29 Oktober 2011

Latar Belakang

Kerja bersama banyak orang dari berbagai latar belakang memang menyenangkan. Apalagi bila orang-orang itu tidak pelit untuk berbagi isi kepala kepada teman yang lain. Aku yang kemampuannya pas-pasan jadi bisa belajar banyak dari mereka. Namun sebelum kita menyerap ilmu dari teman, ada baiknya kita ketahui latar belakang atau cara mereka memperoleh keahlian. Karena kalo diperhatikan dengan seksama, akan terlihat perbedaan dari cara mereka menyampaikan isi otaknya.

Paling bagus adalah orang lulusan sekolah tinggi dengan nilai baik dan punya pengalaman lapangan lumayan banyak. Tipe ini kerjanya cepat, tepat dan terarah. Kalo hanya  pinter dari sekolahan doang, biasanya cenderung njelimet dengan berbagai teori. Sebelum bertindak saat ada masalah, mereka suka sekali membuat banyak oret-oretan dengan berbagai rumus yang dikuasainya. Memang persiapan pekerjaan jadi lama, namun pekerjaan jadi lebih terarah. Hanya saja, mereka kadang lupa bahwa keadaan di lapangan seringkali berbeda dengan apa yang didapat di bangku kuliah.

Teman tipe ini juga bisa dilihat dari gaya bahasanya yang senang sekali mempergunakan istilah-istilah asing. Pengucapannya pun benar sesuai kaidah bahasa. Tapi buat yang bego kaya, aku kadang perlu waktu agak lama untuk mencernanya.

Jenis kedua adalah mereka yang belajar secara autodidak. Tidak makan bangku sekolahan tapi punya pengalaman kerja lapangan yang cukup banyak. Mereka jarang banget menggunakan perhitungan rumus dengan detail dan kadang hanya menggunakan perasaan atas kebiasaan sebelumnya. Mereka bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Namun kalo ditanya kenapa tindakan begini bisa berakibat begitu, kadang mereka tidak tahu dasarnya. Pokoknya kalo mesin ngadat, tendang saja kuat-kuat pasti akan jalan lagi. Kenapa ditendang jadi kembali berfungsi, emang gue pikirin.

Teman tipe ini kadang maksa pakai bahasa asing yang benar secara pengucapan, namun ketika menulis di papan banyak salahnya. Misalnya vendor ditulis fandor, fast moving ditulis vash mooving, dll dll

Jenis selanjutnya adalah tipeku. Orang yang ga makan sekolahan dan juga ga punya pengalaman. Apa yang aku tahu hanya modal baca dari google setiap butuh pencerahan. Akibatnya kalo mau kerja pasti lama karena harus buka-buka browser dan paling parah kalo tidak nemu internet. Kalopun internet dan laptop sudah di tangan, seringkali masih nyempatin ngeblog atau ceting dulu. Makanya pekerja golongan ini suka menuntut gaji gede karena kerjanya makan waktu lama. Juga selalu menuntut fasilitas laptop dan internet walau kerjaannya cuma macul galian kabel.

Dalam penggunaan bahasa asing kondisinya lebih katrok lagi. Karena hanya modal baca, kalo disuruh menulis perkata pasti tepat. Namun dalam hal pengucapan seringkali jadi berantakan. Contoh sederhana adalah ketika aku disuruh belanja server merk ecpi. Setengah mati aku mikirnya karena merasa belum pernah baca ada pabrik komputer bermerk itu. Sampai akhirnya aku nekat ke Mangga Dua dan tanya ke toko komputer. Baru saat itu aku mudeng, kalo ecpi itu adalah hp alias hewlett packard.

"Bilang dong dari tadi. Hape, bos. Hapeee..."
"Buset dah. Punya karyawan pada bego semua..."
"Emang kenapa bos..?"
"Kemaren gua bilang hape, temen elo malah beli henpon..."

15 comments:

  1. He... he... he... kalau jadi dibeli runyam juga deh urusannya. Lidah Indonesia sama lidh inggris emang beda.

    BalasHapus
  2. He... he... he... kalau jadi dibeli runyam juga deh urusannya. Lidah Indonesia sama lidh inggris emang beda.

    BalasHapus
  3. tukang maculnya kereeeen, punya experia

    BalasHapus
  4. Ehpi hihihi...

    Halagh, komen nang kene ndak seru, ndak dibalesi

    *balik kanan :))

    BalasHapus
  5. sama atuh mas saya jg gak makan sekolah, masih doyan nasi soalnya hahaha :P
    btw kayaknya cocok jg deh mas jadi psikiater hmmm :P

    BalasHapus
  6. Hahaha, lucu neh, udah gak bisa apa2 dan kerjanya lama tapi masih mau dibayar mahal yak :P

    BalasHapus
  7. perbedaan bahasa antara tukang macuL sama IT, kira-kira kayak ditampiLkan gambar di atas. beberapa hari LaLu di korea pake seragam bersih, tapi sekarang pake seragam untuk beLepotan :-D

    BalasHapus
  8. hahaha sering banget nih ngalamin ini

    BalasHapus
  9. Kalau singkatan atau istilah british cie kagak terlalu sulit buat w,hehehe
    Tapi kalau singkatan atau istilah abg labil w kagak tahu & kagak mau tahu,soalya kagak jelas & kagak ada untung kita tahu

    BalasHapus
  10. kalau sdh bgt...bos nya yg salah krn pake bhs inggris...atw anak buahnya yg salah krn terlalu katro
    ? :D

    BalasHapus
  11. ecpi sama hewlett packard beda banget tulisan dan sebutannya

    BalasHapus
  12. Hahahahaaa.....

    emang tulisannya sama sih

    HP - HP

    BalasHapus
  13. Untunglah saya kerja di perusahaan pengembang perangkat lunak, jadi jarang ada salah paham seperti itu.

    Tapi lucu juga itu, suru beli hp beneran beli handphone :D. Mungkin kurang dijelaskan lebih detail. Kalau perlu dikasi gambar mungkin, hahaha.

    BalasHapus
  14. latar belakang memang penting, karena dengan perbedaan itu menjadi lebih indah.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena