01 Maret 2009

Internet vs Pos

Menjelang sore kemarin, tiba-tiba dapat undangan menghadiri pembukaan galeri baru di Semarang. Nyari temen trus berangkat berdua membelah pulau Jawa dari pantai selatan ke pantai utara.

Pas nyampe daerah Pringsurat Temanggung, kok jadi inget jaman ga enak 18 tahun silam. Punya kenalan yang belum kenal di daerah situ. Karena belum ada HP belum kenal YM, seminggu sekali nyuruh-nyuruh tukang pos untuk bolak-balik mengantar surat. Sekilas menyedihkan kalo dibanding saat sekarang. Tapi rasanya kok lebih indah masa lalu yak.

Ngobrol pake 3G dengan video call atau YM berikut webcam memang bisa membuat kita langsung tahu penampakan teman jauh itu. Tapi ada kenikmatan unik yang hilang dengan teknologi instan itu.

Tidak ada lagi rasa penasaran akan wujud teman yang cuma kita tahu dari foto. Bener engga bener engga sambil ngitung kancing atau nyari-nyari suara tokek. Tidak ada lagi dag dig dug menunggu bel sepeda tukang pos setiap hari. Sampai bingung yang dikangenin tuh tukang pos apa si sobat jauh itu.

Apalagi ketika surat yang datang mulai berubah menjadi pink dan berbau wangi. Sehari bisa sampai 7 kali membacanya. Menulis balasannya pun sering ga cukup sehari sambil jengking jempalik dan tak jarang menghabiskan satu pak kertas airmail hanya untuk selembar surat. Sisanya masuk tempat sampah.

Paling gemeter tuh pas janjian mau ketemu di terminal bus. Janjinya sama-sama pakai kaos biru, tapi karena rada ngeri aku pakainya kaos putih. Janjian jam 10 ditunggu sampai jam 11 ga nongol juga si kaos biru. Ada juga nenek-nenek pakai kebaya biru komplit dengan susurnya. Tapi masa sih...?

(bersambung...)

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena