07 Desember 2009

Download Film Balibo..?

Mendengar kisruh film Balibo Five yang ga boleh diputar di Indonesia, cepetan aku cari link buat donlot film itu. Welahdalah, seminggu nyari kok belum nemu juga. Rupanya film besutan Australia itu tak secepat Hollywood masuk pasar gelap alias donlotan gratis.

Bukan aku sok heboh dengan barang baru, cuma aku pengen nonton sebelum pada akhirnya ikutan komen tentang film itu. Kan ga lucu kalo ikut ribut padahal belum pernah nonton...

Kayaknya sementara waktu aku harus puas hanya dengar cerita orang tentang sinopsis film itu. Dan katanya film itu menceritakan tentang 5 wartawan Australia yang tewas tahun 1975 di Timor Timur.

Aku jadi ingat film lama berjudul Missing. Yang menceritakan hilangnya seorang wartawan idealis Amerika di Chile ketika ada kudeta yang berbau militer pada tahun 1973. Beth Horman dan mertuanya Ed sibuk mencari tahu di tengah intrik kekuasaan yang berbahaya. Dan diakhir cerita diketahui bahwa kebohongan publik itu justru datang dari pemerintah Amerika, negaranya tercinta.

Kenapa waktu itu film itu tidak dicekal masuk Indonesia oleh Badan Sensor yang guntingnya teramat tajam di tangan Orde Baru. Padahal dalam film Missing kode misinya menggunakan kata Jakarta 65. Dengan kata lain, kekacauan politik itu disamakan dengan peristiwa G30S/PKI.

Kembali ke soal Balibo.
Kenapa masyarakat kita tak dibelajari untuk berpikir dewasa dengan main cekal semacam itu. Padahal dengan pencekalan itu, masyarakat justru malah penasaran dan mendongkrak popularitas film tersebut.

Kenapa pula kita dibuat sensitif hanya oleh hilangnya 5 orang wartawan asing, sedangkan ribuan TNI yang gugur dalam Operasi Seroja tak pernah diungkap. Apalagi setelah Timor Timur lepas dari pangkuan Ibu Pertiwi.

Padahal mereka hanyalah korban dari ambisi penguasa waktu itu. Yang mau tidak mau kita harus memberikan titel pahlawan kepada mereka. Minimal pengorbanan pasukan TNI waktu itu sedikit dihargai dan tidak dianggap sia-sia...

Kalo ada yang punya link download gratis, bagi yah...
Terima kasih sebelumnya...


1 comments:

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena