17 September 2011

Nyleneh

Hidup nyleneh dari orang kebanyakan ya seperti ini. Ga pernah bisa mengikuti apa yang sudah menjadi kebiasaan orang lain termasuk urusan malem minggu. Saat di hutan begini, mau malem minggu mau jumat kliwon tak pernah ada bedanya. Setiap waktu cuma kerjaan mulu yang dipikirin.

Bales dendamnya ketika cuti. Ga mikir akhir pekan apa engga, pokoknya jalan-jalan setiap hari. Menjelang cuti memang selalu membayangkan. Saat cuti nanti mau bobo siang banyak-banyak, itung-itung menggemukan badan. Begitu nyampe rumah, kenyataan bicara lain. Cuti 2 minggu, diam di rumah paling banter cuma 3 apa 4 hari doang. Juragan besar dan kecil maunya keliling terus. Tapi mau komplen ga tega, kepikiran selama 3 bulan ga pernah ngurusin.

Kalo saja kondisi ibue Citra tidak seribet sekarang, aku mungkin bisa agak tenang pergi jauh seperti ini. Sendirian di rumah dalam kondisi hamil tua saja sudah jadi pikiran. Ini masih harus urus si kriwil yang bandelnya minta ampun. Anak cewek tapi ga betah di rumah, senengnya lari-lari di lapangan.

Waktu pamitan akan balik ke Kalimantan kemarin, sempat sedih juga waktu ibue bilang, "gada supir lagi, deh..." Aku cuma menghibur dikit, kalo kangen kan bisa nelpon apa ceting. Eh, ibue "keukeuh" kembali ke soal supir. Aku baru ngeh, ketika ibue duduk di belakang setir. Kalo kursinya dimundurin, kakinya ga nyampe ke pedal gas. Kalo dimajuin, setirnya susah muter kena perut yang memang lebih monyong dibanding saat hamil Citra dulu.

Punya anak aktif seperti Citra memang sedikit serba salah. Dikekang dalam rumah atau sebatas pagar teras rasanya kok kejam sekali. Makanya diputuskan untuk melahirkan di kampung, biar Citra ga terlalu menjadi beban. Walau memang untuk urusan fasilitas medis, Jogja jauh lebih lengkap dan nyaman. Tapi kalo mau bertahan di Jogja, kayaknya harus ngontrak kraton biar anaknya punya alun-alun buat tempat lari-lari.

Aku sering ngajak ngobrol Citra agar jangan terlalu merepotkan ibunya. Kalo mau lari-lari ya jangan terlalu jauh atau mendekati tempat bahaya, biar ibue ga perlu pecicilan nguber-uber. Tapi namanya anak baru umur setahun, dibilangin apa aja boro-boro nanggepin. Ngerti aja kayaknya engga.

Eh, tapi engga juga ding...
Citra suka menatapku dalam-dalam seperti ingin ngomong apa
Bisa jadi dia mau bilang kalo dia sebenarnya ga pengen seperti itu
Atau malah komplen, "tau ibu repot, bukannya bantuin malah sibuk motoin..."

Maapin ayah ya, nak...

2 comments:

  1. Citra masih manggil Ayam? :D
    Semoga Mamake Citra sehat2 aja, Kang

    BalasHapus
  2. Wah, kalau ibunya Citra melahirkan di Yogya kasihan juga mas karena gak ada yg ngurus anak2 nanti dan gak ada yg ngurus ibunya pasca lahiran.

    Iya ih.. bapaknya keterlaluan, tahu istrinya hamil besar dibiarkan saja lari2 ngejar Citra... Duh, kriwilnya Citra menggemaskan :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena