28 Oktober 2011

Jangan Minder Dong...

Baru "rasan-rasan" sama HRD pengen tambah pasukan lokal buat bantu di lapangan, eh bocorannya mengalir cepat. Baru siang ngomong, sorenya dah 4 orang temen yang bilang mau titip adik, keponakan atau saudaranya. Bahkan yang 2 orang sudah membawa serta orang yang ingin dimasukinnya.

Aku memang belum berani menjanjikan apa-apa karena itu hak HRD. Kalopun aku harus wawancara tentang kemampuan teknis, itu setelah pihak HRD menguji kemampuan umumnya. Tapi bagaimanapun juga mereka adalah tamu yang harus diterima dengan baik. Sebagai basa-basi aku ajak ngobrol saja sedikit, sebelum menyarankan agar memasukan lamaran ke HRD.

Karena yang aku butuhkan hanya helper, status tanpa pengalaman tidak terlalu aku permasalahkan. Yang penting dia mau dan mampu belajar cepat saat sudah menjadi timku nanti. Namun kayaknya sudah menjadi hal yang umum bila orang berstatus fresh graduate lebih suka pasrah. Padahal aku lebih suka orang yang pede asalkan bisa kompak dalam kerja tim. Orang sejak awal kelihatan optimis biasanya lebih mudah untuk belajar cepat.

Ditanya ini itu sering tampak ragu-ragu walau jawabannya tepat. Ketika dikasih contoh kasus pun seringkali terasa berat mengeluarkan ide kreatifnya walau sebenarnya dia mampu. Padahal kunci dalam wawancara kerja adalah jawaban yang tenang dan pede. Tapi kalo bisa jangan sampai kepedean seperti aku, ditanya ini itu lantang menjawab bisa. Pas sudah mulai kerja, mulai deh celingukan terbego-bego. Pada waktu dikomplen atasan atas pekerjaan yang ga beres-beres, keluarlah jurus andalan kucing kencing kepepet tembok. "Dulu kan bapak cuma nanya bisa ngerjain apa engga. Ya saya jawab bisa. Kecuali nanyanya pinter apa engga, pasti saya jawab engga. Suer dah..."

Itulah sebabnya kenapa aku selalu memilih kerjaan yang berkaitan dengan internet walau sekolahku jurusan arus kuat. Karena dengan itu aku punya banyak akses ke google sebagai alat untuk mencari jawaban atas kebegoanku. Makanya kalo dibilang aku bisa jadi IT karena pinter, itu nol besar. Bagian IT justru ga terlalu pinter karena sebentar-sebentar harus buka google. Saat putus hubungan dengan internet, langsung deh seperti yang orang Jawa katakan "kaya kethek ditulup..."

Belajar dari pengalaman pribadi, aku pun berusaha memandang dari sisi yang sama saat menerima caon karyawan. Orang ga pinter tapi kreatif dan pede menurutku lebih menarik daripada yang ga bodoh tapi minderan. Wajarlah namanya juga manusia, kekurangan pasti selalu ada. Tapi tak boleh kekurangan itu malah dianggap sebagai bayang-bayang menakutkan. Sebisa mungkin kita harus bisa memanfaatkan segala potensi untuk meraih apa yang akan jadi tujuan kita.

Seperti seorang teman yang gagap, dengan pedenya dia melamar kerja jadi penjual buku. Awalnya dia diremehkan banyak orang. Namun ternyata omset penjualan perbulan dia bisa melebihi orang yang mampu bicara normal. Sampai akhirnya pihak penerbit memberikan penghargaan sebagai tenaga pemasaran terbaik. Saat penyerahan penghargaan, dia ditanya apa rahasia suksesnya sehingga selalu bisa melampaui target penjualan.

“Ss..ssederha..ha..na kok, ss..saya cc..ccum..cuman.. Ss..sa..saya..cc..cuman.. tt..ta..tanya ssaja ke cc..ccal.. cal..calon pembelinya, An..anda mmau bb..bbbeli.. bbu..bu..ku ini atau.. mma..mmau.. ss..sa..saaa..ya..ya.. ba..baca..iiin.. ??”

Ikuti saja petuah Sunda untuk tetap pedewegepe
Alias percaya diri walopun goreng patut
Jangan minder dan tetap semangat...

17 comments:

  1. hebat tuh sukses jual buku karena mau ngebacain bukunya ke calon pembeli :D

    BalasHapus
  2. sepertinya di mana-mana pewawancara nyari yg cocok yach bukan yg pinter??
    takut kesaing kali klo yg diwawancara lbh pinter ihihihihi :D

    BalasHapus
  3. hahaha....


    saya mau dibacain pak... :D

    pantas aja laku berat :D


    yah...wawancara itu soal mentalitas aja...

    wajar klo yg blm pengalaman ndak berani ngeluarin pendapat

    BalasHapus
  4. kekurangan yang membawa hikmah, yang beli bukunya ikhlas gak ya?

    BalasHapus
  5. tumben nih Om Rawins ngasih semangat...kalau di mata kuliah speaking lek anake minderan ndak oleh nilai Om, harus pede meskipun ngomonge mbulet ngalor-ngidul :D

    BalasHapus
  6. Wah hebat...dalam menseleksi calon karyawan dalam tim-nya. Ma..mau... di...di... ca...ca..rikan a...apa ca...ca...ri sendi...di...ri? Hehehehehehe....

    BalasHapus
  7. kalau aku yang apply kira-kira diterima gak ya mas? hehehe

    BalasHapus
  8. Hahaha terang saja mau beli, lha wong penjualnya gt.

    BalasHapus
  9. oke bro...saya siap ditugaskan di mana saja.

    BalasHapus
  10. Berarti orang langsung beli buku karena capek nunggu dia ngomong, apalagi dibacain buku 23450 halaman? 5 tahun baru kelar..hahahah....

    BalasHapus
  11. Eh iya, lupa, tadi mau bilang. Aku aja jadi helpermu, Win...

    aku kan gaa...ga..gaapp..juug...aaa..

    Bole? :D

    BalasHapus
  12. kayanya akupun bisa dapet kerja bukan karena pinter deh haha... tapi bener emank paling asik klo kerja sama orang yg pede, biarpun jangan yg pede2 banget juga sih...

    dan untuk yg buku, puantteeesss pada beli lha wong arep dibacain hahaha... :)

    BalasHapus
  13. keahLian bisa dicari, karena seorang profesor sekaLipun duLunya adaLah orang yang buta huruf. tapi yang terpenting adaLah kepribadian diri yang bersemangat untuk terus beLajar.

    BalasHapus
  14. Sek2, Anaz kie arep komen serius, tapi lihat kalimat terakhir ngakak je, piye? :D :P

    Owh ya, Anaz juga gak pedean lho :(

    BalasHapus
  15. Kalau sekarang masih ada lowongan gak? :p

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena