29 Maret 2009

Aku Cuma Seorang Anak Kecil

Post tentang Wanita Karir, di blog memang kelihatan damai. Tapi di YM, skype dan email lumayan rame neh. Seolah-olah cap sebagai penjahat gender Pembenci Perempuan teramat dalam menancap di benak teman-temanku itu. Perasaan dalam setiap post yang konon katanya memojokkan perempuan aku selalu membuat kesimpulan tentang indahnya kebersamaan.

Dan kalo boleh aku klarifikasi, dalam melihat setiap kasus dalam rumah tangga dan soal perselingkuhan, aku selalu berusaha melihatnya dari sudut pandang anak. Soalnya kalo aku lihat dari sisi suami atau istri, biasanya akan terjadi pemihakan tanpa aku sadari. Soalnya bagaimanapun aku juga jadi pelaku disitu. Dengan memposisikan diri sebagai seorang anak yang orang tuanya dalam konflik, sepertinya kemungkinan untuk berdiri di tengah lebih besar karena aku menjadi saksi korban.

Mungkin diskusi panjang di tulisanku setahun lalu tentang Hak Anak Yang Terabaikan menarik untuk dibuka lagi. Karena disitu beberapa aktifis LSM perempuan dan yang berprofesi cukup dekat dengan anak dan ibu ikut nimbrung.

Dan bila ditanya tentang pandangan pribadiku terhadap hubungan antar lawan jenis, mungkin lebih lengkap bila membuka tulisan lama tentang Pria dan Wanita di Toilet. Mungkin setelah membaca itu, akan lebih mudah memahami pikiran-pikiranku tentang laki-laki dan perempuan.

Walau telah disatukan dalam cinta dan pernikahan, buatku mereka tetaplah dua manusia dan dua hati yang tidak mungkin menyatu, tapi bisa diselaraskan. Ungkapan dua hati yang menyatu menurutku cuma gombalan orang yang kasmaran dan tak bisa melihat kenyataan bahwa rumah tangga bukan semata-mata tentang cinta. Tapi ada yang satu yang paling penting dan tak bisa digeser oleh apapun. Anak...

Semoga bisa dimengerti

Ilustrasi "Rukun Agawe Sentosa"
Karya Ong Hari Wahyu

Senang Senang Exhibition

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena