik dengan balon dan tetap tak bisa menerbangkan layang-layang. Setelah agak besar, dimana teman-teman beradu kreasi membuat layang-layang dengan berbagai model. Aku bikinnya balon raksasa pakai plastik besar dan dikasih lampu minyak tanah untuk menerbangkannya. Baru kapok bermain balon udara panas ketika balonku hampir membakar rumah tetangga gara-gara mendarat di atap sebelum apinya padam.

Makanya melihat Citra suka balon, aku anggap itu sebagai potokopian dari masa kecilku dulu. Cuma sayangnya, hobi Citra ga cuma dalam hal isengin tukang balon doang. Saat jalan-jalan, sepanjang perjalanan yang diputar di audio mobil ga bakalan jauh dari lagu balonku.

Gimana ga bikin suntuk bila berjam-jam harus dengerin lagu balonku
Dan sepanjang waktu harus selalu teriak dooorrr...!!!


9 comments:

  1. terus terang saya ngakak baca kalimat terakhir dooorr ..... membayangkan pasti Citra seneng bgt denger kalimat ini :)

    kalau di kampungku sini pas musim panen akhir spt ini kadang kadang melintas balon udara lewat di atas langit

    BalasHapus
  2. hohoho..

    sy jg suka lari2 klo ad pesawat, hahhahaha

    BalasHapus
  3. hahaha, jadi kebayang2 masa lalu sendiri ya Om kalau ngeliat tingkah polah Citra... ada ya cowok nggak bisa nerbangin layangan, hhe

    BalasHapus
  4. Makanya, demi generasi penerus kita, kita harus bikin lagu balonku versi kita sendiri

    Balonku ada lima..lima dikali dua sama dengan sepuluh...sepuluh pangkat lima sama dengan...huuuuuuu...heal the woooooorld, make it a better placeeeee....hahahah

    BalasHapus
  5. Walah hahaha... sumpah ngakak baca postinganmu seng iki kang, dimulai dari gak bisa main layangan sampe terobsesi sama balon dan sampe bikin balon udara yg hampir bikin rumah orang kebakaran dan akhirnya diselamatin balon hahah... ndak nyangka kowe ra iso dolan layangan kang :) *peace aku malah waktu kecil suka banget main layangan malah amep ngejar layangan putus masuk sawah2 orang wkwkkw... :)

    tapi untuk hoby-nya Citra kayanya dia tau bapaknya banyak duit jadi mendingan diisengin aja tukang balonnya biar terbang semua, kan tukangnya minta ganti tuh sama Bapaknya, bapaknya mau gak mau ganti kan tuh? aman deh rejeki tukang balon, sebenernya Cotramu tuh punya jiwa yg care sama Tukang balonnya kang wkwkwkwk... :)

    BalasHapus
  6. @ Ajeng Sadako:

    aku juga ga bisa mainin layangan :(

    BalasHapus
  7. balonku ada lima....Dooor gak jadi nyanyi deh balonnya udah keburu pecah :-D

    BalasHapus
  8. ndak masalah biar ndak tw main layangan...yg ptg tw cara pasang kabel :D

    BalasHapus
  9. Jadi kalau Citra aneh2 ya jangan diprotes... wong yo fotocopy-an bapake kok... hheheh

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena