03 Maret 2009

Puber Kedua (belas)

Beberapa tulisan ngacoku beberapa hari ini ditanggapi oleh seorang teman melalui sms, "kamu lagi puber kedua ya..?"

Emang ada puber kedua..?
Menurut yang saya tahu, pubertas tuh sebuah perilaku untuk menarik lawan jenis dengan tujuan seolah-olah menunjukan kesiapan untuk menjalankan proses reproduksi. Asalkan sudah dewasa dan normal, kayaknya setiap waktu sikap seperti itu selalu ada. Dan ini bukan cuma pada manusia saja kok, binatang juga sama.

Hanya saja karena manusia tidak hanya dibekali instink tetapi juga pikiran dan emosi, maka memang peristiwa tarik menarik itu berbeda dari hewan. Manusia tidak melakukannya "dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja".

Apalagi kemudian kehidupan bermasyarakat membuat manusia mengenal "tata nilai". Ada pertimbangan kepantasan, kewajaran dan juga "sosio ekonomis". Salah satu tata nilai itu adalah "setia pada satu lawan jenis".

Kenyataan kehidupan, sesetia apapun seseorang pada satu pasangan, ketertarikan kepada lawan jenis yang lain akan selalu ada. Hanya saja, pikiran itu sekedar terpikirkan saja atau terus ditindaklanjuti tergantung masing-masing individu.

Malah menurut saya, yang bilang tidak tertarik lagi dengan yang lain adalah abnormal dan tidak mau mensyukuri keindahan ciptaan Yang Kuasa. Jadi sah sah saja seorang suami atau istri yang merasakan sesuatu kepada orang lain asalkan tidak terus berlanjut hubungi dokter.

Kalo begitu, puber kedua tidak ada dong..?
Ga tau untuk orang lain, kalo opini saya mengatakan pubertas hanya sekali dan akan berjalan terus sepanjang waktu. Apalagi kalo melihat dari sisi bahasa, pubertas berasal dari kata pubis, wilayah anatomi sekitar paha. Ini berkaitan dengan perubahan fisik dan tumbuhnya bulu di bagian itu seiring perubahan psikis ketika masa puber datang.

Berarti saya tidak puber kedua kan..?
Soalnya tidak tambah gondrong bulunya...



2 comments:

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena