21 Mei 2010

Port USB Tidak Berfungsi

Siapa yang ga sebel, ketika dikejar-kejar pekerjaan tahu-tahu PC ngadat. Tanpa gejala apa-apa tahu-tahu port USB tidak berfungsi. Flashdisk, webcam, printer semua tidak terdeteksi.

Aku pikir ini cuma konflik port seperti biasanya karena mencabut flashdisk tanpa melalui safe remove. Atau konflik IRQ karena satu port USB digunakan terlalu banyak alat.

Untuk kasus semacam ini, biasanya aku akan buka hardware manager (Control Panel > System > Hardware > Device Manager). Bagian USB (biasanya paling bawah) di expand (klik tanda +), lalu semua item yang ada di uninstal (klik kanan > uninstal). Setelah itu PC direstart dan biarkan semua USB kembali terdeteksi dan diinstal drivernya. Biasanya dengan cara ini, perangkat yang tidak terdeteksi bisa kembali normal.

Ternyata cara ini tidak berfungsi. Aku buka BIOS dan periksa bagian setting USB. Tidak ada masalah juga. Apabila kesalahan ada di port atau colokannya yang mungkin longgar, seharusnya tidak semua port tidak fungsi. Ini port depan belakang sebanyak 6 biji error semua. Apabila masalah ada di power suplai atau tegangan tidak cukup, seharusnya lampu flashdisk tidak menyala. Aku coba menggunakan hape, tetap muncul pesan charging di hape. Berarti tegangan listrik tidak bermasalah. Kemungkinan ada di alur data.

Aku matikan PC dan aku reset BIOSnya melalui jumper Clear CMOS. Kurang puas, baterai CMOS aku cabut juga. Masuk BIOS lagi, aku pilih setting default lalu kembali ke Windows. Eh, tetep ngadat. Kesimpulanku kesalahan ada di Windowsnya. Mau tidak mau aku gunakan cara teknisi frustasi, instal ulang.

Selesai instal ulang termasuk driver-drivernya, aku coba colokin flashdisk. Tetep tidak terbaca. Mulai terasa waktu terbuang sia-sia ketika instal windows tadi. Belum untuk instal aplikasi office dan lain-lainnya.

Aku mulai berpikir tentang BIOS yang corrupt. Aku masuk ke websitenya ABIT untuk mencari update BIOS motherboardku. Siwalan... belum ada update yang lebih baru dari yang terpasang. Lebih parahnya lagi Award BIOS harus diinstal dari pure DOS. Hari gini cari pure DOS, rasanya bikin patah hati. Cari-cari tool yang bekerja under windows semacam winflash tidak nemu.

Putus asa mulai menggerayangi hati. Campur mangkel juga mengingat motherboardnya masih bisa dikatakan baru. Akhirnya aku cabutin semua kabel-kabel ke CPU dan kulempar ke halaman. Aku biarkan CPU naas itu bersantai di tanah basah sisa hujan sore tadi sementara aku ke dapur membuat kopi untuk menenangkan otak.

Tiba-tiba aku ingat ajian pamungkasku. Setelah bismillah 7 kali aku tendang tuh CPU 3 kali. Setelah aku bersihkan, aku pasang lagi kabel-kabelnya dan ternyata masih bisa nyala. Kirain udah wafat dan harus ganti baru tuh. Tapi ketika aku mencoba colokin flashdisk, eh... kok langsung mendeteksi perangkat baru. Wajahku yang kusut langsung kembali cerah. Semua perangkat aku coba pasang dan semuanya terbaca. 
Horeee...

Terasa banget bodohnya aku, sampai buang-buang waktu menginstal ulang tuh PC. Kenapa aku sampai lupa kalo PC ku itu tidak aku pasang arde. Padahal dia selalu on 27 jam sehari. Tanpa adanya arde, kumpulan listrik statis di seputaran casing kan tidak bisa terbuang dan makin lama semakin besar. Sehingga wajar bila jalur data USB terganggu.

Sudah saatnya aku menyadari kalo aku sudah mulai pikun dan tidak lagi teliti seperti masa kita masih remaja. Apalagi dalam kondisi menduda seperti ini. Kumpulan listrik statisku mungkin sudah membludak butuh penyaluran segera.

Besok pulang kampung ah...

---- UPDATE

Berhubung masih saja banyak yang bertanya tentang cara pasang arde, lebih jelasnya bisa dilihat di gambar bawah ini :


Siapkan saja seutas kabel lalu sambungkan ke body atau casing CPU. Paling gampang pasang saja ke tempat baud casing. Pokoknya kabel harus nyambung ke bagian logam, jangan bagian plastik atau terhalang cat.



Ujung kabel satunya disambungkan ke arde. Bisa pake arde listrik PLN atau bikin khusus dengan menancapkan pipa logam (sebaiknya tembaga) ke dalam tanah, syukur-syukur sampai lapisan air agar pembuangan listrik statisnya lancar.

Namun ada cara yang sederhana dan praktis walau sebenarnya tidak memenuhi syarat. Tancapkan sebatang paku ke tembok lalu ikatkan ujung kabel satunya ke paku itu. Parameternya, kalo sebelum disambungin ke arde casing CPUnya terasa nyetrum, begitu disambungkan tidak nyetrum lagi berarti arde sudah berfungsi.

Kira-kira begitu...



123 comments:

  1. terima kasih Ilmunya.....

    mampir ke blogku di:

    http://hanifan2000.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. trimakasih atas infonya...sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. PC punyaku intinya juga kayak gitu bos pa kalo port USB berkarat tuch pengaruh bozzzz

    BalasHapus
  4. nulis novel komedi aja bozz...kocak... btw thanks infonya

    BalasHapus
  5. asyik brooo...........

    BalasHapus
  6. sip banget...dibookmark nih blognya

    BalasHapus
  7. punyaku karang juga begini mas... Semua port USB tidak ada yang berfungsi. depan belakang, atas bawah :D
    0
    Jadi solusinya gimana dong mas

    BalasHapus
  8. kereeeeennnnn.....

    gw slamet..tugas gw selesai...
    makasih.. sarannya yeee...

    BalasHapus
  9. por al
    intinya kalo segala macam cara diatas sudah dicoba dan ga berhasil. bisa jadi kasusnya sama dengan aku, dimana pengganggunya adalah listrik statis pada casing. solusinya coba pasang arde dan sambungkan ke casing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingat-ingat betul nih ..
      Trims Mas :)
      salam

      Hapus
  10. keren infonya kk ..

    Visit My Blog ya ..
    http://f21sc.co.cc
    makasih

    BalasHapus
  11. nice info ga...
    ditunggu comment n kunjungan baliknya

    www.thedarkinspiration.co.cc

    BalasHapus
  12. cara pasang arde ke kasing nya gimana bos??

    BalasHapus
  13. ujung kabel yang dari arde dikupas lalu dijepit pake baud casing. tapi ngejepitnya cari lokasi yang kena bodi logam langsung jangan kena cat nanti koneksinya kurang bagus. cara ngetes paling gampang, bila sebelum arde dipasang casing dipegang nyetrum, setelah tidak nyetrum berarti arde telah terpasang baik.

    BalasHapus
  14. wkwkwkw serius menduda brow?....
    tapi hebatnya tuh pc tahan banting yo wkkwkwkw

    BalasHapus
  15. klo ada apa2 semoga ini bisa membantuku daghhh thanks brow

    BalasHapus
  16. farah.nabyl@ymail.com8 April 2011 pukul 19.10

    q coba2 pasang ard nancep ke tanah ama baut casing kok tetep nggak terbaca tu flasdish gmana nih?

    BalasHapus
  17. Hatur nuhun infonya, tambah wawasan nih

    BalasHapus
  18. info kreen and kocak buanget 4 jempol buat anda...!!!

    BalasHapus
  19. cara pasang arde nya gmana bos!

    BalasHapus
  20. pas bgd resepnya,,,maturtenkyu bro - resep nya maknyussss :)

    BalasHapus
  21. di notebook bisa ga ga,,

    notebook ane gabisa baca flashdisk,,,

    BalasHapus
  22. bener mas, semakin berumur terkadang jadi sedikit pelupa.

    BalasHapus
  23. jan kocak bahasanya, jadi seneng kesini :D

    BalasHapus
  24. asem ik...gitu thok to....pas kemut-kemut....,kasus sama..., habis dipake 7 x 20 jam.....kompiku sayang kompiku malang....:)...

    BalasHapus
  25. kadang kala detail kecil yang sering kita lupakan :lol: ... tapi itulah seninya membangun komputer rakitan ... yah enggak sih mas .. segala sesuatu harus kita ketahui :D

    BalasHapus
  26. punyaku juga aneh, komputerku kalau baca flashdisk baik ukuran 2, 4 atau 8 Giga, masih bisa, semua port bisa membacanya. tapi kalau utk baca hardisk eksternal ukuran 500 G, tidak ngebaca,dan lagi kalau buat baca modem smartfriend, sering muncul 'cannot access serial port". 2 port panel depan, dan 4 port belakang tidak bisa membaca hardisk ekternal dan modem. padahal flashdisk bisa semua. hardis dan modem itu dipakai di komputer lain bisa terbaca juga. nah...kira-kira apa ya masalahnya ? sementara bios sudah setting default standar, powersupply no problem, windows 7 installan baru. apakah ada kecenderungan motherboard kotor ya? hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah coba update bios..?
      siapa tahu biosnya masih versi lama...

      Hapus
  27. Punyaku msalahnya beda, lagi asyik2 update antivirus di waktu hujan berpetir tiba-tiba dateng petir besar, tuh modem speedy meledak, masih untung laptopnya nggak napa-napa, tapi setelah itu semua USB portnya nggak aktif, kira-kira gimana betulinnya ya...??

    Thanks for your reply

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi kena cipratan petir, bos...
      ikhlasin saja deh kalo sudah berurusan dengan petir :D

      Hapus
    2. keren...mantap...sipp lah....jd tambah ilmu nih...hehehe

      Hapus
    3. laporin aja tu petir k polisi hahahahahah

      Hapus
  28. kerenn lucu.. tpi bagus kok

    BalasHapus
  29. Owalah....makanya port USB gak terdeteksi. Ternyata gara-gara gak di pasang arde. (jadi mikir...)

    BalasHapus
  30. di coba mas caranya moga aja berhasil, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  31. siip..baru nie..tutor yg ad cerita pribadi nya.

    BalasHapus
  32. Suksma ilmunya bli... wakakaka... Pengalaman yg seru utuk dibagi

    BalasHapus
  33. Info dan kisah yang menarik Mas. saya sangat terbantu. thanks banget.
    mampir juga di blogku:
    http://jsstriplerbiz.blogspot.com/

    BalasHapus
  34. bos , ,
    kompi ane jg smua portnya ga ada yg bisa , ,
    smua cara yg diatas dah ane trmsuk bikin arde / ground ,
    bahkan smpeane kluarin tuh smua jeroannya n cb nyalain tanpa casing , ,
    ttp sama j , ,

    solusinya gmna yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan rusak fisik, bos...
      tapi kalo semua port, bisa jadi chip usb nya tuh
      ganti baru aja deh...

      Hapus
  35. salah satu port usb di laptop saya juga tidak berfungsi. gara gara beberapa waktu dulu jatuh :(

    BalasHapus
  36. Keren Bangetzz Gan. Thanks beribu ribu thanks.
    tolong postingan lebih banyak yach. spya gua bisa mampir trus, hehehehe.

    Trus, Ada Tambahan Dikit.

    Untuk USB Laptop yang tidak berfungsi... Coba Install DriverNya.
    Cra Lain Bisa Pake yg di Atas Tuuhh. Klik Start+Klik kanan pada Komputer+Klik Properti. dan selanjutnya. yaach seperti penjelasan di atas lah. hehehehe

    BalasHapus
  37. hahaha keren ini postingannya,
    apalagi kalo modemnya ngadat bener bener kesel
    salam kenal ya mas, hehe kunjungan pertama

    BalasHapus
  38. sangat inspiratif gan.... apalagi yang di tendang itu....hehehhe

    BalasHapus
  39. semua idenya oke banget...gw ikuti deh
    kecuali satu..." MENDUDA "...wah kalo ini ogah ah mgikutinya...:P

    BalasHapus
  40. Kocak tp kena
    mantef gan

    BalasHapus
  41. gimana solusi kalau salah satu port usb tidak berfungsi kalau dicolokin FD atau modem tidak ada respon, tapi kalau kipas yg dicolokin kipasnya jalan. port yg lain gak ada masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalur data usb itu ada 4. 2 untuk tegangan dc 5v dan 2 lagi untuk jalur data. bisa jadi jalur listriknya masih bagus dan yang rusak atau kotor jalur datanya. coba bersihkan pake contact cleaner deh...

      Hapus
  42. Maaf mas, pasang arde maksudnya apa? Maaf nih, ane ilmu komputernya cetek banget soalny...
    dan masalah yg ane hadapi sekarang sama persis dengan yang mas posting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arde itu untuk membumikan bodi perangkat elektronik ke bumi agar listik statis yang muncul bisa dibuang dan tidak mengganggu kinerja perangkat. ini masalah listrik kok bukan komputer

      Hapus
    2. Kak kok waktu itu saya masukin flasdisk ke leptop saya terus saya ingin mencabutnya pas saya mencabutnya kok tiba tiba flashdisknya langsung panas kaya kebakar terus kelur sinar warna merah ters saya kipsin biar adem terus malah memorinya copot kalo kaya gitu apanya sih yg rusak leptop apa flasdisknya dan gimana caranya mengatasinya

      Hapus
  43. Sepertinya kita senasib ya bro :( btw thanks infonya nih :)

    BalasHapus
  44. wah lapto saya dari 3 port USB hanya 2 yang berfungsi yang 1 ini masih cari2 penyebabnya dan penyelesaiannya wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kerusakan fisik karena konektornya kotor, om
      sudah dicoba bersihin pakai contact cleaner..?

      Hapus
  45. gan kalo MODEM HUAWEI SmartAX MT882a (ADSL)
    tidak terdeteksi gimana q br vbres instal ulng...
    sebelummnya sih bisa ... apa diver kompi kurg lgkp ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek melalui device managernya, bro...
      kalo modem masih ada tanda kuning atau silang merah berarti memang driver modemnya yang belum terinstal...

      Hapus
  46. Tobat mbalesnya to dab kalau posting seputar tutorial. wes lewat 3 tahun isih ono jek takon kekekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yang namanya nasib sudah jadi bubur, om...

      Hapus
  47. Jadi cuma ditendang 3 kali komputernya langsung bisa mendeteksi port usbnya nya Mas,hebat sekali haha :)

    BalasHapus
  48. makanya casingku nyetrum2 ..... sampe klo pasang apa2 cabut power :D, sama klo di tendang dikit normal lagi wkkkk............bs dicoba gan, thx infonya

    BalasHapus
  49. Sipppp gan...work for me...sumpah ^_^...
    ane juga sempet kyk agan,instal ulang windows n update bios n driver semua, tp tetep aja port usb kadang konek kadang ga..tapi skrg setelah jalanin trik dari agan rawins,port usb ane lgsg josssss...ga ada lagi hrus restart dl kl mo tancepin usb or print hehe....thanks banget gan rawins buat share trik nya....mantappppp ;)...

    BalasHapus
  50. Thank's gan...
    Gue akan coba, mohon doanya bismillah 8x...

    BalasHapus
  51. kunjungi balik http://komangasteva.blogspot.com/

    BalasHapus
  52. waaaaa ini dia, baru instal ulang lwat windows gara'' device manager ga kliatan tp usb ttep ga detek --
    trnyata listrik statis ngaruh ya ke perangkat usb
    pcku emg nytrum'' sih dkit mau tancep paku ga smpet'' alias lupa
    wkwk
    matur nuwun, sangat membantu --b

    BalasHapus
  53. klo laptop kyak gtu pnyakitnya bisa gak gan dicoba pake cara agan rawins..??

    BalasHapus
  54. nice info mas.
    cara manual terkadang memang lebih bisa diandalkan ya.

    BalasHapus
  55. ai gan mantap, tapi aye belum coba

    BalasHapus
  56. bang...
    punya saya ada salah satu port usbnya gak bisa kebaca lagi sama FD,modem,mouse pas pertama ane beli tuh laptop bisa bang.. mau itu fd , kipas angin , modem dll tapi sekarang cuman bisa dicolokin kipas angin, speaker usb ,, yang gak kebaca malah modem,mouse,fd...
    itu gimana solusinya bang ,... terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. usb itu memiliki 4 jalur. 2 untuk listrik dan 2 lagi untuk data. kalo kipas dll masih jalan berarti saluran listriknya tak ada masalah. penyakitnya ada di jalur data.

      bisa putus jalur secara permanen, bisa juga konektornya kotor. kalo cuma kotor coba disemprot pake contact cleaner biasanya bisa membantu.

      Hapus
    2. tengkyu bang ... coba praktekin..

      Hapus
    3. oh ya bang ...contact cleanernya terserah kan yg apa saja .. misalnya kek contact cleaner philips .... bener gak bng ?

      Hapus
    4. betul bos. coba saja semoga berhasil...

      Hapus
    5. okee bos tengkyu

      Hapus
  57. punya ane masalahnya ketika mouse dicolokan terdeteksi tapi keyboar gak nyala. dicoba pakai keyboard baru masih tetep gak nyala..masalah 1. komputer tidak mau masuk ke windows bulak balik terus 2. gimana caranya kalau install ulang tanpa menggunakan keyboard (bingung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicek dulu bro. itu gabisa bacanya saat masuk windows atau belum. coba masuk ke bios, kalo masih bisa fungsi keyboardnya berarti diinstal ulang windowsnya ga masalah.

      kalo di bios gabisa juga, cobain keyboard ps2 deh. atau cari konektor ps2 to usb, paling 10rb perak

      Hapus
  58. bro plisss bantu ane.. kasus ane sama kaya bro.. trus gimana cara masukin kabel arde yang spesifik ? ane blom paham kable apa yang dipake ama pas ditempel ke baut casing komputer dalam keadaan nyala apa tidak ? plisss bantu ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel apa aja bisa kok bro. intinya kan cuma pasang kabel untuk buang listrik statis di casing. jadi dipasang selamanya lah. kalo masangnya sih mendingan dalam posisi mati biar gak nyetrum..

      Hapus
  59. akhirnya erpecahkan juga mslah ane ..... mksih bnyak gan nice info ....

    BalasHapus
  60. bikin tutorialnya sedikit rapi apa tidak bisa pak
    serius seperti blog blog tips n trick gitu
    ini kebanyakan ngocol garing pak

    BalasHapus
  61. klw untuk laptop bisa menggunakan langkah2 yg diatas?
    tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah nemu kasus di laptop. Tapi coba saja. Tar gimana hasilnya dishare ya..

      Hapus
  62. @Rawins : gan tapi ane hanya sebagian flashdis/kabel saja yang g kedetect, sebagian flash disk lain bisa di semua port, nah yang ga bisa itu dicoba di PC lain bisa,,, tolong bantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah di konflik driver kali. coba uninstal dulu semua driver usb di hardware manager.sbelumnya semua hidden driver dimunculin dulu. kalo udah colokin lagi biar driver baru terinstal

      Hapus
  63. terimakasih banyak tipsnya, kreatif banget

    BalasHapus
  64. kalo notebook yg ga bisa semua port usb nya gmn?

    BalasHapus
  65. bos ane juga punya kasus yang hampir sama
    abis ane colokin hardiks ps2 tiba2 PC hang
    pas ane restar port usb sama mouse ga fungsi
    gimana cara ngatasin nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kasusnya kayak gitu biasanya sih konflik driver. coba uninstal dulu driver usb nya

      Hapus
  66. wah perlu dicoba nih,sangat menjengkelkan jika tiba-tiba port usb tidak berfungsi

    BalasHapus
  67. Ilmunya sangat berguna gan, ijin nyimak..

    BalasHapus
  68. bang rawin...bisa asa bissmilllah7 kali tendang cpu 3kali....hehehe itu yg saya ingat

    BalasHapus
  69. trims Mas Bro..Sngt brmanfaat bgi org bnyk. Ttp Eksis dan smgt, Sukss sllu tuk Mas Rawin.

    BalasHapus
  70. trims Mas Bro..Sngt brmanfaat bgi org bnyk. Ttp Eksis dan smgt, Sukss sllu tuk Mas Rawin.

    BalasHapus
  71. wah asyik penjelasanya...sip... :)

    BalasHapus
  72. bang klo misalkan dilaptop gimna tuh?
    soalnya laptop ane ga bisa ngebaca FD gtu tapi pas disambung ke hp bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia masalahnya. aku belum ada pengalaman di laptop

      Hapus
  73. bos saya punya masalah hampir mirip kyk gitu, kan saya pake tambahan port tuh yg isi 4 biji, trus yg lama rusak, trs coba nyolok modem smartfren langsung di port blkg kok malah eror ga kedeteksi gitu, ada saran ga bos?

    BalasHapus
  74. kalau gw sama seperti elu Bro. tapi gw di laptop. 3 port usb gak kebaca.
    berbagai cara udah gw coba, tapi buat ground baru belum.

    ada solusi lain??

    BalasHapus
  75. Terima kasih mas..., sebelumnya keyboard saya terdeteksi tapi ga berfungsi ketika di colokan ke port usb. Ternyata masalahnya sama listrik statis yg mengganggu, lalu saya pasang ground, dan keyboard berhasil berfungsi kembali.

    BalasHapus
  76. Makasih om.masalah di pc ane jadi solved.mantaaaaab!!!

    BalasHapus
  77. asal ajha jenengan itu ......jalur bad konek yg rusak....ane yakin skrang laptop anda rusak lagi kan....kan bar ditendang?.....walah222

    BalasHapus
  78. mantap gan ternyata bener harus di pasang arde

    BalasHapus
  79. Gan kalo laptop ane usb nya gak baca pas konek ke charger gan itu masalahnya apa ya gan? Thx gan

    BalasHapus
  80. Keren aku lagi ada masalah yang sama nih dari mulai install ulang smpai upgrade bios , setelah baca halaman ini rasanya kasusnya sama dengan pc ku, mau coba ah. trimakasih kasih banyak sharenya ilmunya , mudah-mudahan terus bermanfaat. amiin

    BalasHapus
  81. masalah saya jika modem saya colokin pake kabel sambungan usb ada tulisan device can not recognize trus saya ikuti intruksi mas yang pake device manager trus saya uninstal kmd restart tapi masih gak bisa nyambung masalahnya dimana ya mas, tlg kasih tahu lwat no HP saya 089634912505 kalo komen saya ini sudah di respon, makasih salam kenal

    BalasHapus
  82. makasih ilmunya, baru tahu bisa kayak gitu :)

    BalasHapus
  83. Gan mau nanya, kalau masalah komputer saya buat mouse+keybord tu bisa tapi kalau buat printer gk bisa.kesing komputer ku pun gk nyetrum. Tolong di balas ya gan........

    BalasHapus
  84. waduh maaf buat semuanya. ga nyangka lapak jadul ini rame sampe ga sempat terbalas. intinya semua yang aku lakuin itu di pc dan belum pernah coba di laptop

    BalasHapus
  85. kalo laptop saya sekarang usb semua gak fungsi.. setiap dicolok mouse, ada notif usb device not recognized
    pas saya colok hp, ngecas nya putus sambung
    kira2 solusinya apa ya bang? apakah permasalahannya sama dengan yang Anda alami? terimakasih

    BalasHapus
  86. Help Gan ..
    Kalau saya baru aja ngalami seperti ini. parahnya bukan hanya port USB tp jg PS2. saya otak atik g bisa. trakhir saya clear cmos. alhasil waktu booting msuk tekan F1 untuk set tanggal dan tahun. boro" bisa setting tanggal. tekan F1 aja g bisa. sudah coba langkah sperti agan tp tetep g bisa. apa iya mobonya yg somplak.

    BalasHapus
  87. Gan kalo laptop ane usb nya gak baca pas konek ke charger gan itu masalahnya apa ya gan? Thx gan

    BalasHapus
  88. SUDAH DI COBA SARANYA SEMUA TETRAPI MASIH ZOOOONK........SAMPAI TERAKHIR TETAR TETAP ZOONK

    BalasHapus
  89. Bro, klau kompinya gak nyetrum, apakah harus dipasangin arde? karena kompi ane sama sekali tidak nyetrum, tapi USBnya putus nyambung , cara yg disampaikan di blog ini sudah ane lakukan, apakah ada cara yg lain? mohon pencerahan nya buat agan2 yg komen disini,
    Tengkiu sangat

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena