16 Oktober 2011

Malem Minggu di Sibisu


Masih dalam tema kuliner, jalan-jalan di malam minggu ini terdampar di Bakmi Si Bisu Jl Bantul. Memang disini bukan menu baru, karena sudah jadi langganan sejak jaman tai kotok dilebuan. Awal kenal tempat ini sih waktu masih suka ngumpul seniman seniwati dan seniwen macam Hasoe atau Soimah. Gojek kere kaum penongkrong ga jelas itu dah gayeng tenan dengan menu yang disajikan.

Aslinya sih jualan bakmi. Tapi engga tau kenapa aku malah ga pernah sekalipun makan bakmi disitu. Setiap kali aku selalu pesan rica-rica ayam yang super pedas. Ada sensasi yang luar binasa saat mulut mulai nyonyor kepedesan trus nyruput teh jahe panas yang dihidangkan pakai gula batu. Huahsehah tenan sampe kepala terasa kemepyar. Mungkin terasa lebay, namun itulah kenyataan yang aku rasakan.

Lesehan itu disebut bakmi si bisu, karena memang ada pelayan cewek yang tuna wicara. Biarpun bisu, tapi cerewetnya minta ampun segala macam ditanyakan. Apalagi kalo pas aku ajak Citra, rame bener obrolan kolaborasi bahasa bisu dengan bahasa bayi.

Baru belakangan ini aku mudeng, kalo yang benar tuh bukannya bakmi si bisu, tapi shibitsu. Nemunya ga sengaja saat cari-cari info tempat makan di YogYES.com. Makanya tadi aku sempatin liat di kaca gerobak dan ternyata benar tertulis shibitsu. Artinya apa aku ga tau. Yang aku tau rica-rica ayamnya dahsyat. Itu saja...

Memang untuk urusan nongkrong dan makan, Jogjalah tempatnya. Bermacam makanan enak bertarip pelajar tinggal pilih. Tak perlu takut kantong lagi cekak, asal lihat warung yang ramai anak-anak muda nongkrong dijamin harganya murah meriah. Tidak ada tips khusus untuk mencari tempat makan enak dan murah. Pokoknya asal bukan di hotel atau restauran besar, mudah kita dapatkan menu bintang lima harga kaki lima.

Yang perlu tips khusus adalah mencari tempat makan murah saat jalan keluar kota. Asal ada warung yang di depannya banyak truk parkir, bisa dipastikan 99% masakannya enak dan harganya murah. Kalo yang banyak parkir itu kendaraan pribadi, bisa jadi memang enak. Tapi belum tentu harganya murah. Apalagi kalo banyak bus parkir. Ga ada jaminan sama sekali tentang rasa dan harga. Tempat istirahat bus biasanya sudah kerjasama antara perusahaan bus dengan rumah makan. Jadinya enak ga enak ya harus mangkal dulu disitu.

Yang agak susah tuh kalo cari tempat makan murah di daerah wisata. Cari pangkalan truk jelas susah. Yang bisa dijadikan patokan paling banter kendaraan pribadi berplat lokal atau syukur-syukur banyak sepeda motor parkir disitu. Kenapa harus liat plat nomor, soalnya warga setempat yang lebih banyak tahu mana warung yang kasih harganya tidak sembarangan seperti kebanyakan penjual di tempat wisata. Itu pun harus lihat-lihat waktu. Cari-cari warung di luar jam makan sama saja susah.

Seperti kemarin. Saat menelusuri Jl Kaliurang mulai dari km 7,5 yang bikin hati mak sreset sampai ke daerah Pakem. Karena jam tanggung, setiap warung makan kelihatan kosong pengunjung. Jadinya aku ragu-ragu mau mampir, sampai jarak berkilo-kilo ditempuh sambil menyabarkan pasukan cacing yang mulai demo. Sudah hampir putus asa dan memutuskan asal masuk warung, di seputaran UII kelihatan ada tempat parkir agak luas yang dipenuhi mobil. Tanpa basa basi aku banting setir ke sela-sela parkiran yang kosong. Tapi baru menarik rem tangan, aku langsung tertegun dan buru-buru masukin gigi mundur.

Eh, belum sempat kabur keburu ada yang nyamperin
"Mau cuci saja, atau sekalian bersihkan jok, semir ban, dll dll..."



7 comments:

  1. ahhhh itu di Jogja ya, kak?
    aduuuuh mau mau nyobain. saya suka banget sama ayam rica2. pengin nyobain di berbagai tempat rasanya hahaha. jadi kangen jogjaaa.

    BalasHapus
  2. itu si lanang baru brojol udah diajak hang out..
    pa ga masup angin tuh..?

    mesake.. sini ama aku aja..

    BalasHapus
  3. Salam sobat....
    lihat gambarnya jadi laper.....

    BalasHapus
  4. cuci mata,cuci mulut,perut kenyang ya mas :)

    BalasHapus
  5. Huahaha mau isi perut tp salah masuk salon mobil ya mas?

    BalasHapus
  6. ada-ada saja mas ini,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  7. deh....makanannya itu lho...banyak banget :D

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena