20 Agustus 2010

Lepas Satu Ketergantungan

Dulu aku pernah berpikir, bahwa hidupku sudah tak bisa lagi lepas dari yang namanya hape dan internet. Namun ketika keluar kerja kemarin dan aku kebanjiran telepon atau sms, hape sengaja aku matikan. Seminggu ini, jangankan ingin menyalakan hape, menyentuh pun aku malas. Sebenarnya yang bikin malas tuh bukan hapenya, tapi tema sebagian besar telpon dan sms yang masuk. 

Banyak temen yang ga percaya aku keluar kerja begitu saja tanpa kabar berita atau tanda tanda alam di awalnya. Yang lebih menyebalkan lagi, tahu aku jadi penganggur, mereka nelpon tuh bukannya nawarin kerjaan. Tapi pada nanya aku mau kerja dimana atau usaha apa, mereka bilang pengen ngikut.


Seminggu hidup tanpa hape, hari ini aku coba aktifkan lagi. Eh, masih ada dua sms nyantol dari anak-anak di kantor mulai ngomel tentang kepergianku. Katanya ga ada aku, suasana jadi sepi. Padahal suer, aku tuh bukan biang keributan.

Walau cuma seminggu, tapi cukup untuk merubah pemikiranku selama bertahun-tahun yang selalu berambisi meletakan dunia di genggaman tangan. Asal dengar ada hape tipe communicator baru, segera aku berburu reviewnya. Bukan untuk mengejar tren atau biar dianggap gaul seperti sebagian kaum blekberiah saat ini. Kebutuhan chatting, jejaring sosial atau produk non produktif semacamnya ga pernah terlalu aku pikirkan. Yang aku pentingkan adalah kemudahan aplikasi office dan internetnya. Harga hape yang bisa dapat letop 2 biji tak pernah aku perhitungkan. Pokoknya saat itu aku selalu berpikir hape adalah segalanya.

Dan seminggu ini, isi otakku dikuras habis. Aku disadarkan bahwa hidup tanpa hape tidaklah hambar. Sebuah berkah ramadhan yang aku temukan tahun ini. Tak perlu lagi aku menghambur-hamburkan uang untuk membeli teknologi yang sebenarnya tak begitu aku butuhkan. Kenapa aku harus ngotot musti tahu setiap email masuk saat itu juga. Padahal ketika aku telat jawab email dengan alasan masih di perjalanan, nyatanya bisa ditolerir.

Yang ada aku malah jadi kurang peduli lingkungan. Berada di tengah banyak orang atau bersama keluarga sekalipun, aku malah lebih banyak mengurusi pekerjaan melalui hape. Kayaknya aku lebih geram ketika baterai hape ngedrop daripada ketika kesenggol becak di jalan.

Adakah hikmah ramadhan lain yang sudah dirasakan..?

18 comments:

  1. Sebentar.. Pak, jadi Pak Rawins nggak di galeri di Jogja itu lagi?

    BalasHapus
  2. Itulah hikmah ramadhon....uM. yang penting bisa menahan diri. Sorry um br bsa brkunjung udah lama ga berknjung ni ke blog ini....

    selamat berpuasa um tetap semngat dan happy blogging.

    BalasHapus
  3. Romadhon memang senantiasa memberi hikmah

    BalasHapus
  4. Wah..si mas bisa lepas nih dari hape.
    Kalo saya bisa gak yah? :D
    Kayaknya susah banget deh :D
    *Padahal belum dicoba :D

    BalasHapus
  5. bu dokter... aku emang baru reisgn awal puasa kemaren. kasian keluarga ga keurus...

    BalasHapus
  6. gog & ayu... semoga banyak hikmah lainnya deh...

    BalasHapus
  7. zipp...
    kayaknya perlu sebuah benturan keras agar kita bisa insomnia. hahaha

    BalasHapus
  8. umy berkunnjung,,
    dh lama ni nggak mampir,,
    maaf ya,,,
    p kbr ny ni?

    BalasHapus
  9. pentingnya u/ memiLiki pemanfaatan teknoLogi modern sesuai dgn kapasitasnya masing2nya, namun bukan berarti harus mengandaLkannya setiap waktu, sehingga perLunya kebijakan dLm mengapLikasikannya dan juga menahan diri u/ tdk Larut dLm candunya.

    BalasHapus
  10. hikmah lain, si Ncit bakalan jadi taekwondowati sejati... ada yg buat ditendang-tendang soalnya..hehehe...

    follow me atuh!

    BalasHapus
  11. RAMADHAN MEMANG PENUH HIKMAH.......

    BalasHapus
  12. Ala bisa karena biasa mas....
    Selamat menjalankan Ibadah Puasa..
    semoga semuanya membuahkan berkah,..

    BalasHapus
  13. wah kalo hp aku belom bisa sob, internet juga. susah sob :D

    BalasHapus
  14. Wah..kalau saya nggak bisa tuh lepas dari hp, lagipula seharian dinyalain juga tenang aja...soalnya ngga ada yang telepon ! paling2 tukang sendal jepit yang nanyain kreditnya bayar kapan...hehe.

    Kunjungan balik, makasih dah berkunjung....
    Sekalian minta ijin follow blognya, Eh..sudah follow blom ya...follow balik ya :)

    Met puasa
    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  15. semoga segera menemukan pekerjaan baru yang lebih cocok mas, salam kenal dan selamat menunaikan ibadah puasa....

    BalasHapus
  16. wah si citra sekarang tiap hari di gendong ayahnya,..

    BalasHapus
  17. Barakah di bulan Ramadhan yang mengesankan.
    Allah Maha Mengetahui pekerjaan terbaik untuk diberikan pada hambaNya.
    Yg penting tetap sabar, istiqomah dan ihtiar.
    Met berpuasa, salam sobat :)

    BalasHapus
  18. iya nih kang,,bener tuh,,, hape sama internet bisa dibilang gak pernah lepas dr hidup ane,, bdan juga gak keurus,,, apalgi seperti akang yg udah punya keluarga,,, semoga semua ini ad hikmahnya ya kang,,, salam kenal dari ane kang :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena