22 Agustus 2010

Kamitetep

Pada waktu pindahan rumah beberapa bulan lalu, sebenarnya sudah diadakan pembersihan total berikut pengecatan agar segala demit penyakit tidak ndulit, setan ora doyan dan mak lampir ora mampir. Namun beberapa hari ini, muncul serangan gatal akibat serangga mungil yang orang Jawa menyebutnya kamitetep.

Wujudnya seperti ulat dan memiliki cangkang mirip kwaci. Suka nempel di tembok dan bila menyengat, masya alloh gatalnya sampai cengkring-cengkring. Aku yang tua aja sampai pecicilan bila tahu-tahu kulit bentol memerah, apalagi Citra yang kulitnya masih tipis.

Aku cari-cari refrensi tentang kamitetep di internet, tapi belum juga nemu pencerahan yang lengkap. Jangankan menemukan nama ilmiahnya, nama Indonesianya saja belum aku temukan. Akibatnya pengobatan yang dilakukan pun disamakan dengan gatal-gatal akibat serangga lainnya.

Yang lebih susah lagi adalah mencari keterangan tentang daur hidupnya agar bisa diputus rantai pengembangbiakannya. Beberapa hari lalu sempat sih aku bongkar-bongkar sampai ke kolong bermodalkan penyedot debu. Dapet beberapa biji tapi tak sebanyak waktu awal pindahan kemari. Tapi walau sudah bersih, tetap saja kamitetep menyerang dan bermunculan setiap pagi tanpa aku tahu darimana.

Kalo memang ada sarangnya, seharusnya bisa aku temukan sejak awal. Atau harusnya serangan gatal tidak hanya muncul beberapa hari belakangan ini. Atau karena pengaruh hujan yang baru turun beberapa hari ini, sehingga mereka pada nongol dari tempat persembunyiannya.?

Ada yang punya informasi apa engga neh soal kamitetep dan pola hidupnya. Kalo ada sekalian cara pengobatan yang khusus, cepat dan aman untuk bayi. Agar kami tetep damai di rumah ini tanpa serangan gatal-gatal lagi.

Terima kasih sebelumnya...

61 comments:

  1. ndak ngerti Om...
    haduh moga adek nggak sampe kegigit yah, ayahnya ajah *disepak*

    BalasHapus
  2. Kayanya dari bentuk2nya tahu cuma namya ga tahu tuh....!!! Bisa bae si bOZ ni... Selamat sore menjelang berbuka puasa.

    BalasHapus
  3. Biasanya pake minyak telon atau kayu putih untuk pengobatannya ...!!!Jalan jalan sambil ngabuburit .... blogwalking 222222xxx....!!!

    BalasHapus
  4. kamitetep
    tag kirain bahasa itu cuman dipake didaerahku doank
    hehhehe
    :D

    BalasHapus
  5. haduhh....kasusnya kok sama ya....hiks....kirain dapet solusinya? tibae samasama bermasalah dengan kamitetep!

    BalasHapus
  6. Wah malah aku baru tahu kalau itu namanya kamitetep :D . Dirumahku juga ada tapi tidak banyak, dan kebanyakan ada di kamar mandi.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  7. kami tetep... tetep kami...
    sukses kang,,,

    BalasHapus
  8. aku sering kena, tapi ga pernah tau bentuknya, taunya cuma merah kecil doank :D

    BalasHapus
  9. wah ane baru denger juga tuh istilah kamitetep,,jdi tak mengerti hewan yg dimaksutkan seperti apa,,hehehee,,, happy blogging kang ^^

    BalasHapus
  10. aku juga baru denger ini .. tapi ngeri juga kalo bisa bikin gatel-gatel, semoga kamitetep-nya cepet insaf terus kukut-kukut dengan sendirinya. amin.

    BalasHapus
  11. apa semacam binatang kutu "bangsat" seperti yang terdapat di kursi bioskop ya?

    BalasHapus
  12. sama ndak dengan tinggi(hewan penghisap darah dijawa) om....

    BalasHapus
  13. Wah saya gak tau sob...
    malahan baru tuh makhluk tersebut....
    bila diindonesiakan spt hewan apa ya...
    kayaknya ane baru denger....

    BalasHapus
  14. kami tetep bukan seperti itu.... kami tetep itu seperti kutu bentuknya... rasanya sangat gatal dan kemudian menghitam... sembuhnya lama....

    BalasHapus
  15. setauku seperti itu....

    BalasHapus
  16. ternyata kamitetep itu adalah kutu tikus yang membawa bakteri, yang bisa juga menyebabkan radang paru2...
    kalau ingin tau lebih jelas coba tanya dokter aj.. hehehe...
    GBU

    BalasHapus
  17. Sama,di rumahku juga sering nemu hewan ini. Dan anehnya udah berulang2 dibersihkan tau2 ada lagi. Dan biasanya di tempat yg itu2 juga nempelnya. Tapi dari mana asalnya?

    BalasHapus
  18. Akhirnya dapet juga pencerahan setelah tanya mbah Google :-)Ternyata serangga ini punya nama ilmiah Phereoeca uterella, termasuk famili Tiniedae. Nama umumnya household casebearer moth larva.
    Siklus hidupnya: telur-larva-pupa-dewasa perlu waktu 62-86hr. Serangga betina meletakkan telur di celah dinding/ perbatasan dinding dan lantai (sekitar 200telur ukuran 0,4mm) yang kemudian mjd larva (umumnya tidak terlihat) kemudian baru jadi pupa yang terlihat menempel di dinding. Penanganannya: bersihkan rumah secara teratur, penggunaan AC (mengurangi kelembaban), kurangi bahan wool, bila perlu gunakan pestisida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx infonya soalnya aku pusing di buatnya ama mahluk ini,bingung gimana cara membasmi putus serangga ini

      Hapus
  19. wokedeh akhirnya nemu penjelasan agak jelas neh...

    BalasHapus
  20. klo kata nenek kamitetep'y ditempelin ama getah namgka, klo gag pake pentol korek api, tapi ya itu sakiit'y bukan main.

    BalasHapus
  21. "wah iya tuh, cara pembasmiannya gimana?saya anak kos, jadinya kalo ngebersihin tiap hari kan susah tuh...takut-takut pas tidur disengat...mokekinnya pake apa?"

    BalasHapus
  22. hewan satu nie memang hebat biar kecil menimbulkan banyak masalah tahu deh ada manfaatnya gak, sakitnya kalo kena pas di selangkangan haduuhhhhh......mendingan dipukul duit segepok deh ....

    BalasHapus
  23. Kami sekeluarga jg kena kamitetep saat pertama pindah rumah kontrakan baru. Uhhhh rasanya gatal banget, sampai ga tahan pengin garuk terus. Apalagi pada sekecil yg masih baby. Akhirnya kami mencoba membasmi kamitetep yang ada dirumah dengan mengepel lantai secara rutin menggunakan karbol pembasmi kuman dan bakteria. Dan ternyata berhasil.

    BalasHapus
  24. kalau di tempat ku kamitetep itu bukan itu gan tetapi bentuknya sangat kecil dan lebih kecil dari yang anda tampilkan,
    besarnya sebesar lugut bambu,berbaur pada debu
    dia menelusup pada kulit dan bekasnya bisa 7 bulan tidak hilang
    gatal dan panas.jika terkena kamitetep

    www.misyono.wordpress.com

    BalasHapus
  25. kl saya setiap ke rumah mertua pasti selalu kena kamitetep,anehnya para penghuni rmh pemilik rumah g ada yg kena kamitetep....suami saya jg g kenak,yg kena cm sy dan si kecil,kok bisa ya?

    BalasHapus
  26. pake lem alteco trs biarin mpe lpas ndri
    gak skit

    BalasHapus
  27. Saya punya pengalaman yg sama ...anakku umur 3 th juga sering kena gigitan kamitetep ini..biasanya dikasih minyak tawon...namun lama sembuhnya n ttp membekas..akhir2 ini si mamak (pengasuh anakku) punya cara jitu mengatasi gigitan kamitetep... diolesi Autan!!! ternyata cukup ampuh!!! Luka langsung kering..dan gatalnya langsung hilang dalam hitungan jam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar saya baru aja m ngalami

      Hapus
    2. Ikut nyoba solusinya,kami sekeluarga udah kena,dalam 4 bulann terakhir ini

      Hapus
  28. di kamar saya juga suka muncul kamitetep, saya bingung darimana hewan itu berasal. sudah dibersihkan berulang kalim tapi tetap muncul :(

    BalasHapus
  29. Kasus yang sama...ane juga belum nemu solusinya..tapi kata "orang tua" Kamitetep itu cuma bulu/lugut dari hewannya..

    BalasHapus
  30. Banyak orang bilang yang bikin gatel sampe sengkring2 itu bulunya. Akhirnya ketemu juga cara ngilanginnya, cuman pake lakban ditempelin di tempat yg gatel terus di tarik sampe bulu kamitetepnya hilang

    BalasHapus
  31. Secara tradisional, ada berbagai cara pengobatan:

    1.Pake lakban yang ditempelkan pada bulu yang menempel tersebut, pastikan merekat kuat dan kemudian lepaskan lakban tersebut.
    Kalau masih terasa sengkring-sengkring, ulangi dengan menggunakan lakban baru, karena yang udah kepake daya rekatnya kurang, sampai rasa sengkring-sengkring tersebut hilang.
    Cara ini khusus jika bulu Kamitetep menyengat di daerah kulit yang tidak berambut.

    2.Ditempeli kapas yang sudah dicelup minyak tanah.

    3.Ditempeli kapur sirih yang sudah dilarutkan air.

    BalasHapus
  32. klw di tempat sya nmanya "tetep" klw buat orang dewasa obatny pkai pentol korek api,lumayan agak cengkring2 dikit,tp klw buat bayi sya jg msh blm tau obatnya ..

    BalasHapus
  33. Sama ditempat aku juga namanya tetep,kalo aku biasa diobatin pake abu roko ditempel,ditekan dan diseret sampe keluar cairan hitamnya dimana yg gatel

    BalasHapus
  34. Wah..lmyn bnyk jg solusinya..ak coba ah..makasih ya sodara2..soalnya yg namanya kamitetep ini doyan bgt nemplok ke anakku yg masih imut..kalo ada cara yg berhasil lg ntar ak share deh..

    BalasHapus
  35. coba deh pake sengatan lebah pada lokasi kamitetepnya,,,

    BalasHapus
  36. Halo sis gan , ak juga pernah kena wktu pindah kos yg baru dul . kena kami tetep Smpe luka gatalnya itu melebar kaya infeksi gt berair dan gatalnya ada matanya gt warna putih. Sebaiknya pakai salep hydrocortosone beli aja di apotik cuma 5rb rupiah , lumayan bs membantu loh..

    BalasHapus
  37. Wah sama saat aku kerumah mertua paginya badan bentol semua...bingung gatelnya gak ketulungan ampe 3 hari.eee ternyata pakai Autan langsung anget gak gatel dan beks gigitan keriing

    BalasHapus
  38. Pengalaman : Alhamdulillah kamitetep hilang pake Salep Benoson-N beli aja di apotik

    BalasHapus
  39. Intinya klo gk mau ada tetep dirumah anda. Jgn plihara ayam.
    Apa lg bertelur..

    BalasHapus
  40. Obatnya apaan sih, kesel banget kalau kena ni penyakit susah ilangnya membekas lagi

    BalasHapus
  41. Obat yang efektif apaan ya, baby saya kena nih

    BalasHapus
  42. Kalau kami tetep di desa aku itu bukan hewan kayak gitu tapi dari bulu tikus/curut

    BalasHapus
  43. Anak saya masih bayi kena penyakit ini tolong yang efektif buat nyembuhin obatnya apa ya

    BalasHapus
  44. Pengalaman sya buat baby yg paling aman n cepat ya pke lakban/solasi ditempelkan di bentol Llu di tarik perlahan. memamg si baby agak mrasa sakit Tp sesaat. Tp lebih sakit lg klo si bulu tidak keluar akan lama sembuhnya. Itu yg sudah sya coba slama ini

    BalasHapus
  45. Sedikit info ya kak ,kmrn aku juga kena kamitetep..sama bunda ku langsung di kasih tegah dari pohon zizak sama minyak taw*n ..alhamdulillah langsung sembuh ..semoga bermanfaat

    BalasHapus
  46. Kalau ditempat saya kamitetep itu gak kasat mata, bening kalau kena di tubuh gatal tapi kalau kesentuh sakit. cara ngambilnya pakai getah nangka, kalau jaman sekarang kan getah nangka susah ya jadi pakai isolatip

    BalasHapus
  47. Sama nie sy jg lg ngerasain diserang namanya kami tetep,smp penasaran bgt cari" digoggle ky apa sii hewannya gigitan lumayan bnyk lbh Dr 13biji 1hr bisa 3gigitan,pnasaran bgt ga liat hewannya tp gigitan bisa mpe banyak gt anehnya suami sy ga kena yg kena sy sm anak sy yg ke2gigitannya bnyk bgt anak yg prtama jg kena tp ga bnyk cuma ada beberapa biji,sy udh olesin pke odol ktnya baca" cara ngilangin ya pke odol pke lakban pke jeruk nipis udh smua ini lg nyoba pke salep apa td lupa itu juga nyari" diyoutobe.

    BalasHapus
  48. Itu sbnrnya kami tetep hewan ato apa sii,kok bisa dicari" mpe bongkar" ga ktmu juga tp anehnya tiap hr kena kami tetep

    BalasHapus
  49. Dirumah saya juga banyak yg kena.. Sampai frustasi rasanya.. Gk ada bentuknya tapi kali uda di badan gatal dan membekas,badan anak saya smpai kayak bekas cacar.. Gmn ya cara ngilanginnya

    BalasHapus
  50. Q jg gt . Badan gatal" kukira air di sumur kotor. Sampe di kuras pake disel tuk ngairi sawah.
    Sewaktu bercanda sm anak eh tiba" ada hewan kecil bentuk mirip kwaci. Lha kok ada ulatnya di dlamny🐛 😣. Selama ini Q sering tau ku kira itu hnya (sawang) gk tau ternyata itu ulet tetep .
    Di badan rasnya gatel mnt ampun.
    . 2 minggu msh membekas..
    Teman" share donk. Cra mrmbasmi tetep. . Rmhku berdinding kayu .

    BalasHapus
  51. saya juga kena woy anjir nih hewan atau apa , solusinya saya baca kok belum ada ya wkwkwk

    BalasHapus
  52. Huuuuh hewan yg bener2 nyebelin anaku saman aku sendiri kena banyak bngt,lebih 15 bentolan di punggung,klo pake lakban kalo udah bentol dan ber air susah..mungkin ada solusi yg akurat..

    BalasHapus
  53. Habis pindah kost jg nih, diserang kamitetep. Q liat ada dibawah tempat tidur bergelantungan q GK tau itu hewan berbahaya dan beracun. Q lap pakai air campur bayclean trs q bilas lg Rp q GK pakai sarung tangan Krn GK ngerti. Gatal lah sekujur tubuh. Q pikir itu namanya tungau, q salah paham Krn GK tau itu kamitetep namanya. Jadi bersihkan semua nya less semua kayu2 penahan pestikan semua nya SDH GK tersisa, trs kasih kapur Barus di bawah2 kolong dan di lemari baju,bahkan q sebarin jg silica jel utk hindari hewan lain datang.Ganti sprei cuci dgn air panas. Pel dgn bersih setia HR. Skrg SDH sebulan kamar bebas gatal dan tinggal nggu bekas gatal dan garukan. Sy minum obat dextamine dan salep nya benoson biru. Tiap habis mandi saya Balur badan dgn cuka apel dicampur soda kue dan dettol. Kl MLM q jg lakukan hal yg sama t Baluran LG SM bedak herocyn. Kasihan kl kena bayi ,kita aja setengah mati ngerasain gatal nya. Untuk bayi dibawa ke dokter aja biar dksih obat anti gatal. Krn mmng gila banget gatal nya. SDH sebulan sy masih minum dextamine Krn sekali sy lupa gatalnya masih kumat. SMG membantu sehat semuanya ya...

    BalasHapus
  54. Sebenarnya kami tetep seoerti ulat kecil yg berada didalam kepongpong,kepongpongnya sebesar biji timun,bentuknya jg mirip biji timun,klo kena badan ,itu meninggalkan seperti bulu halus,berwarna putih sangat kecil,nancep di pori2 kulit,tp susah bgt hilang,selama bulu itu belum hilang,gatal aama bentolnya jg belum sembuh,kadang bisa diakalan pakai sesuatu yg lengket,biar bulu itu ketarik keluar.bs jg gosok pake minyak tanah,ato pake pentol korek api,tpi ini menyakitkan.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena