11 Desember 2009

Opera Mini Beta 2

Belum lama ini Opera kembali meluncurkan Opera Mini Beta 2. Mesin penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel ini disebut-sebut sebagai hasil revisi dari versi pertama yang terdapat beberapa masalah pada aplikasinya.

Menurut informasi, pada Opera Mini 5 Beta 2 tidak terdapat perubahan ataupun penambahan fitur, hanya saja terdapat perbaikan-perbaikan kecil pada aplikasinya agar bisa berjalan lebih baik dari versi sebelumnya yang sudah diluncurkan sejak empat bulan lalu.

Opera menjanjikan tampilan-tampilan yang telah disempurnakan layaknya sebuah browser di komputer biasa dan juga peningkatan kecepatan browsing yang lebih cepat dari sebelumnya. Dan pada percobaan pertama, memang terasa lebih cepat dari versi 1. Tapi ini belum menjamin, karena susah sekali untuk mengetes kecepatan pada jaringan seluler kita yang terkenal edan eling.

Opera Mini 5 Beta 2 tetap dilengkapi dengan Tabbed Browser, Speed Dial dan juga Password Manager. Yang paling menarik adalah fasilitas download manager yang sebelumnya tidak ada. Pada versi sebelumnya, kalo kita donlot file, otomatis opera akan membuka browser bawaan hape untuk download. Dengan adanya download manager ini kita bisa mempause atau resume donlotan kita.

Lalu untuk pengguna keyboard qwerty, bila menggunakan fasilitas inline editing suka kesulitan bila menekan angka. Harus beberapa kali mencet baru nyampai ke angka tersebut tanpa adanya penunjuk. Pada versi 2 ini, walau masih harus menekan beberapa kali, tapi petunjuknya sudah ada. Sehingga kita bisa memperkirakan harus menekan berapa kali untuk mancapai angka atau simbol. Atau diakali dengan menekan tombolnya agak lama sampai angkanya muncul.

Kemudahan inline editing yang lain, sebelumnya kalo aku menekan tombol spasi kursor tidak akan jalan. Di versi 2 ini sudah ok.

Sayangnya, untuk tombol enter masih belum sesuai harapanku. Pada editor hape, bila enter ditekan, akan terbuka paragrap baru. Di opera bila enter ditekan, malah keluar dari editor, dianggapnya kita sudah selesai mengetik. Kayaknya ini yang masih perlu diperbaiki. Bagaimanapun dengan inline editing ini, acara ketik mengetik lebih nyaman daripada harus membuka editor bawaan hape.

Mungkin ada masukan dari yang lain neh. Baru nyoba satu jam soalnya. Ehya, aku nyobanya pakai Nokia E90. Dengan hape lain mungkin bisa berbeda hasilnya.
Sharing yah...

Penjelasan lengkapnya ada disini
Penjelasan versi sebelumnya disini
Yang mau donlot ke PC klik disini
Donlot langsung ke hape ketik m.opera.com/next

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena